Pengamat: Akhir Jabatan, Kinerja SBY Bisa Menurun

TEMPO.CO, Jakarta – Peneliti Centre for Strategic and International Studies, Philips J. Vermonte, melihat kepemimpinan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang akan berakhir pada 2014 boleh jadi berpengaruh pada kinerjanya. Apalagi SBY sudah tidak memiliki kesempatan untuk mencalonkan diri lagi pada pemilu 2014 mendatang.

“Ada kemungkinan hal itu mempengaruhi keadaan, SBY tidak bisa mencalonkan diri lagi,” katanya pada diskusi bertema “Parpol Menuju Titik Nadir” di Warung Daun Cikini, Sabtu 25 Februari 2012.

Menurutnya, bisa jadi kepercayaan masyarakat yang menurun atas kepemimpinan SBY saat ini juga dipengaruhi kinerja SBY di periode kedua kepemimpinannya.

“Ada presiden yang semangatnya berkurang, tapi ada juga yang semakin baik untuk mewariskan sesuatu dan menciptakan figur dengan warisan panjang,” katanya. Menurut Philips, bisa jadi kepercayaan masyarakat untuk SBY menurun seiring dengan kinerjanya yang juga menurun.

Namun Ketua DPP Demokrat Didi Irawadi Syamsudin menilai SBY tidak akan memilih untuk menurunkan kinerjanya. “Saya kurang sependapat dengan Philips kalau SBY pada periode kedua bekerja dengan santai,” katanya.

Didi menyoroti kemajuan ekonomi makro yang dicapai Indonesia dalam beberapa tahun terakhir. “Pertumbuhan ekonomi termasuk salah satu yang terbaik di Asia. Grade investment juga menarik, lapangan kerja yang lebih luas, hal ini kurang terangkat karena isu menyangkut hukum lebih menarik,” katanya.

Isu menyangkut hukum yang dimaksud terkait dengan kasus korupsi yang kini menjerat para kader Partai Demokrat, seperti M. Nazaruddin dan Angelina Sondakh.

EZTHER LASTANIA
http://m.tempo.co/2012/02/25/386327/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s