Posisi Timnas Indonesia di Undian Putaran Grup Piala Dunia 2014

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Husein Sanusi
TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Tim Nasional (Timnas) Indonesia akan menghadapi jalan terjal pada putaran ketiga (putaran grup) Kualifikasi Piala Dunia 2014. Indonesia berpeluang bertemu tim kuat Jepang dan Korea Selatan (Korsel) dalam satu grup.

Tim Garuda lolos ke babak ketiga setelah menyingkirkan Turkmenistan di kualifikasi putaran kedua dengan agregat 5-4. Firman Utina dkk bergabung bersama 14 tim pemenang kualifikasi putaran kedua lainnya dan lima tim peringkat Asia teratas yang langsung lolos ke putaran ketiga (Jepang, Korsel, Australia, Korea Utara, dan Bahrain).

Undian grup akan digelar di Marina da Gloria, Rio de Janeiro, Brasil, pada Sabtu (30/7/2011) pukul 15.00 waktu setempat atau Minggu (31/7/2011) pukul 03.00 WIB. Sistem pembagian tim peserta di putaran ketiga ini dibagi atas empat Pot berdasarkan daftar unggulan dan peringkat FIFA.

Dengan peringkat FIFA terakhir yakni 137, Indonesia berada di Pot 4 bersama Korea Utara, Thailand, Singapura, dan Lebanon. Tim Merah Putih masuk tim underdog -bukan unggulan.

Adapun Pot 1 yang merupakan tim-tim unggulan pertama diisi Jepang, Australia, Korsel, Iran, dan China. Sementara di Pot 2 ada Uzbekistan, Qatar, Jordania, dan Arab Saudi. Sedangkan di Pot 3 ada Bahrain, Suriah, Oman, Irak, dan Uni Emirat Arab (UEA).

Dari pembagian tersebut, Indonesia punya kans berada satu grup dengan raksasa-raksasa Asia. Ke-20 tim akan dibagi ke dalam lima grup dengan masing-masing grup terdiri dari empat tim.

Indonesia akan bertemu satu dari tim di Pot 1, yaitu Jepang, Korsel, Australia, Iran, atau China. Kemudian Uzbekistan, Qatar, Jordania, atau Arab Saudi dari Pot 2. Selanjutnya Bahrain, Suriah, Oman, Irak, atau UEA dari Pot 3.

Putaran ketiga zona Asia akan dimulai pada 2 September hingga 29 Februari 2012 dan Indonesia akan menjalani enam laga yang berat. Dari lima grup yang ada, hanya juara serta runner up yang berhak melaju ke putaran keempat.

“Fase berikutnya akan sangat sulit. Dengan berisi empat negara tiap grupnya, kalau ingin lolos kita harus menempati posisi pertama atau kedua,” kata Pelatih Indonesia, Wim Rijsbergen. Pelatih asal Belanda ini menyatakan siap menghadapi siapapun.

“Setelah mengetahui negara-negara mana saja yang akan kita hadapi, kita akan melakukan segala hal untuk mengumpulkan informasi tentang lawan,” ujarnya.

Jika berhasil melewati putaran ketiga, Indonesia bersama sembilan tim lainnya masih akan melewati fase grup di putaran keempat. Fase ini dibagi dua grup dengan masing-masing lima tim digelar 3 Juni 2012 hingga 18 Juni 2013.

Juara dan runner up grup lolos langsung ke putaran final Piala Dunia 2014 di Brasil, sementara untuk peringkat ketiga grup akan menjalani playoff dengan wakil zona Oceania.
Penulis : Husein Sanusi
Editor : Hasiolan Eko P Gultom
http://m.tribunnews.com/2011/07/30/posisi-timnas-indonesia-di-undian-putaran-grup-piala-dunia-2014

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s