Makan Sushi Berlebihan Picu Hipertiroid

Metrotvnews.com, Sydney: Para penggemar makanan Jepang, sushi, sebaiknya tidak berlebihan mengonsumsinya. Pasalnya, mengonsumsi sushi dengan berlebihan bisa berdampak pada kelenjar tiroid.

Studi yang dilakukan oleh Dieticians Association of Australia telah memperingatkan bahwa terlalu banyak makan sushi bisa berakibat buruk bagi kesehatan. Hal ini karena rumput laut yang membungkus sushi bisa berbahaya bagi kelenjar tiroid jika dikonsumsi berlebihan.

Dalam studi tersebut diketahui bahwa kadar iodium yang terkandung dalam rumput laut tersebut tinggi. Sehingga para ahli merekomendasikan untuk tidak mengonsumsi sushi lebih dari 2-3 gulungan dalam seminggu.

Menurut data Food Standards Australia-New Zealand, dalam satu gulung sushi bisa mengandung iodium sebanyak 92 mikrogram. Sedangkan para ahli merekomendasikan jumlah tertinggi asupan harian iodium adalah 150 mikrogram.

Jika asupan iodium yang masuk ke tubuh berlebihan, maka akan memicu terjadinya hipertiroid (kelebihan hormon tiroid). Kelenjar tiroid mengambil iodium dari darah dan menggunakannya untuk memproduksi hormon-hormon tiroid. Sumber iodium ini kebanyakan berasal dari makanan seperti seafood, roti dan garam.

Kelebihan hormon tiroid ini lebih banyak terjadi pada perempuan dibandingkan dengan laki-laki. Cara mendiagnosisnya dengan melakukan tes laboratorium untuk melihat kadar hormon T3, T4 dan THS. Jika kadar hormon tiroid tinggi dan kadar hormon THS rendah, hal ini mengindikasikan kelenjar tiroid terlalu aktif.

Gejala yang muncul jika hormon tiroid berlebih adalah jari suka gemetar, jantung berdebar-debar, berat badan berkurang, suka keringat berlebih, konsentrasi berkurang, sakit kepala seperti ditusuk-tusuk dan siklus menstruasi yang tidak teratur. Jika tidak ditangani dengan baik nantinya bisa menyebabkan komplikasi.

Tiroid adalah kelenjar yang terletak di leher bagian depan yang berbentuk seperti kupu-kupu dan seringkali mudah untuk diraba. Kelenjar ini akan memproduksi hormon tiroid yang berfungsi menstimulasi metabolisme dari sel-sel di tubuh. (Go4Healthy/*)
http://www.metrotvnews.com/mobile-site/read/news/2011/11/18/72276/Makan-Sushi-Berlebihan-Picu-Hipertiroid

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s