Diare Penyebab Utama Kematian Pada Anak

TEMPO.CO, Jakarta- Dokter Spesialis Anak Diki Pribadi mengatakan penyebab utama kematian pada anak di Indonesiaadalah penyakit diare. “Ini berdasarkan data pemerintah, kalau data World Health Organization (WHO) diare penyebab kematian nomor 2 di dunia,” katanya usai acara talk show scotch brite “We Care” di Cilandak Town Square, Sabtu, 18 Februari 2012.

Diki menjelaskan, diare adalah perubahan buang air besar dari padat menjadi cair dan terjadi lebih dari 3 kali sehari. “Buang air besar tidak seperti biasanya, itu bisa disebut diare,” ujarnya. Ciri-ciri diare, kata Diki buang air besar berubah menjadi cair, biasanya diikuti gejala tambahan seperti muntah.

Menurut Diki, penyebab munculnya penyakit diare dari infeksi dari bakteri atau kuman, intoleransi, alergi dan keracunan. “Intoleransi yaitu tidak cocok dengan apa yang diminum dan dimakan,” dia menjelaskan. 

Diare, kata dia, dapat muncul apabila tidak terjaganya kebersihan. “Menjaga kebersihan paling bagus untuk mencegah diare.” Di Indonesia kurang terjaga kebersihannya. “Apalagi di daerah pedesaan yang lebih terlihat kumuh.”

Untuk itu, Diki menyarankan, masyarakat dapat mewaspadai penyakit diare. “Jangan sampai penanganannya terlambat,” ujarnya. Kata dia, paling banyak diare disebabkan oleh infeksi. “Untuk mencegah infeksi itu, mulailah dari sekarang untuk mencuci tangan.”

AFRILIA SURYANIS
http://m.tempo.co/2012/02/18/384894/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s