Tingkat Kepuasan Terhadap SBY-Boediono Turun di Bawah 50%

detikcom – Jakarta, Tingkat kepuasan masyarakat terhadap pemerintahan SBY-Boediono turun di bawah 50 persen. Ketidakpuasan itu khususnya terletak di bidang ekonomi dan hukum.

“Tingkat kepuasan SBY-Boediono di bawah 50 persen ini merupakan lampu kuning untuk perbaikan kinerja SBY-Boediono ke depan. Apalagi jika melihat rating SBY pada Agustus 2010 yang cenderung stagnasi dan tidak menunjukkan popularitas,” kata Direktur Eksekutif Indo Barometer, M Qodari.

Hal itu disampaikan dalam acara jumpa pers Evaluasi Reformasi dan 18 Bulan Pemerintahan SBY-Boediono, di Hotel Atlet Century, Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (15/5/2011). Hadir pula dalam acara tersebut Pengamat Politik Ray Rangkuti dan Pengamat Ekonomi Faisal Basri.

Dari hasil survei yang sama, hanya 36,1 persen masyarakat yang puas terhadap kepemimpinan Wakil Presiden Boediono. Ketidakpuasan masyarakat terhadap SBY-Boediono, menurut Qodari terutama masalah ekonomi, karena masih banyak pengangguran dan kurangnya lapangan kerja. Sementara masalah hukum, adalah belum terselesaikannya kasus seperti pemberantasan korupsi, tragedi Trisakti dan kerusuhan Mei 1998.

Survei dilakukan pada 25 April-4 Mei 2011 yang diikuti 1.200 responden dengan komposisi gender seimbang. Responden dipilih secara random sampling dan berusia 17 tahun keatas. Wawancara dilakukan secara berhadapan dan dilaksanakan di seluruh provinsi di Indonesia.

“Dari survei itu, sebanyak 28,2 persen menilai keadaan lebih buruk daripada masa Orde Baru dan 27,2 persen menunjukkan keadaan sama saja. Hanya sekitar 22,8 persen yang menyatakan reformasi masih lebih baik dari Orba,” imbuhnya.

Temuan hasil tersebut, lanjut Qodari, berbanding lurus dengan presiden favorit. Soeharto masih menjadi presiden paling favorit dengan 36,5 persen memilih Soeharto presiden paling baik.
http://m.detik.com/read/2011/05/15/174803/1640238/10/tingkat-kepuasan-terhadap-sby-boediono-turun-di-bawah-50

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s