SEA Games Hari Keenam, Maju Terus Indonesia Kita Pasti Bisa!


Tidak terasa SEA Games ke-26 telah memasuki hari keenam dan Indonesia masih terus memimpin sejak dari hari pertama. Pada hari ini Rabu 16 Nopember 2011 agenda pesta olahraga se Asia Tenggara itu memperebutkan total 45 medali emas dari cabang olahraga, Atletik (2), Panjat Tebing (4), Dayung (5), Balap Sepeda (1), Renang (6), Tenis Meja (2), Gulat (4), Senam (5), Menembak (3), Loncat Indah (2), Anggar (2), Bowling (2), Catur (3), dan Vovinam (4).

Indonesia berhasil menambah medali sebanyak 11 emas, 7 perak dan 9 perunggu (hingga jam 22.00 WIB) :

Cabang olahraga Panahan, satu emas, satu perunggu. I Gusti Nyoman Puruhito yang turun di nomor compound perorangan putra meraih emas setelah menang atas musuh bebuyutannya, Earl Benjamin Yap dari Filipina, di final dengan skor 144-141.

Sementara medali perunggu diraih dari pemanah senior Lilies Heliarti pada nomor compound putri. Dengan tambahan satu emas dan satu perunggu hari ini, maka cabang panahan telah menyumbang dua emas dan satu perunggu. Sebelumnya, emas pertama panahan disumbang oleh Erwina Safitri darirecurve putri perorangan.

Cabang olahraga Panjat Tebing, satu emas, satu perak. Atlet Indonesia kembali menambah perolehan satu emas dan satu perak dari nomor lead (rintisan) putra. Medali emas diraih oleh Amri dan medali perak diraih Nurmansyah. Amri adalah satu-satunya pemanjat yang berhasil mencapai posisi tertinggi mendekati puncak dinding panjat, sedangkan pemanjat lain berjatuhan ketika mencoba melewati atap bagian dinding panjat yang paling sulit dilewati.

Cabang olahraga Atletik, dua emas, satu perak. Pelari Marathon putra dan putri Indonesia pada hari ini telah meraih medali emas. Di nomor marathon putra oleh Yahuza dengan waktu tercepat 2 jam 27 menit 45 detik. Keperkasaan Yahuza terlihat sejak awal, dengan menjadi yang terdepan hingga garis finish. Sementara, medali perak dan perunggu diperoleh dua atlet Filipina, Eduardo Buenaviesta meraih medali perak dengan catatan waktu dua jam, 29 menit, 09 detik, perunggu diraih Eric Panique dengan catatan waktu 2 jam, 28 menit, 26 detik.

Di nomor marathon putri, Triyaningsih kembali mempersembahkan emas bagi Indonesia. Ini merupakan emas ketiganya di ajang SEA Games ke-26. Pelari asal Jawa Timur itu mencatatkan waktu dua jam, 28 menit, dan 26 detik. Sementara perak diraih Ni Lar San dari Myanmar dengan waktu dua jam, 46 menit, dan 36 detik, perunggu diperoleh pelari Vietnam, Phan Thie Bien dengan waktu dua jam, 48 menit, dan 43 detik.

Cabang olahraga Gulat, dua emas, satu perak. Emas pertama direbut Muhammad Iqbal pada nomor kelas 50 kg dengan mengalahkan Kritsada dari Thailand pada pertandingan final. Sehingga Kritsada harus puas memperoleh medali perak, sedangkan perunggu diraih oleh Paulo Delos dari Filipina.

Emas kedua diraih Ridha pada nomor kelas 63 kg putri, medali perak diperoleh Quyen, Vietnam dan perunggu Juajan, Thailand. Dengan tambahan medali emas itu, kontingen Indoneisa telah memperoleh empat medali emas. Medali emas sebelumnya dipersembahkan Rustang dan Aliansyah di kelas 66 kg dan 60 kg putra.

Cabang olahraga Balap Sepeda, satu emas. Yantie Fuchianty, atlet balap sepeda putri Indonesia yang terjun di nomor jarak 110 kilometer akhirnya mampu mempersembahkan medali emas. Yantie berhasil masuk garis finish dengan catatan waktu dua jam 46 menit 26 detik. Medali perak diraih Chanpeng Nontasin dari Thailand dengan waktu dua jam 48 menit 58 detik. Perunggu diraih pembalap Singapura, Dinah Chan dengan waktu 2 jam 53 menit 5 detik.

Cabang olahraga Dayung, satu emas, satu perak, satu perunggu. Pedayung Indonesia pada hari ini hanya meraih satu emas, satu perak dan satu perunggu dari nomor lima nomor Rowing 2000 meter. Medali emas diraih empat pedayung Indonesia, Budi Aji Agus, Yakin Muhad, Ihram dan Lakiki Muhammad Ali Darta dari nomor Rowing 2000 meter Lightweight Men Four (LM4-). Sedangkan perak diperoleh Jamaludin dan Irham dari nomor Rawing 2000 meter Lightweight Men Double Sculls (LM2X). Medali perunggu diperoleh, Wahyuni, Siti Hasnah, Julianti dan Rahmanjani Wa Ode Fitri, dari nomor Rowing 2000 meter Women Quadruple Scull (W4X).

Dari lima nomor Rowing yang dipertandingakan hasil lengkapnya, Nomor LM2X, medali emas, Thailand, perak, Indonesia, perunggu, Philipina. Nomor Women Pairs (W2-), emas, Vietnam, perak, Myianmar dan perunggu, Singapura. Nomor Men Single Scull (M1X), emas, Philipina, perak, Thailand dan perunggu, Myanmar. Nomor W4X, emas, Vietnam, perak, Thailand dan perunggu, Indonesia. Nomor LM4-, emas, Indonesia, perak, Vietnam dan perunggu Thailand.

