Kerja Penuh Tekanan Bisa Picu Penyakit Jantung

Metrotvnews.com, Jakarta: Pekerjaan dengan tekanan tinggi dapat memicu penyakit kardiovaskular pada wanita pekerja. Demikian hasil studi yang dilakukan tim ilmuwan asal Denmark yang diterbitkan dalam jurnal Occupational and Environmental Medicine.

Penelitian dilakukan untuk menganalisa dampak tekanan kerja dan tingkatan pengaruh personal di tempat kerja terhadap kesehatan jantung. Studi itu melibatkan lebih dari 12 ribu perawat yang berusia 45-64 tahun pada 1993. Kesehatan mereka lantas dilacak selama 15 tahun dengan menggunakan rekam medis di rumah sakit.

Hasilnya, para perawat yang mengatakan tekanan sedikit terlalu tinggi akan memiliki kemungkinan terkena penyakit jantung 25 persen lebih tinggi dibandingkan dengan rekan mereka yang mengatakan tekanan kerja yang mereka hadapi dapat dikendalikan.

Sementara mereka yang merasa stres pekerjaan sudah terlalu tinggi kemungkinan terkena penyakit jantung lebih tinggi 35 persen setelah faktor risiko lain, seperti merokok dan gaya hidup sudah dipertimbangkan. 

Ketika temuan itu dianalisa berdasarkan usia, ditemukan perawat yang berusia kurang dari 51 tahun berada dalam risiko besar terkena penyakit jantung. Analisa berbeda dari kelompok usia ini menunjukkan, mereka yang merasa menghadapi tekanan kerja moderat akan memiliki kemungkinan 60 persen lebih tinggi mengalami penyakit jantung.

Sedangkan mereka yang merasa mendapatkan tekanan kerja yang berlebihan akan memiliki kemungkinan terkena penyakit jantung hampir dua kali lipat. Penelitian ini pun sudah mempertimbangkan beberapa faktor risiko lainnya, tapi hasilnya tetap sama. (go4healthy/******)
http://www.metrotvnews.com/mobile-site/read/news/2011/11/25/73257/Kerja-Penuh-Tekanan-Bisa-Picu-Penyakit-Jantung

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s