Newcastle United 0 – 3 Chelsea

detikcom – Newcastle, Laga Newcastle United kontra Chelsea berlangsung seru dengan kedua tim banyak menciptakan peluang. Keluar sebagai pemenang dalam pertandingan tersebut adalah The Blues, dengan skor mencolok 3-0.

Di Sports Direct Arena, Sabtu (3/12/2011) malam WIB Newcastle dan Chelsea sama-sama bermain terbuka sejak menit awal. Hasilnya adalah pertandingan yang menarik ditonton di mana banyak peluang tercipta.

Namun pada akhirnya The Magpies harus mengakui keunggukan tamunya. Gol yang dibuat Didier Drogba di jelang berakhirnya babak pertama dan Salomon Kalou pada penghujung babak kedua serta gol pamungkas dilesakkan Daniel Sturridge di periode injury time akhirnya memberi tim tamu kemenangan telak.

Tiga poin ini mengantar ‘Si Biru’ naik ke posisi tiga klasemen dengan poin 28. Namun mereka masih mungkin tergeser karena sebagian besar tim belum menjalai laga di pekan 14 ini.

Untuk Newcastle ini merupakan kekalahan kedua mereka di musim ini. Sebelumnya Fabricio Collocini dkk tunduk atas Manchester City dengan skor 3-1. Newcastle sementara turun satu anak tangga ke urutan lima.

Jalannya Pertandingan

Peluang pertama datang dari Newcastle di menit empat saat Demba Ba sepertinya akan lolos dari jebakan offside untuk mengejar umpan terobosan di muka kotak penalti. Namun dia terjatuh karena dilanggar David Luis, yang menjadi bek terakhir Chelsea. Dari kejadian tersebut wasit hanya menghadiahi Luis kartu kuning.

Di menit 13 Chelsea dapat hadiah penalti menyusul pelanggaran terhadap Daniel Sturridge di kotak terlarang, namun The Blues gagal memanfaatkannya menjadi gol. Maju sebagai eksekutor Frank Lampard mengarahkan bola ke sisi kanan, Tim Krul mampu membacanya dan menepis bola. Si kulit bundar kemudian membentur tiang dan menjau dari gawang.

Sturridge kembali menusuk di sisi kiri pertahanan Newcastle pada menit 22 setelah dapat umpan terukur dari Juan Mata. Dia masuk ke kotak penalti dan melepaskan tembakan saat tinggal berhadapan dengan kiper, tak ada gol tercipta karena bola bisa diamankan Krul.

Dua menit berselang gantian Petr Cech harus berjibaku mengamankan gawangnya. Ancaman ke gawang The Blues datang saat Demba Ba dengan akrobatik membelokkan bola lambung di muka gawang. Upaya berikutnya Demba Ba juga gagal berbuah gol, tandukannya dari tengah kotak penalti kali ini dimentahkan tiang gawang.

Krul akhirnya harus merelakan gawangnya jebol di menit 38. Kali ini dia menyerah melalui tandukan Didier Drogba. Juan Mata jadi kreator gol tersebut. Dia cerdik mencari ruang untuk menerima lemparan ke dalam untuk melepas umpan ke Drogba di kotak penalti. Operan terukur tersebut ditanduk Drogba dengan penuh tenaga dan melesak ke sisi atas dalam gawang.

Empat menit sebelum turun minum Chelsea nyaris menambah keunggulan, kali ini kembali melalui Sturridge. Namun untuk kali ketiga dalam laga ini Krul mampu mematahkan upaya striker internasional Inggris tersebut.

Peluang pertama di babak kedua dimiliki Drogba di menit 52, dia gagal menyarangkan bola ke gawang meski berdiri bebas di tiang jauh. Tiga menit berselang Drogba malah nyaris membuat gol bunuh diri, bola tandukannya saat menghalau tendangan sudut justru membentur mistar gawang.

Shola Ameobi!! Memungut bola yang gagal dibuang dengan sempurna oleh Cech, Shola melepaskan tembakan dari jarak dekat. Tapi dia tak beruntung, si kulit bundar dibuang John Terry tepat di garis gawang.

Mistar gawang benar-benar memusuhi Newcastle dalam laga ini, di menit 81 tendangan keras Shola gagal masuk ke gawang karenanya. Upaya rebound yang dilakukan Sammy gagal berujung gol karena bisa diselamatkan Cech.

Sturridge benar-benar dibuat frustrasi oleh Krul. Di menit 81 sebuah peluang yang dia miliki kembali mentah meski keduanya tengah berduel satu lawan satu.

Skor akhirnya berubah menjadi 2-0 di menit 89. Gol ini bermula dari tusukan Fernando Torres di sisi kiri. Dapat kawalan saat masuk kotak penalti, El Nino melepaskan umpan pada Salomon Kalou. Sepakan Kalou sempat ditepis Krul, namun bola tetap masuk ke gawang.

Periode injury time masuk menit kedua saat Chelsea bisa menambah keunggulan. Setelah berkali-kali gagal Sturridge akhirnya bisa menjebol gawang Newcastle, sepakan terarahnya ke tiang jauh mengubah kedudukan jadi 3-0.

Susunan Pemain

Newcastle: Tim Krul, Fabricio Coloccini (’28 James Perch), Steven Taylor, Ryan Taylor, Danny Simpson, Danny Guthrie, Yohan Cabaye, Peter Lövenkrands (’71 Sammy Ameobi), Gabriel Obertan, Demba Ba, Hatem Ben Arfa (’45 Shola Ameobi)

Chelsea: Petr Cech, John Terry, David Luiz, Ashley Cole, Branislav Ivanovic, Oriol Romeu, Frank Lampard (’61 Raul Meireles), Ramires, Juan Mata (’75 Salomon Kalou), Didier Drogba (’79 Torres), Daniel Sturridge
http://m.detik.com/read/2011/12/03/203512/1781892/72/chelsea-hantam-newcastle-3-0?hl

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s