Anas Tebar Dana saat Kongres adalah Fakta

PEKANBARU–MICOM: “Nyanyian” mantan Bendahara Umum DPP Partai Demokrat Muhammad Nazaruddin soal praktek money politics pembagian dana proyek APBN ke DPD dan DPC Partai Demokrat saat kongres Bandung pada 2010 adalah fakta dan kebenaran.

Para pengurus DPD dan DPC rata-rata mendapatkan uang titipan dari Anas Urbanigrum sebesar Rp50 juta hingga Rp100 juta per DPC. Yang membagikan uang tersebut adalah tim sukses Anas, yakni Muhammad Nazaruddin, Muhammad Nasir, Jhony Allen, dan almarhum Adji Massaid.

”Mereka (Muhammad Nazaruddin, Nasir, Jhony Allen, dan Adji Massaid) tak menyuruh untuk memilih Anas, tapi hanya bilang ini titipan dari Mas Anas Urbaningrum. Bagi-bagi uang di kongres itu pada saat putaran terakhir Marzuki Alie lawan Anas Urbanigrum,” kata seorang kader Demokrat dari Riau yang ikut dalam kongres itu, di Pekanbaru, Rabu (20/11).

Dia mengungkapkan pembagian uang dilakukan secara terbuka di tengah-tengah lokasi kongres di Bandung, pada Mei 2010 lalu. Pembagian dana juga dilakukan kubu Anas Urbanigrum melalui empat operator tersebut di markas kubu Anas di Hotel Aston Pasteur dan Hotel Sultan.

“Sebelumnya, beberapa kali kubu Anas juga mengumpulkan pengurus DPC-DPC di daerah masing-masing seperti di Sumatra Utara dan sebagainya. Di sana juga ada transaksi,” jelasnya yang pada saat kongres tersebut mendukung Andi Malarangeng.

Menurutnya, bukti rekaman CCTV praktek politik uang itu saat ini dipegang oleh Marzuki Alie. Pasalnya, Marzuki Alie yang saat itu hanya memerlukan 40 suara dari jumlah 215 suara yang telah mendukung mendadak kalah suara dalam pemilihan putaran kedua melawan Anas.

Anas unggul 280 suara (53%) dari Marzuki Alie 248 suara (47%) dengan total 530 suara. Padahal Marzuki kala itu sudah mendapat dukungan dari Andi Malarangeng yang tersisih kalah pada putaran pertama.

“Marzuki Alie dan Andi Malarangeng tahu betul tentang money politics yang dilakukan Anas Urbaningrum di kongres itu. Bahkan kubu Marzuki pegang bukti rekaman CCTV-nya. Mereka sekarang masih menahan diri,” tambahnya. (RK/OL-3)

Sumber: Politik Media Indonesia
http://suarademokrasi.com/anas-tebar-dana-saat-kongres-adalah-fakta.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s