Tekan Kecelakaan Kerja, Jamsostek Adakan Pelatihan K3

[JAKARTA] PT Jamsostek mengadakan pelatihan Dasar-Dasar Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) bagi 77 perusahaan sebagai bagian dari pemberian manfaat tambahan dan menekan angka kecelakaan kerja yang masih tinggi. Direktur Utama PT Jamsostek, Hotbonar Sinaga, di Jakarta, Selasa (21/2), mengatakan,  program pelatihan K3 itu merupakan bagian dari apresiasi kepada perusahaan-perusahaan yang tertib administrasi (pembayaran iuran) dan sudah melakukan pendaftaran ulang (heregistrasi).

“Di sisi lain kami juga mengundang 10 perusahaan tertinggi angka kecelakaan kerjanya agar bisa menekan kasus di perusahaannya menjadi seminal mungkin,” kata Hotbonar.

Hingga saat ini dana yang sudah dibayarkan PT Jamsostek untuk kecelakaan kerja selama 34 tahun sudah mencapai Rp 3.456 triliun untuk total 1.883.200 kasus. Dalam kurun waktu lima tahun terakhir, kasus kecelakaan kerja sangat fluktuatif, terutama pada 2007 yang terdapat penurunan kasus 12,46 persen dan nominal pembayaran 1,10 persen.

Rata-rata kasus kecelakaan kerja tidak berubah, namun nilainya mengalami kenaikan signifikan. Pada 2008, terdapat kenaikan nominal pembayaran JKK cukup besar dibanding 2007 yang sebesar 35,57 persen karena pada akhir 2007 dilakukan peningkatan manfaat JKK.

Pada 2010 terdapat 98.711 kasus kecelakaan kerja dengan total pembayaran JKK Rp401,237 miliar. Pada tahun 2011 menjadi 99.491 kasus dengan total klaim Rp504,029 miliar. Karena itu, kata Hotbonar, PT Jamsostek akan melaksanakan program pelatihan K3 di semua kantor cabang Jamsostek di Indonesia.

Kepala Kantor Jamsostek Cabang Setiabudi, Iwan Kusnawan, menjelaskan sebagian besar pengelola K3 di perusahaan hanya memahami tentang keselamatan pekerja saja dalam K3. “Padahal yang terpenting juga adalah kesehatan di lingkungan kerja. Kami berharap pelatihan ini menambah pemahaman manajemen K3 secara proporsional,” kata Iwan.

Di samping itu, sebagian besar kecelakaan kerja itu adalah kecelakaan lalu lintas yang terjadi di saat pekerja menuju dan pulang kerja. PT Jamsostek membayar klaim kecelakaan kerja untuk kecelakaan lalu lintas saat pekerja pergi dan pulang dari tempat kerja.

Pelatihan diselenggarakan secara gratis bagi peserta dan mendapat sertifikat dari PT Surveyor Indonesia sebagai pelaksana pelatihan. [E-8]
http://www.suarapembaruan.com/home/tekan-kecelakaan-kerja-jamsostek-adakan-pelatihan-k3/17392

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s