Badai Matahari Diperkirakan Berlangsung Dua Tahun

Metrotvnews.com, Jakarta: Badai matahari yang terjadi sejak Januari 2012 menyebabkan dampak berupa gangguan komunikasi di bumi. Tapi itu belum seberapa. Yang mencemaskan, badai matahari diperkirakan berlangsung panjang: dua tahun ke depan.

Dampak badai matahari mulai terasa di berbagai tempat. Pada 23 Januari 2012, badai matahari dengan skala M8 hingga M9 meledakkan flare. Lontaran massa dari korona matahari dengan kecepatan tinggi mencapai 1.400 kilometer per detik. Jika itu terjadi di bumi, dalam satu detik lontaran korona matahari bisa mencapai seluruh Pulau Jawa.

Di Amerika Serikat, badai matahari menimbulkan dampak berupa terganggunya jaringan komunikasi selama 19 menit pada 24 Januari silam. Menurut peneliti fisika matahari dari Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) Agustinus Gunawan, puncak aktivitas matahari memang sedang berlangsung. Itu akan terjadi dari 2012 hingga 2014.

Tapi Agustinus menambahkan, dampak aktivitas matahari tergolong masih kecil. Dia juga mengatakan, aktivitas itu hal normal.

Dampak badai matahari, kata Agustinus, baru akan dirasakan 13 tahun ke depan. Dampak terburuk adalah sejumlah satelit tak akan berfungsi sesuai jadwal. Bisa juga keluar dari orbit, seperti terjadi pada satelit UARS milik Rusia, beberapa waktu silam.(ICH)
http://www.metrotvnews.com/mobile-site/read/newsvideo/2012/01/29/144296/Badai-Matahari-Diperkirakan-Berlangsung-Dua-Tahun

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s