Enam Pernyataan Kontroversial Marzuki Alie

JAKARTA – Sejak menjabat sebagai Ketua DPR, Marzuki Alie kerap melontarkan pernyataan kontroversial. Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat ini acapkali keceplosan berbicara sehingga menimbulkan polemik di publik.

Pekan lalu, Marzuki mewacanakan pembubaran Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan program pemberian maaf bagi koruptor. Meski dikecam, pria kelahiran Palembang, 6 November 1955 yang juga Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat ini, berdalih hanya berniat membuka ruang diskusi mengenai keberadaan KPK.

Inilah enam pernyataan kontroversial Marzuki Alie;

15 September 2010

Publik melalui lembaga pemerhati parlemen menyoroti sederet agenda kunjungan kerja DPR. Publik menilai kunjungan kerja itu hanya kedok dari plesiran semata. Namun, Marzuki membela, menurutnya kunjungan kerja ataupun studi banding merupakan kewajiban anggota dewan dan sudah diatur dalam Undang-Undang terkait.

“Jangan dilihat rupiahnya. Anggota DPR berangkat sesuai aturan uang dinas yang diatur SK Menkeu soal perjalanan dinas. Mereka dapat uang dinas dan transpor. Ke luar negeri itu jangan dilihat sebagai pemborosan,” katanya.

27 Oktober 2010

Di tengah duka ratusan masyarakat Mentawai, Sumatera Barat akibat bencana gelombang tsunami, Marzuki di Jakarta malah menyalahkan warga yang memilih bermukim di pinggiran pantai.

“Ya kalau takut kena ombak, jangan tinggal di tepi pantai,” ujarnya. Belakangan, Marzuki meralat pernyataannya. Dia menyebut hanya memberi masukan agar pemerintah mulai merelokasi warga yang tinggal di pinggiran pantai untuk menghindari bencana serupa

26 Februari 2011

Memasuki awal tahun, ucapan kontroversial Marzuki kembali menjadi pemberitaan media massa. Dalam diskusi, Marzuki meminta pengiriman tenaga kerja wanita (TKW) ke Arab Saudi dihentikan. “Saya setuju pengiriman TKW dihentikan sementara, karena membuat citra Indonesia buruk,” ujarnya.

Selang dua hari kemudian,  Marzuki  menggelar jumpa pers di ruangannya di Gedung Nusantara III, Kompleks DPR/MPR. Mantan komisaris perusahaan BUMN itu menyebut media massa telah memotong pernyataannya sehingga menjadi salah tafsir.

1 April 2011

Heboh pembangunan gedung baru yang nilainya sempat Rp1,7 triliun membuat Marzuki kewalahan. Dia selalu menegaskan pembangunan gedung baru sangat diperlukan mengingat gedung yang kini ditempati sudah tidak layak menampung anggota dewan dengan para staf ahli.

Akan tetapi, dalam kesempatan wawancara, Marzuki mengungkapkan kekesalannya atas kritik banyak pihak terkait pembangunan gedung baru. Marzuki bahkan menyebut pembicaraan gedung anggota dewan itu hanya diperuntukan para ahli bukan rakyat biasa.

“Ini cuma orang-orang elite yang paham yang bisa membahas ini. Rakyat biasa enggak bisa dibawa-bawa. Rakyat bisa pusing pikirannya,” katanya

13 April 2011

Serangan ulat bulu di berbagai daerah termasuk Ibu Kota Jakarta ikut ditanggapi Marzuki. Dia menyebut serangan ulat bulu merupakan peringatan Tuhan agar semuanya berbenah diri. “Itu sebagai peringatan Tuhan supaya kita introspeksi untuk melakukan evaluasi diri apa yang harusnya kita perbaiki,” tuturnya.

29 Juli 2011

Kecewa dengan kredibilitas dan integritas pimpinan KPK, Marzuki secara spontan mewacanakan pembubaran komisi antikorupsi tersebut. Pembubaran kata dia bisa dilakukan bila pimpinan KPK Chandra M Hamzah dan Ade Raharja terbukti bertemu dengan Muhammad Nazaruddin untuk membahas penanganan perkara.

Kedua, KPK bisa dibubarkan bila panitia seleksi tidak bisa menjaring calon pimpinan KPK yang terbaik untuk mengisi kepemimpinan periode 2011-2015.
 
“Kalau lembaga adhoc ini sudah tidak dipercaya, apa gunanya kita dirikan lembaga adhoc ini? Kalau memang terbukti, perlu dipikirkan kembali, apakah bedol desa, apakah lembaganya dibubarkan,” katanya.

Selain itu, Marzuki juga mengusulkan program pemberian maaf bagi koruptor. Dia yakin dengan memberi maaf, aset jarahan milik koruptor bisa disita 20 persennya untuk digunakan sebagai investasi pembangunan dalam negeri.

(fer)
http://m.okezone.com/read/2011/08/01/339/486495/ini-enam-pernyataan-kontroversial-marzuki-alie

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s