Vaksin Malaria Pertama Di Dunia Disahkan di Eropa

In Harmony Vaksin Bekasi

London (ANTARA News) – Vaksin malaria pertama di dunia mendapat pengesahan oleh regulator obat-obatan Eropa yang merekomendasikan produk tersebut sebagai aman dan efektif untuk para bayi di Afrika.

Vaksin bernama RTS,S atau Mosquirix itu dikembangkan oleh perusahaan farmasi asal Inggris GlaxoSmithKline (GSK) bersama lembaga PATH Malaria Vaccine Initiative. Produk tersebut adalah vaksin berlisensi pertama untuk memerangi penyakit akibat gigitan nyamuk dan diperkirakan dapat mencegah jutaan kasus malaria di negara-negara yang menggunakannya.

Namun demikian, Maoquirix masih harus mendapatkan persetujuan dari pemerintahan di negara-negara Afrika karena hanya menawarkan perlindungan parsial. Mosquirix saat ini sedang dalam proses pengujian oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), yang berjanji akan memberikan panduan pemberian resep pada akhir tahun.

Malaria sendiri adalah penyakit yang menjangkiti lebih dari 200 juta orang pertahun dan menyebabkan kematian sekitar 584.000 orang pada 2013, sebagian besar di antaranya berada di kawasan sub-sahara Afrika.

Lebih dari 80 persen kematian akibat malaria adalah anak berusia di…

View original post 208 more words

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s