Boy Band dan Girl Band ala KPop Tidak Akan Tahan Lama

KUALITAS sebuah band dibentuk di atas panggung. Namun, jika band hanya mampu membawakan lagu ciptaan orang, terlebih melakukan lipsync, maka bersiaplah untuk tersingkir.

Trend musik K-Pop (Korean Pop) yang melanda kawula muda Indonesia saat ini cukup fenomenal. Hal tersebut terlihat dari banyaknya kelompok vokal yang muncul dengan gaya ala boyband atau girlband Korea.

Seringnya mereka tampil lipsync (bernyanyi dengan iringan tape playback) dalam acara musik di panggung televisi, membuat nilai kreativitas terkubur.

Menurut pengamat musik Bens Leo, jika cara tersebut dimaksudkan demi promosi, maka akan menimbulkan unsur apresiasi yang kurang baik. Penampilan yang tidak orisinil hanya akan menimbulkan cibiran di waktu yang akan datang.


“Mereka umumnya pakai minus one (ada musik iringan, kemudian diisi dengan vokal). Bahkan diantaranya ada yang playback, jadi mereka nyanyi lipsync, hanya mulutnya aja yang komat-kamit,”

kata Bens, Jumat (10/2).

Bens mengatakan, kreativitas terletak pada orisinalitas sebuah band. Ketika tampil live di panggung, mereka mampu mengeluarkan aksi terbaiknya.

“Mereka (Boyband dan Girlband ala korean pop) nyanyi aja belum tentu bener. Kita tidak dapat berharap banyak dari itu, karena mereka kebanyakan lipsync nya. Mudah-mudahanan tren ini sebentar saja,” tutur Bens.

Beruntung bagi Boyband dan Girlband yang telah mendapatkan kontrak iklan. Karena, lanjut Bens, paling tidak kondisi finansial mereka akan aman setidaknya selama satu tahun. Jika tidak mendapatkan iklan, mereka akan tersisih dari persaingan boyband girlband sebab mereka bukanlah pencipta lagu. (MI/Wtr4)
http://www.metrotvnews.com/mobile-site/read/news/2012/02/12/81644/Boy-Band-dan-Girl-Band-ala-KPop-Tidak-Akan-Tahan-Lama

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s