Indonesia 0 – 3 Netherland

Image

Indonesia Menyerah 0-3 dari Belanda

TEMPO.CO

, Jakarta -Tim nasional Belanda mengalahkan Indonesia dalam laga uji coba yang berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta. Dua gol De Oranje dicetak oleh Siem De Jong dan satu gol oleh Arjen Robben pada babak kedua.

Pada lima menit babak pertama kedua tim bermain dalam tempo sedang. Belanda mencoba menyerang melalui sisi pertahanan kiri Indonesia. Sebuah gol sempat tercipta dari tendangan penyerang Manchester United, Robin van Persie, ke mulut gawang Kurnia Meiga. Namun wasit Nagor Amir asal Malaysia menganulir gol tersebut lantaran Van Persie berada dalam posisi offside.

Indonesia kemudian mencoba membangun serangan melalui barisan tengah yang dimotori oleh Greg Nwokolo. Namun serangan Indonesia kerap kandas di barisan pertahanan Belanda. Pada menit ke-13 Belanda melakukan pergantian pemain. Pemain depan Jeremain Lens digantikan oleh Arjen Robben karena ditimpa cidera.

Berkali-kali tim asuhan Louis Van Gaal melakukan serangan dari berbagai lini tapi disiplinnya barisan pertahanan Indonesia mampu mementahkan serangan yang dibangun oleh Wesley Sneijder. Beberapa kali pula Van Persie, pemain sayap Bayern Muenchen Arjen Robben memperlihatkan kemampuan mengolah si kulit bundar tapi pemain bertahan Indonesia mampu mengatasinya.

Wasit mengeluarkan kartu kuning pertama untuk Indonesia. Victor Igbonefo mendapat kartu kuning lantaran menjatuhkan Van Persie. Indonesia patut berterimakasih atas kecemerlangan penampilan kiper Kurnia Meiga dalam menjaga mistar gawang.

Memasuki babak kedua, Indonesia dan Belanda melakukan pergantian pemain. Dari Indonesia Ahmad Bustomi menggantikan Immanuel Wanggai dan Ricardo Salampessy digantikan oleh Zulkifli Syukur. Sementara Belanda mengistirahatkan Van Persie, Sneijder, Erik Pieters, dan kiper Jasper Cillessen. Mereka digantikan oleh Ricky Van Wolfswinkel, Siem De Jong, John Heitinga, Michel Vorm.

Menit ke-56 Belanda akhirnya memecah kebuntuan dengan merobek gawang Kurnia Meiga. Umpan Ruben Schaken dari kiri gawang Indonesia dituntaskan dengan sempurna oleh sundulan Siem de Jong. Kedudukan 1-0 untuk Belanda.

Jacksen Tiago mengganti Greg Nwokolo dengan Andik Vermansyah, Van Dijk dengan Ian Louis Kabes. Van Gaal pun mengganti pemain belakang Daryl Janmaat dengan Dwight Tiendalli,

Pada menit ke-67 Indonesia kembali kemasukan. Bola hasil umpan lambung Arjen Robben kembali dituntaskan lewat sundulan Siem De Jong. Indonesia tertinggal 0-2 dari Belanda. Arjen Robben cs terus menekan Indonesia. Sebuah aksi individu dari Robben sempat membuat repot pertahanan Indonesia.

Indonesia memiiki peluang emas dari Andik Vermansyah. Pemain asal Persebaya 1927 menggiring bola dari tengah lapangan menusuk ke jantung pertahanan Belanda, tapi sayang tendangan Andik mampu dihalau dan hanya menghasilkan tendangan pojok.

Indonesia kembali melakukan pergantian pemain dengan menurunkan Hendro Siswanto dan Ruben Sanadi menggantikan Toni Sucipto dan Ahmad Jufriyanto.

Belanda menambah keunggulan pada menit ke-89 dengan aksi individu Arjen Robben yang manis. Dari sisi kanan pertahanan Indonesia, Robben mengecoh dua pemain bertahan Indonesia. Robben pun menutup pertandingan dengan skor 3-0.

ADITYA BUDIMAN

http://www.tempo.co/read/news/2013/06/07/099486580/Indonesia-Menyerah-0-3-dari-Belanda

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s