Valencia 1 – 1 Chelsea

Gelandang Chelsea, Frank Lampard (kedua dari kanan) disambut Ramires dan Fernando Torres, setelah membobol gawang Valencia pada lanjutan penyisihan Liga Champions Grup E, Rabu atau Kamis (29/9/2011) dini hari WIB. Namun, Valencia akhirnya membalas dan memaksakan hasil imbang 1-1.
Photo: AFP/JOSE JORDAN

VALENCIA, KOMPAS.com — Striker Roberto Soldado mencetak gol lewat titik putih pada menit ke-88 yang membuat Valencia terhindar dari kekalahan. Valencia akhirnya bermain imbang 1-1 lawan Chelsea dalam laga kedua babak penyisihan Grup E Liga Champions, Rabu atau Kamis (29/9/2011) dini hari WIB. Chelsea sempat unggul pada menit ke-56 lewat gol Frank Lampard.

Tampil sebagai tim tamu, Chelsea justru mengancam gawang Valencia lebih dulu. Umpan Juan Mata pada menit ke-6 disambut oleh Ashley Cole dengan tendangan. Namun, kiper Valencia, Diego Alves, masih sigap mengawal gawangnya dari kebobolan.

Pada menit ke-14, Frank Lampard yang mencoba peruntungannya. Lewat tendangan bebas, Lampard mengarahkan bola ke arah gawang Valencia. Tetapi, Diego Alves tetap mampu mematahkan peluang Chelsea tersebut.

Valencia baru bisa melakukan percobaan pada menit ke-24. Upaya dari Pablo Hernandez hampir saja membuat Valencia unggul terlebih dulu jika bola hasil tendangannya tepat menemui sasaran.

Kedua tim terus berusaha untuk menembus pertahanan lawannya. Meski demikian, upaya tersebut sulit terealisasi karena terbentur pertahanan yang kokoh dari masing-masing tim. Kedudukan 0-0 pun akhirnya bertahan hingga jeda.

Di babak kedua, Chelsea terus berupaya untuk menjebol gawang tuan rumah. Pada menit ke-51, tandukan Fernando Torres sempat mengancam gawang Valencia. Tetapi, bola hasil tandukannya masih bisa diselamatkan oleh Diego Alves.

Tiga menit berselang, Diego Alves kembali melakukan penyelamatan gemilang untuk menghentikan aksi Torres yang mencoba memanfaatkan umpan Juan Mata.

Kegemilangan Diego Alves berakhir pada menit ke-56. Bola hasil tendangan keras Frank Lampard dari jarak 16 kaki tak mampu dihalau oleh Diego Alves. Chelsea pun unggul 1-0.

Valencia tentu tak tinggal diam. Tertinggal satu gol membuat pemain Valencia makin terlecut motivasinya untuk menyamakan kedudukan.

Pada menit ke-70, pemain pengganti Pablo Piatti berhasil melepaskan tendangan ke arah gawang. Tetapi, kiper Peter Cech masih sanggup menghalau bola untuk masuk ke gawangnya.

Selang empat menit, Cech kembali menyelamatkan gawangnya seusai mematahkan peluang dari pemain pengganti lainnya, Sofiane Feghouli. Pada menit ke-76, giliran upaya Adil Rami yang dimentahkan oleh kiper asal Ceko tersebut.

Satu menit berselang, Chelsea yang balik mengancam. Tendangan dari Florent Malouda membuat Diego Alves kembali harus bekerja keras untuk menyelamatkan gawangnya.

Sial bagi Chelsea. Saat mereka berusaha keras untuk mempertahankan keunggulan, pemain pengganti Salomon Kalou bertindak bodoh dengan meninju bola saat mengantisipasi tendangan sudut Valencia. Wasit pun tak berpikir panjang untuk memberikan penalti kepada tuan rumah. Soldado yang dipercaya sebagai algojo tak menyia-nyiakan peluang emas yang ada. Kedudukan pun imbang 1-1 pada menit ke-88.

Pada sisa menit yang ada, Chelsea berupaya untuk mencuri gol demi meraih tiga poin. Tetapi, upaya dari Anelka masih bisa diselamatkan oleh Diego Alves. Kedudukan 1-1 pun tak berubah hingga akhir pertandingan.

Susunan pemain
Valencia: Diego Alves; Rami, Victor Ruiz, Mathieu (Piatti 58), Miguel; Albelda, Ever Banega (Jonas 72), Canales, Jordi Alba, Pablo Hernandez (Feghouli 73); Soldado

Chelsea: Cech; Bosingwa, David Luiz, Terry, Cole; Ramires (Meireles 67), Mikel, Lampard (Kalou 83); Mata, Torres (Anelka 72), Malouda

Wasit: Nicola Rizzoli
http://m.kompas.com/news/read/2011/09/29/03442460/Penalti.Soldado.Paksa.Chelsea

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s