Sakit karena Rokok Tidak Boleh Pakai Surat Tidak Mampu

Metrotvnews.com, Jakarta: Dinas Kesehatan DKI Jakarta sedang mengkaji rencana pencabutan bantuan kesehatan bagi warga kelas menengah ke bawah yang terbukti sakit karena merokok. Warga miskin harus membiayai sendiri semua biaya pengobatan penyakit yang diakibatkan rokok.

“Kalau nanti masyarakat miskin yang terjangkit penyakit akibat merokok, tidak akan dibiayai ataupun dilayani pengobatannya melalui SKTM (surat keterangan tidak mampu),” tegas Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Dien Emawati, seusai menghadiri Peluncuran National Kawasan Tanpa Rokok di Lingkungan Seluruh Fasilitas dan Forum Muhammadiyah, di Gedung Pusat Dakwah Muhammadiyah, Jakarta Pusat, Senin (14/11).

Dien mengaku kebijakan tersebut masih dalam kajian mendalam. Nantinya, setiap penduduk yang mengajukan bantuan kesehatan harus dianalisis terlebih dahulu faktor penyebab penyakitnya. “Memang tak bisa begitu saja diaplikasikan butuh persiapan dan pengkajian,” imbuhnya.

Faktanya, lanjut Dien, perokok yang berasal dari keluarga miskin di DKI Jakarta jauh lebih banyak. Menurut Dien, kebijakan tersebut dapat secara efektif mengurangi angka perokok di Jakarta. Para perokok harus merasakan bagaimana beratnya membiayai penyakit akibat merokok.

“Itu (biaya pengobatan) risikonya. Sudah berkali-kali disosialisasikan merokok itu berbahaya. Padahal tidak ada ruginya berhenti merokok. Kalau sehat justru malah semakin produktif bekerja,” sindirnya.

Padahal, Dien menilai, dengan kondisi finansial masyarakat menegah ke bawah, warga seharusnya mengalihkan biaya membeli rokok untuk memenuhi kebutuhan keluarga. “Tadi dipaparkan sebagian besar penghasilan masyarakat yang merokok habis untuk rokok daripada untuk pendidikan dan kesehatan,” ujarnya.(MI/BEY)
http://www.metrotvnews.com/mobile-site/read/news/2011/11/14/71763/Sakit-karena-Rokok-Tidak-Boleh-Pakai-Surat-Tidak-Mampu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s