Bahaya Silikon Cair

Ini Bahaya Penggunaan Silikon Cair di Tubuh

Jakarta – Untuk mendapatkan bentuk tubuh seperti yang diinginkan, banyak orang memilih jalan pintas dengan cara yang tidak aman. Salah satunya dengan menyuntikan silikon cair ke bagian tubuh yang ingin diperbaiki.

Padahal cairan tersebut bisa memicu terjadinya kanker. Sebab silikon cair merupakan bahan yang dikhususkan untuk kepentingan industri, misalnya untuk memoles kendaraan.

Dokter spesialis bedah plastik dr. Teuku Adifitrian, SpBP mengatakan, penggunaan silikon cair merupakan prosedur yang membahayakan dan tergolong kriminal sebab cairan yang disuntikan tersebut bukan barang yang aman untuk tubuh manusia.

Kasus teranyar diduga terkait penggunaan silikon menimpa Melinda Dee, terpidana kasus penggelapan dan pencucian dana nasabah Citibank sebesar Rp 16 miliar. Dia dikabarkan tengah dirawat di rumah sakit diduga terkait penggunaan silikon di payudara dan bokongnya.

“Bila sudah masuk, cairan ini akan menetap di tubuh manusia. Nantinya benda ini juga bisa berpindah-pindah ke bagian di sekitarnya. Daerah yang dilalui atau tempat yang menyatu tersebut akan membentuk reaksi peradangan seperti bengkak merah dan timbul luka,” ujar Teuku kepada Beritasatu.com, di Jakarta, Senin (6/10).

“Cairan ini juga akan membentuk seperti jaringan ikat di dalamnya yang mengakibatkan penebalan di bagian-bagian tertentu, sehingga bentuknya menjadi tidak karuan dan tidak proporsional,” kata dokter yang dikenal dengan nama dr Tompi ini.

Timbulnya reaksi tersebut juga sangat bervariasi pada setiap orang. “Responnya memang berbeda-beda. Ada yang setelah seminggu disuntik langsung beraksi, ada juga yang setelah bertahun-tahun. Terus terang, kami memang masih kekurangan kajian untuk silikon cair. Karena ini prosedur yang tidak benar, jadi memang tidak banyak diteliti. Berbeda dengan implant silikon gel yang memang sudah diteliti dan telah tebukti aman,” ujarnya.

Namun praktek semacam ini banyak dilakukan di salon maupun klinik kecantikan yang tidak bertanggung jawab. Karena takut operasi, banyak yang akhirnya memilih metode suntik silikon cair ketimbang implant silikon gel yang lebih aman.

“Menyuntikan silikon cair itu perbuatan kriminal yang sangat membahayakan, dan yang bisa membantu mengembalikan struktur wajah atau tubuhnya mendekati normal hanyalah dokter bedah plastik. Jadi mereka itu bukanlah korban dari bedah plastik, melainkan orang-orang yang harus diselamatkan dengan ilmu bedah plastik,” katanya.

Herman/LIS
http://www.beritasatu.com/kesehatan/215323-ini-bahaya-penggunaan-silikon-cair-di-tubuh.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s