Futsal: Indonesia Raih Kemenangan Pertama

Bola.net – Timnas futsal putra Indonesia berhasil menang telak atas lawannya Filipina 9-5 dalam pertandingan laga kedua SEA Games 2011 di GOR POPKI Cibubur, Jakarta Timur, Jumat (18/11).

Gol Indonesia diciptakan Sayan Karmadi (3′ dan 23′), Hairul Saleh Ohorella (4′ dan 12′), Jaeni Laojanibi (20′ dan 35′), Afif Tamimy (28′), Indra Kurnia (3′ dan 22′), dan Stefanus Home (40′).

Sementara pencetak gol Filipina adalah Edward Mallari (9′), Ariel Zerrudo (12′ dan 21′), dan Misagh Bahadoran (9′ dan 24′).

“Indonesia terlalu percaya diri dengan dukungan penonton sehingga lengah dan kebobolan di babak kedua,” kata pelatih Timnas futsal putra Indonesia Robby Hartono, usai pertandingan.

Menurut dia, kemenangan pertama ini tidak lepas dari peran pendukung Timnas Indonesia di lapangan yang membangkitkan rasa percaya diri pemain.

“Pendukung Indonesia sangat luar biasa menyemangati pemain daat tampil di lapangan,” ujarnya.

Pelatih Timnas Filipina Esmael Sedigh mengakui kekuatan Indonesia yang tampil maksimal menghadapi anak asuhnya. Kekalahan tersebut akan dijadikan sebagai evaluasi pihaknya untuk menghadapi lawan berikutnya.

“Suara gemuruh penonton cukup membuat kita kaget. Indonesia memang bagus serangannya,” ujarnya.

Indonesia langsung berinisiatif menyerang begitu pertandingan dimulai. Dukungan dari ribuan suporter yang memadati GOR POPKI makin menyulut motivasi Venard cs untuk tampil maksimal.

Gol pertama pun tercipta melalui tendangan keras Sayan yang langsung bersarang di gawang Filipina pada menit ketiga.

Selang beberapa detik, giliran Indra yang menggetarkan jala gawang lawan, disusul Sayan yang kembali menyarangkan si kulit bundar tanpa sanggup dihalau kiper. Indonesia unggul 3-0 di awal pertandingan.

Dalam kondisi tertinggal cukup jauh, Filipina terpancing untuk memperkecil kedudukan. Misagh dan Ariel mencetak gol pada menit ke-9. Disusul Edward yang mencetak gol tiga menit kemudian.

Namun gol Misagh langsung dibalas Hairul hingga Indonesia unggul 4-3 saat turun minum.

Kepercayaan diri pemain Indonesia semakin menjadi pada babak dua dengan terus menerus menekan pertahanan lawan hingga tidak menghiraukan kondisi belakang pertahanan yang kosong hingga serangan balik Ariel berhasil membuahkan gol di menit ke-21, disusul gol Misagh di menit ke-24. Skor 5-4 untuk keunggulan Filipina.

Robby pun harus mengubah strategi perlawanan dan mengembalikan fokus pemain. Hasilnya, lima gol berturut-turut diciptakan Indonesia pada menit ke-22 oleh tendangan Indra. Disusul tendangan bebas Afif di menit ke-28. Skor 6-5 untuk Indonesia.

Tambahan gol dari Jaeani, Sayan, dan Stefanus menutup pertandingan dengan kemenangan telak bagi Indonesia. (ant/mac)
http://www.bola.net/seagames2011/futsal-indonesia-raih-kemenangan-pertama-def9a6.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s