Penatalaksanaan Hipertensi Sesuai Guideline Baru 2009

Seperti halnya guideline ESH/ESC 2007, guideline baru ini juga mengkonfirmasi bahwa diuretik, ACE inhibitor, calcium antagonist, angiotensin receptor antagonists, dan b-blockers semuanya dapat dianggap sesuai bagi inisiasi terapi antihipertensi, juga untuk maintenance-nya. sebab, persentasi pasien yang responsif terhadap berbagai kelas obat adalah terbatas. Dan pasien yang responsif terhadap satu obat seringkali bukan mereka yang responsif terhadap obat lain.

Meta analisis dari data yang tersedia dalam sekala besar mengkonfirmasi bahwa kelas obat antihipertensi utama yang tersebut di atas tidak berbeda secara signifikan mengenai kemampuan mereka dalam mengurangi tekanan darah pada hipertensi secara keseluruhan.

Tak ada juga bukti yang tak terbantahkan mengenai perbedaan kelas obat major dalam kemampuan mereka memproteksi terhadap risiko kardiovaskular secara keseluruhan atau penyebab spesifik kardiovaskular, seperti stroke dan infarksi myokardial.

Dalam terapi, kombianasi 2 atau 3 obat seringkali diperlukan untuk mencapai target kontrol tekanan darah. Satu dosis deuretik rendah harus disertakan pada kombinasi ini. Diantara kombinasi dua obat yang direkomendasikan adalan adalah renin-angiotensin (RA) system inhibitor (ARB atau ACE inhibitor)+Ca Channel blocker, RA System inhibitor + diuretic, Ca Channel blocker + doiuretic, dan Ca Channel blocker + b-blocker adalah yang direkomendasikan.

Namun dalam guideline terbaru ini disebutkan bahwa ACE inhibitor +ARB, tidak direkomendasikan pada pasien dengan kondisi tertentu, diantaranya pasien hipertensi yang tanpa indikasi memaksa, CAD yang tidak memiliki kegagalan ginjal, prior stroke, penyakit ginjal kronik yang non proteinuric atau diabetes mellitus tanpa micro albuminura.

 http://www.majalah-farmacia.com/rubrik/one_news.asp?IDNews=1594 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s