Anas Singkirkan Lawan Politik

SENAYAN (Pos Kota) –Merasa posisinya sebagai Ketua Umum Partai Demokrat terancam, Anas Urbaningrum dikabarkan pasang kuda-kuda. Ia mengganti lawan politik yang dinilai berbahaya.

Salah satu menjadi target Anas adalah Ketua DPR Marzuki Alie. Beberapa pimpinan fraksi Partai Demokrat, juga jadi target. Langkah ini diambil setelah Anas merasa sukses konsolidasi dalam rapat Dewan Pipimpinan Pusat PD, Selasa lalu.

Kabar yang beredar di kalangan politisi Demokrat di DPR menyebutkan, Ketua DPR Marzuki Alie akan diganti Hayono Isman,

posisi Hayono sebagai Wakil Ketua Komisi I DPR, akan ditempati Ramadhan Pohan atau Nurhayati Assegaf.

Posisi Ketua Fraksi Demokrat yang ditempati Jafar Hafsah juga tidak aman. Calon pengganti yang tengah disiapkan adalah Saan Mustopa, yang dikenal dekat dengan Anas.

Posisi Ketua Komisi III DPR Benny K Harman akan diisi Didi Irawadi Syamsuddin.

Yang menarik, Ruhut Sitompul yang kini sudah mulai menjauhi kubu Anas Urbaningrum juga akan dipindahkan dari Komisi III (Hukum) DPR. Kemungkinan akan dipindah ke komisi artis atau seni budaya, dan pendidikan, yakni Komisi X DPR.

“Saya dengar memang akan ada rotasi besar-besaran di Demokrat. Kalau Ruhut, biar dia kembali ke habitatnya saja, biar ngurusi seni dan budaya,” kata politisi Demokrat yang enggan disebut namanya.

BENARKAN
Soal rencana rotasi itu, anggota Dewan Pembina Partai Demokrat, Achmad Mubarok membenarkan, tapi hanya untuk penyegaran, bukan terkait macam-macam. Menurutnya, di jajaran pimpinan fraksi memang perlu ada rotasi supaya ada penyegaran. Tapi sampai sekarang belum ditemukan orang yang tepat untuk menggantikan Jafar Hafsah. “Kami hati-hati, jangan sampai kita keliru pilih orang,” katanya, kemarin.

Menurut dia, pengganti Jaffar Hapsah bukan Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas) atau Saan Mustopa yang selama ini menjadi Sekretaris Fraksi. “Bukan Ibas. Saan juga belum juga. Ketua fraksi belum ada gantinya. Kalau dirotasi, pasti dicari orang yang lebih bagus dan orang yang dipindah, juga akan ditempatkan pada posisi yang lebih bagus,’’ tegasnya.

Posisi Marzuki Alie yang disebut-sebut juga akan diganti, menurut Mubarok tidak melihat hal itu. “Kalau Ketua DPR itu domainnya SBY. Kalau fraksi, kita boleh usul,” katanya.

Seperti diberitakan, menurut anggota Dewan Pembina PD Adjeng Ratna Suminar, Marzuki memimpin rapat Dewan Pembina yang membahas soal penyiapan 4 nama pengganti Anas.

Wakil Direktur Eksekutif Partai Demokrat Muhamad Rahmad juga minta Dewan Kehormatan PD memanggil Marzuki Alie. Karena sebagai Wakil Ketua Dewan Pembina PD telah melanggar kode etik partai.

Politisi Demokrat, Didi Irawadi kaget ketika dimintai konfirmasi soal itu. Ia mengaku belum mendengar kabar, apalagi Ketua Komisi III DPR saat ini sudah bagus. “Pak Benny telah bekerja dengan baik,” katanya. “Itu rumor saja.”

Sikap Ketua Dewan Pembina PD Susilo Bambang Yudhoyono yang cenderung diam melihat partainya dihantam badai, menurut pengamat politik Margarito Kamis, itu khas SBY. “Beliau itu tenang, tidak grusa-grusu. Tidak mau mengambil tindakan apa pun selama belum ada keputusan hukum yang jelas,” katanya di DPD, Rabu. (winoto/b)
http://www.poskotanews.com/2012/02/02/anas-singkirkan-lawan-politik/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s