Mantan Tim Sukses Andi Benarkan Politik Uang 

TEMPO.CO, Semarang – Sekretaris Partai Demokrat Jawa Tengah, Dani Sriyanto, mengungkapkan, tim sukses Andi Alfian Mallarangeng dalam Kongres Partai Demokrat di Bandung 2010 juga membagi-bagikan uang kepada pendukungnya. »Tim AM (Andi Mallarangeng) itu memberikan akomodasi dan sebagainya dengan total Rp 5 juta per peserta kongres,” kata Dani di Semarang, Senin, 27 Februari 2012.

Menjelang Kongres Partai Demokrat, Dani Sriyanto adalah tim tim sukses calon ketua umum Andi Mallarangeng. Dani menambahkan, uang Rp 5 juta tersebut diberikan tim sukses Andi bukan per cabang, tapi per peserta kongres dari pengurus cabang. Pemberian dilakukan dalam dua tahap, yakni pada saat peserta kongres masih berada di Jakarta dan pada saat di arena kongres.

Di Jawa Tengah, kata Dani, dari 35 pengurus cabang tingkat kabupaten/kota, hanya 11 cabang mendukung Andi Mallarangeng. Sebelas pengurus cabang ini ikut menerima duit dari Andi. Ditambah lagi sejumlah pengurus DPD Partai Demokrat Jawa Tengah. Saat itu, selain sebagai sekretaris daerah Partai Demokrat Jawa Tengah, Dani juga menjabat sebagai care taker Partai Demokrat Cabang Sukoharjo.

Dani berkilah uang akomodasi tersebut tak melanggar aturan. Sebab, kata dia, Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono sudah memberikan garis bahwa masing-masing calon ketua umum diperbolehkan memberikan uang akomodasi dengan syarat besarnya di bawah Rp 10 juta. Pada saat Andi tak lolos ke putaran kedua pemilihan ketua umum, Dani mengalihkan suaranya ke Marzuki Alie. Dani menyatakan pada tahap kedua pemilihan calon ketua umum Partai Demokrat, Marzuki Alie tak memberikan uang kepada para pendukungnya.

Sedangkan kubu Anas Urbaningrum, saat itu diduga memberikan uang kepada para peserta kongres sebanyak Rp 100 juta. Menurut Dani, pembagian yang untuk kubu Anas Urbaningrum menjadi masalah karena bagian yang mengeluarkan uang tersebut adalah Nazaruddin. »Ibaratnya itu sudah cedak kebu gubak (sudah dekat kerbau kotor),” kata Dani.


ROFIUDDIN
http://m.tempo.co/2012/02/27/386697/

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s