Olah Raga Sebelum Berangkat Umrah

oleh: Prima Resti
Kebugaran didapat dengan cukup makan dan istirahat.

Penyesuaian kemampuan fisik untuk melakukan aktivitas umrah dan haji selama di Arab Saudi mutlak diperlukan. Sebelum berangkat, calon jamaah sangat dianjurkan melakukan aktivitas olahraga rutin yang ringan atau aklimatisasi.
Jenis olahraga ringan seperti rutin berjalan kaki cepat atau melakukan joging ringan. Ini agar kondisi tumbuh lebih mudah mengalami penyesuaian saat melaksanakan ibadah haji.
Tapi, jangan sampai tubuh kelelahan menjelang keberangkatan. “Yang perlu diingat, kondisi tubuh dijaga agar tidak terlalu lelah menjelang hari keberangkatan ke Tanah Suci,” ujar Direktur Jenderal Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan Kementerian Kesehatan, Tjandra Yoga Aditama.

Untuk mendapatkan aktivitas yang optimal, kata dia, kegiatan yang dilakukan sebelum berangkat agar disesuaikan dengan kondisi fisik masing-masing. Calon jamaah harus menyusun rencana waktu dan pelaksanaan ibadah di Tanah Suci. Selain itu, sangat dianjurkan mengenal proses perjalanan ibadahselama di Tanah Suci dan kondisi alam di Arab Saudi.

Satu hal penting yang tidak boleh terlewatkan, menurut Tjandra Yoga, adalah melakukan pemeriksaan kesehatan di pelayanan kesehatan. Pemeriksaan bisa dilakukan di pusat kesehatan masyarakat (puskesmas) atau dokter keluarga.

Pemeriksaan ini diperlukan untuk mengetahui kondisi kesehatan calon jamaah secara cermat. “Apabila ternyata jamaah sakit menjelang keberangkatan harus segera diobati,” dia menuturkan.

Untuk jamaah yang sakit menetap, misalnya menderita sakit gula, kata Tjandra Yoga, dokter akan memberikan bekal obat dan cara-cara mengelola sakitnya selama dalam perjalanan. Yang tak kalah pentingnya, “Konsultasikan kondisi kesehatan sebelum berangkat.”
Dia mengatakan, kebugaran fisik bisa dipertahankan selama berada di Tanah Suci dengan mengonsumsi cukup makan dan juga cukup istirahat. Hal ini dilakukan sambil melaksanakan ibadah yang tepat, baik pagi, sore, maupun malam.
Kegiatan yang kurang bermanfaat untuk pelaksanaan ibadah sebaiknya dikurangi. “Jangan terlalu banyak berjalan-jalan seperti berbelanja. Jaga stamina dan kesehatan untuk menjalankan ibadah,” ujarnya.

Tjandra Yiga juga mengingatkan agar menjaga kamar tidur. Kamar tidur diusahakan tetap lapang dan tidak berdesak-desakan oleh orang atau barang. Sirkulasi udara dan sinar matahari yang cukup dapat mengurangi kuman-kuman penyakit yang ada di dalam kamar.
http://www.jurnalhaji.com/2012/02/02/olah-raga-sebelum-berangkat-umrah/

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s