Ketua Nasdem Sumbar Mengundurkan Diri

Baharuddin Mundur dari Nasdem
PADANG, BiO— Akhirnya, Baharuddin membuktikan ucapannya. Bupati Pasaman Barat ini menyatakan tidak aktif dari Ormas Nasional Demokrat, walau sebelumnya dia merupakan ketua tim sembilan yang bertugas menyusun kepengurusan Nasdem Wilayah Sumatera Barat.

Baharuddin sebagaimana dikatakannya kepada BiNNews Kamis (13/1), tepatnya sehari sebelum dideklarasikan Nasdem Wilayah Sumbar di Hotel Pangeran Beach Padang, bahwa dirinya tidak akan hadir saat deklarasi, Bahar pun tidak terlihat saat deklarasi yang dihadiri tokoh-tokoh penting seperti Jefrie Geovanie, Muftia Hafid, Mantan Gubernur Marlis Rahman.

Tim sembilan merupakan tim yang dibentuk Nasdem pusat untuk menyusun kepengurusan Nasdem Sumatera Barat, diketuai oleh Baharuddin, anggotanya terdiri dari nama-nama beken seperti Yosmeri, Dasman Lanin, Bachtul,  Irfendi Arbi, Chairul Darwis, Endarmi, Apris Yaman dan Mahardi Efendi.

Tak aktifnya Baharuddin lebih disebabkan karena kepengurusan Nasdem Sumbar banyak diisi oleh orang-orang yang tidak lagi terpakai di partai.

“Secara prinsip, Nasdem untuk restorasi Indonesia yang berarti akan berusaha membaikkan Indonesia di segala bidang saya sepakat. Namun sepakat di mulut saja tentu belum cukup. Ketika harus gotong royong mengeluarkan dana untuk kepentingan Nasdem, sayangnya beberapa anggota tim sembilan tidak bersedia iuran. Saya lihat, orang di tim sembilan tersebut merupakan mantan tokoh-tokoh partai yang kini tidak lagi aktif jadi pengurus,” kata Bahar.

Selain itu katanya, “Besok pagi mau deklarasi,  sebagai ketua tim sembilan hingga saat ini (Kamis) senja, saya belum mendapatkan surat keputusan tentang kepengurusan. Melihat kondisi demikian, saya pikir baiknya saya tidak ikut deklarasi dan mungkin tidak akan di Nasdem nantinya, apalagi saya merupakan salah seorang kader PPP,” kata Baharuddin.

Ketua Umum Nasdem Suryo Paloh saat pidatonya menyampaikan ”Nasdem akan tetap menjadi ormas yang menampung semua kalangan masyarakat Saat ini demoralisasi yang dapat menghambat pertumbuhan bangsa dan negara kita yang jauh tertinggal dibandingkan dengan negara asia lainya, maka dari itu mari kita bersama – sama memikirkan nasib bangsa kedepan dengan bergabung bersama Nasional Demokrat,” katanya berapi-api sembari berharap dukungan dukungan penuh dari masyarakat Minang khususnya.

Surya Paloh sekaligus mengukuhkan Prof James Hellyward sebagai Ketua Nasdem Wilayah Sumbar.
http://www.binnewsonline.com/berita/121/baharuddin-mundur-dari-nasdem.html

Ketua Nasdem Sumbar Mengundurkan Diri
Setelah Ketua Dewan Penasihat sekaligus pendiri Ormas Nasional Demokrat (Nasdem) Sri Sultan HB X mundur dan diikuti oleh Ketua Umum DPW Nasdem Maluku, Yogyakarta, Jawa Barat, dan Jawa Tengah, Rabu (20/7) kemarin, Ketua Umum DPW Nasdem Sumbar James Helliward resmi turut mengundurkan diri dari Ormas yang dibentuk oleh pengusaha dan politisi Surya Paloh itu.

“Saya teknorat bukan politisi, dan saya simak di Rapimnas Januari lalu, kalau Ormas Nasdem itu punya ambisi sosial tidak akan berpolitik praktis, namun munculnya Partai Nasdem yang jelas mengedepankan ambisi politik, ini sudah tidak sejalan lagi dengan Restorasi Indonesia yang menjadi ikon Nasdem yang saya pahami,”ujarnya.

Menurut James kemunculan partai Nasdem ternyata banyak prinsip-pronsip yang dicita-citakan dari restorasi itu sendiri yang dilanggar.

“Sebenarnya sejak dikukuhkan lima bulan lalu saya sudah lowbatt, karena saya menangkap adanya gerakan untuk mengubah ormas ini menjadi partai politik, karena DPW Nasdem Sumbar didominasi oleh orang partai politik,” ujar Ketua Umum Ikatan Keluarga Padang ini.

Parahnya lagi saat Partai Nasdem dibentuk, oleh orang yang dikepengurusan Ormas Nasdem adalah wakil-wakil James DPW Ormas Nasdem.

“Jelas fokus untuk membesarkan Ormas tidak ada lagi sehingga Ormas Nasdem layu sebelum berkembang. Dan saya dalam hidup berprinsip, komitmen, dan harga diri adalah harga mati, ketika tidak ada kordinasi dengan saya berarti saya sudah tidak dianggap lagi, saya gagal membesarkan Ormas Nasdem di Sumbar, sangat tepat saya menyatakan mundur,” kata James Helloward.

Meski James mundur sebagai sikap pribadi, tapi kemundurannya diikuti oleh banyaknya akademisi yang selama lima bulan ini ikut membesarkan Ormas Nasdem di Sumbar. Di antara yang ikut mundur itu adalah Marlis Rahman (Ketua Dewan Pertimbangan), Yuliandre Darwis (Sekretaris Dewan Pertimbangan), Asdi Agusta (inisiator Nasdem Sumbar), Rusmazar Ruzuar (Wakil ketua Dewan Pertimbangan), Sayuti Dt Rajo Penghulu (Deklarator Nasdem), dan Yuliasman Djamas (Wakil Ketua DPW Nasdem Sumbar).

Bahkan banyak akademisi yang tergabung baik inisiator maupun deklarator serta pengurus DPW akan mengikuti langkah yang sama. “Mungkin semua akademisi yang tergabung dalam Ormas Nasdem besok juga mengikuti hal yang sama dengan yang saya lakukan,” ujarnya. n Adrian Tuswandi
http://nasional.jurnas.com/mobile/show/177110?halaman=4&selecteddate=2011-07-21

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s