Johan Budi dan Ade Rahardja Pernah Bertemu Nazaruddin

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memutuskan mengundurkan diri dari jabatan yang digenggamnya sejak lima tahun lalu. Sebagai hadiah terakhirnya kepada wartawan, Johan mengungkapkan fakta mengejutkan terkait tindakannya yang pernah menemani Deputi Penindakan KPK Ade Rahardja menemui dua anggota DPR di sebuah restoran Jepang di kawasan Casablanca Jakarta pada sekitar awal tahun 2010 lalu.

Menurut Johan, dirinya diajak Ade menemaninya untuk menjadi saksi bahwa pertemuan yang berlangsung malam hari setelah maghrib itu sama sekali tak terkait dengan penanganan suatu kasus di KPK. Seusai bertemu dengan dua anggota DPR itu, Johan dan Ade pun kembali ke KPK.

“Sejak Cicak-Buaya, ada aturan tak tertulis, siapapun yang bertemu terkait dengan tugas harus didampingi dan tidak boleh sendiri,” ujar Johan mengungkap alasan Ade membawanya kala itu, di Gedung KPK, Jakarta, Selasa (26/7/2011).

Uniknya, meski turut menemani Ade saat itu, Johan mengaku tak mengetahui materi pembicaraan antara Ade dan dua anggota DPR. Pasalnya saat itu, dirinya mengaku duduk di meja yang berbeda dengan ketiganya. “Saya hanya makan,” tuturnya.

Johan juga mengaku lupa sosok dua anggota DPR yang ditemui Ade saat itu. Disebut-sebut, anggota DPR yang ditemui Ade Rahardja itu adalah M Nazaruddin dan Saan Mustofa. “Saya tidak ingat itu Nazaruddin atau bukan. Saya tidak tahu itu Nazaruddin atau bukan,” ujarnya.

Johan sadar tindakannya itu dapat digolongkan pelanggaran kode etik.Oleh karenanya dia pun siap menjalani pemeriksaan tim internal KPK. Johan mengaku, dirinya sudah mengklarifikasi hal ini pada pengawasan internal.

Disinggung apakah pengunduran dirinya sebagai Juru Bicara berkaitan dengan pengakuan mengejutkannya ini, Johan menampiknya.
Penulis : Vanroy Pakpahan
Editor : Johnson Simanjuntak
http://m.tribunnews.com/2011/07/26/johan-dan-ade-sempat-bertemu-nazaruddin


Ade Rahardja Akui Temui Nazaruddin 2 Kali

VIVAnews – Deputi Penindakan Komisi Pemberantasan Korupsi, Ade Rahardja, mengakui telah bertemu dengan bekas Bendahara Umum Partai Demokrat Muhammad Nazaruddin. Pertemuan dilakukan dua kali.

“Pertemuan pertama sekitar 2009, saya didampingi oleh Johan Budi,” kata Ade Rahardja saat dihubungi VIVAnews.com, Selasa 26 Juli 2011.

Ade menjelaskan, dalam pertemuan itu, dirinya hanya bersilaturahmi dengan Nazaruddin di sebuah restoran Jepang di daerah Casablanca, Jakarta. Ade mengaku Nazaruddin sebagai anggota Komisi Hukum ingin berkenalan dengan personel di KPK.

“Kebetulan saat itu dia (Nazaruddin) Komisi III DPR dan mau kenalan. Untuk mencegah fitnah, saya minta didampingi Johan,” jelasnya.

Setelah pertemuan itu, menurut Ade, Nazaruddin juga kembali menghubunginya untuk bertemu. Akhirnya, di tempat yang sama, Ade pun kembali bertemu dengan Nazaruddin. “Pertemuan kedua ini terjadi setelah lebaran 2010,” ujarnya.

Dalam pertemuan ini, Ade mengaku juga didampingi oleh orang KPK, yakni penyidiknya, Rony Samtana. “Dia (Nazaruddin) katanya mau silaturahmi setelah Lebaran. Dalam pertemuan saya didampingi Rony Samtana,” ujarnya.

Sebelumnya, Juru Bicara KPK juga mengakui pernah diajak Ade Rahardja bertemu anggota DPR. Namun, dia mengaku lupa nama anggota DPR yang ditemuinya.

Lantas, apa isi pertemuan yang mereka bicarakan saat itu? “Saya nggak tahu, Pak Ade hanya mengajak saya untuk menemani agar tidak ada tuduhan atau fitnah. Itu salah satu yang saya katakan, BBM Nazar yang mengatakan nama saya, tadi siang saya lapor ke pengawasan internal Pak Handoyo apa yang saya bicarakan dengan wartawan Tempo dan saat rapim juga saya katakan hal ini pada pimpinan KPK,” jawab Johan. (umi)
http://us.wap.vivanews.com/news/read/236006-ade-rahardja-akui-temui-nazaruddin-2-kali

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s