Panja Mafia Hukum Menilai Andi Nurpati Berperan dalam Pemalsuan Surat Suara

[JAKARTA] Peran Andi Nurpati dalam pemalsuan surat suara sudah jelas, kata Ketua Panja Mafia Hukum Chaeruman Harahap di Jakarta, Senin (18/7). Dikatakannya, secara hukum keputusan bersalah atau tidaknya Andi Nurpati berada dalam keputusan hakim, namun Panja Mafia Hukum, menilai Andi Nurpati memiliki peran besar dalam pemalsuan surat suara.

“Karena, dia yang menyimpan surat suara palsu itu,” kata Chaeruman Harahap.

Lebih lanjut ia menerangkan, Andi Nurpati memiliki dan menerima surat palsu keputusan Mahkamah Konstitusi (MK), artinya, kata Chairuman Harahap, Andi Nurpati sudah jelas terbukti  terlibat. 

Sementara itu Wakil Ketua Panja Mafia Pemilu Ganjar Pranowo menerangkan, sebaiknya Andi Nurpati jangan berkelit dan menyangkal keterlibatannya dalam pemalsuan surat suara. Karena anggota staff dia di KPU mengakui segala hal-hal yang menunjukkan keterlibatan Andi Nurpati.

“Yang menjadi persoalan kalau dia tidak mengakuinya, padahal staff-staffnya sudah mengakui,” jelasnya.

Senada dengan Chaeruman Harahap, Ganjar mengakui bahwasannya DPR tidak bisa menilai Andi Nurpati salah atau tidak, yang bisa dilakukan DPR hanya mencatat untuk memberi rekomendasi kepada aparatur hukum.

Selain itu dirinya menceritakan keganjilan kasus tersebut. Menurutnya perkara itu diawali dari hasil investigasi MK yang mengatakan adanya surat palsu, lantas MK segera membuat tim internal dan mengeluarkan putusan serta memberikan sanksi kepada Juru Panggil MK Mashuri Hasan, yang kini sudah ditetapkan menjadi tersangka dalam kepolisian.

KPU, menurut Ganjar tidak seperti MK yang segera membentuk tim internal untuk menyelidiki perkara adanya surat palsu. Salah satu yang menjadi pertanyaan besar keberadaan surat palsu yang dikirim melalui faksimile tetapi ketika ditelusuri nomor faks tersebut sudah mati,

 “Faks dikirim tetapi tidak ada yang tahu, maka seperti jalangkung datang tidak diundang pulang tidak diantar. Mulai dari situ ditelusur,” kata dia. (ECS/L-9)
http://www.suarapembaruan.com/home/panja-mafia-hukum-menilai-andi-nurpati-berperan-dalam-pemalsuan-surat-suara/9121

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s