Cabang olahraga Anggar, satu emas, satu perak. Atlet-atlet putri Indonesia cabang olahraga anggar akhirnya meraih medali emas pertamanya setelah mengalahkan Vietnam dengan skor 45-42. Emas diraih pada nomor sabre putri, yang diwakili oleh Maria Wauran, Amelia Noerliyami, Diah Permata Sari, dan Reni Anggraini. Sejak sembilan tahun berlaga di ajang Sea Games, kemenangan medali emas kali ini adalah kali pertama bagi cabang olahraga anggar.

Namun tidak sebaik tim putri, tim putra Indonesia beregu harus tunduk dari lawannya Thailand pada final, sehingga hanya meraih medali perak pada nomor Epee. Trio Cucu Sundara, Indra Jaya Kusuma dan Budi Darmanto dipaksa menyerah di tangan tim Thailand dengan skor ketat 42-43.

Cabang olahraga Vovinam, satu emas, tiga perunggu. Atlet Indonesia Anak Agung Eni Kusumayanti dan I Ketut Sulendra mencatat nilai tertinggi 281 setelah melakukan aksi terbaiknya dihadapan sekitar lima ratus pendukung Timnas Indonesia pada nomor pertahanan wanita (campuran) di arena pertandingan beladiri itu. Pada nomor ini, terjadi peraih medali perak kembar yakni Vietnam dan Kamboja yang sama-sama mengumpulkan nilai 275. Kamboja dengan atlet Li Boramy dan Pal Chhorraksmy serta Vietnam dengan atlet Pham Thi My Dung dan Lee Bao Giang tampil pada kesempatan pertama dan kedua. Sedangkan perunggu diraih duet Laos Khamvilaythong Noudsalin/ Sosomesy Anousac dengan skor 270.

Sedangkan tiga perunggu untuk Indonesia diraih oleh Ni Putu Evi Windar pada nomor laga 55 kg, dan I Kadek Ari Sutara/I Putu Ruwita pada nomor senjata ganda putra, serta pada nomor multi senjata (campuran) oleh Agus Saka/I Gde Suwina/Ni Luh Kadek/I Gde Kusuma.

Cabang olahraga Renang, satu emas, satu perak, satu perunggu. Emas tersebut kembali disumbangkan oleh I Gede Siman Sudartawa pada nomor gaya punggung 50 meter putra dengan catatan waktu terbaik 25,62 detik. Medali perak juga masuk ke kantong Indonesia karena Glenn V. Susanto menempati posisi kedua, dengan waktu 26,02 detik, dan Zheng Wen Quah dari Singapura merebut perunggu dengan waktu 26,38 detik.

Sementara itu, di nomor gaya bebas 100 meter putra, Triady Fauzi menyumbangkan perunggu untuk Indonesia. Triady menyelesaikan lomba dengan catatan waktu 51,36 detik. Medali emas di nomor ini jatuh ke tangan Quy Phuoc Hoang dari Vietnam dengan waktu 50,79 detik, sedangkan medali perak direbut Kai Quan Danny Yeo dari Singapura dengan waktu 50,98 detik.

Sedangkan Cabang olahraga lainnya, Loncat Indah meraih satu perak atas nana Akhmad Sukran Jamj pada nomor papan 3 meter, Menembak meraih satu perunggu atas nama Mashuri nomor 10 meter target, Soft Ball satu perak beregu putrid, dan Tenis Meja meraih dua perunggu atas nama Santoso Ficky Supit nomor perorangan putra, Christine Ferliana nomor perorangan putri.

Setelah pada hari pertama Indonesia hanya meraih dua medali emas, lalu pada hari kedua Indonesia telah meraih 21 medali emas, dan pada hari ketiga berhasil meraih 17 emas, pada hari keempat meraih 18 emas, serta pada hari kelima juga telah meraih 18 emas, kini pada hari keenam ini Indonesia hanya meraih 11 emas (hingga jam 22.00 WIB) dari 45 emas yang diperebutkan.

Pada hari keenam ini Negara Vietnam secara mengejutkan naik ke posisi kedua menggeser posisi Thailand menjadi posisi ketiga pada daftar perolehan medali sementara. Dengan demikian pada SEA Games ke-26 yang dilaksanakan di Palembang – Jakarta ini, Indonesia masih terus memimpin perolehan medali untuk sementara yaitu dengan 87 emas, 67 perak dan 70 perunggu. Kemudian Vietnam ditempat kedua dengan 54 emas 55 perak 59 perunggu. Sementara Thailand di tempat ketiga dengan 52 emas 41 perak dan 60 perunggu.

Sampai dengan hari ini sudah sebanyak 275 medali emas (dari 545 medali keseluruhaan) yang telah diperebutkan di SEA Games Ke 26. Ini berarti baru 50,46 % medali yang telah diserahkan kepada para pemenang. Melihat dari sisa pertandingan yang masih berjalan masih banyak kesempatan bagi Indonesia untuk meraih emas dan memenangkan pertandingan sehingga menjadi juara umum.

Untuk itu kepada para kompasianer, mari kita dukung terus Indonesia agar selalu mendapatkan yang terbaik dalam pesta olahraga se asia tenggara ini. Mari kita berikan semangat untuk kebangkitan para atlet kita. Indonesia harus dapat menjadi juara umum dan menjadi tuan rumah yang baik.

Maju Terus Indonesia! Ayo Kita Pasti Bisa!
http://lifestyle.kompasiana.com/catatan/2011/11/17/sea-games-hari-keenam-maju-terus-indonesia-kita-pasti-bisa/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s