Mahfud Suroso Siapkan Rp 50 Miliar untuk Kemenangan Anas

[JAKARTA] Mantan Bendahara Umum Partai Demokrat (PD) M Nazaruddin membuka lagi satu kasus kunci kemenangan Anas Urbaningrum menjadi ketua umum PD adalah fee sejumlah proyek dari PT Adhi Karya melalui  Mahfud Suroso.  

Menurut Nazaruddin, PT Adhi Karya menyiapkan uang sekitar Rp 50 miliar untuk memenangkan Anas. Uang itu diserahkan oleh Mahfud Suroso, yang adalah teman karib Anas Urbaningrum di PT Adhi Karya.  

Dikatakan,  Mahfud Suroso telah bertahun-tahun menjadi kaki tangan Anas di PT Adhi Karya. Dia yang meminta Anas agar memenangkan sejumlah proyek untuk PT tersebut.  

“Memang iya, kemenangan Anas karena uang fee yang dikumpulkan,  terutama dari PT Adhi Karya,” ujar Nazaruddin di sela-sela sidang yang menghadirkan saksi Oktarina Furi di Gedung Tipikor, Jumat (27/1).

Menurut Nazaruddin, tanpa campur-tangan Anas, tidak mungkin PT Adhi Karya menang di beberapa proyek.  Nazar pun menyebutkan beberapa proyek yang dibantu Anas, yakni Gedung Pajak dan dua proyek pembangkit listrik senilai Rp 2,2 triliun di Kalimantan dan di Riau.  

Proyek di Kalimantan dimenangkan oleh PT Adhi Karya, sementara yang di Riau akan dikerjakan PT Rekayasa Industri. “Di Kalimantan PT Adhi Karya, JO, sama China. Di Riau, Rekin (Rekayasa Industri) sama China,” ujar Nazar.

Kedua proyek tersebut, kata Nazaruddin, sudah ada kontrak kerja sama dengan PLN. PT Adhi Karya telah memberikan uang kepada Anas melalui Wila. Nazaruddin mengenal Wila sebagai perempuan pengusaha yang sudah 10 tahun menjadi rekanan PLN.

Untuk proyek Hambalang, pada April 2010, Anas telah memutuskan agar PT Adhi Karya memenangi proyek sarana olahraga di wilayah Bogor, Jawa Barat itu.   Anas memperoleh US$ 12 juta,  yang kalau dirupiahkan menjadi Rp 50 miliar dari Mahfud Suroso. Uang tersebut yang dibawa ke Bandung untuk kemenangan Anas. “Jadi, kemenangan Anas memang dari uang fee proyek-proyek tersebut,” ujarnya.

Nazaruddin menjelaskan, alasan PT Adhi Karya memenangi proyek bernilai Rp 1 triliun tersebut, karena PT DGI tidak dapat membantu Anas untuk memberikan biaya kongres Partai Demokrat. Kongres membutuhkan dana sekitar Rp 100 miliar agar Anas dapat menang sebagai ketua umum PD.

“Yang sanggup memenuhi permintaan Bapak Anas Urbaningrum adalah PT Adhi Karya, yang mana PT Adhi Karya dibawa oleh Bapak Mahfud Suroso,” jelasnya.

Menurut Nazaruddin, Mahfud Suroso merupakan kaki tangan Anas di Adhi Karya. Keduanya akrab sejak sekolah dasar. Nazaruddin mengisahkan, pernah dirinya, Anas, dan Mahfud, selama kurang lebih lima hari bertemu di Hotel Sahid, Jakarta.  

Di hotel tersebut, Mahfud Suroso meminta Anas untuk amankan semua proyek Menpora termasuk Hambalang. “Lima hari saya, Anas, dan Mahfud di Sahid, untuk amankan semua laporan proyek di Menpora termasuk Hambalang. Anas yang perintah semua. Adhi Karya tidak akan menang kalau tidak ada campur tangan mas Anas,” ujarnya.  

Terima Cek

Sementara itu, sebelumnya, saksi Oktarina Furi juga  mengaku tidak hanya pernah menerima cek dari PT Duta Graha Indah (DGI), tetapi, juga pernah menerima cek dari PT Adhi Karya tahun 2010, yang sudah dilaporkan ke Wakil Direktur Keuangan PT Permai Grup, Yulianis dan Direktur Keuangan Permai Grup, Neneng Sri Wahyuni.

“Ada (terima cek) dari PT Adhi Karya,” kata Oktarina Furi saat ditanya salah satu penasihat hukum Nazaruddin, Junimart Girsang dalam sidang di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Jumat (27/1).

Hanya saja, mantan asisten pribadi  Neneng Sri Wahyuni ini mengaku tidak ingat berapa jumlah uang yang diterimanya dari PT Adhi Karya.  “(Jumlahnya) saya tidak ingat,” tegas Yulianis. [N-8/L-8]
http://www.suarapembaruan.com/home/mahfud-suroso-siapkan-rp-50-miliar-untuk-kemenangan-anas/16568

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s