Fulus Nazaruddin untuk Petinggi Demokrat


11 Juli 2011
Salak dan Apel dalam Catatan Nazaruddin
Di tempat persembunyiannya, Muhammad Nazaruddin membuka catatan-catatannya. Mantan Bendahara Umum Partai Demokrat itu menyatakan menghabiskan US$ 20 juta untuk kongres partainya di Bandung, Mei tahun lalu. “Lima juta dolar dibawa tunai dari kantor saya,” kata pria 32 tahun yang kini menjadi tersangka perkara korupsi proyek wisma atlet SEA Games XXVI itu.

Nazaruddin menyebutkan duit dibawa Yulianis, yang ia sebut sebagai anggota staf bagian keuangan perusahaannya, pada hari pelaksanaan kongres. Ia tidak menjelaskan secara terperinci sumber dan penggunaan dana untuk acara lima tahunan partainya itu. Anggota Dewan Perwakilan Rakyat yang kabur itu-kepada Tempo ia menyatakan berada di Singapura-hanya mengatakan sebagian disetorkan untuk Anas Urbaningrum, Andi Mallarangeng, dan Edhie Baskoro Yudhoyono.
http://majalah.tempointeraktif.com/id/arsip/2011/07/11/LU/mbm.20110711.LU137233.id.html

M. Nazaruddin:
Soal Uang, SBY Sudah Tahu
Dari tempat pelariannya, bekas Bendahara Umum Partai Demokrat Muhammad Nazaruddin, 32 tahun, terus menebar tudingan. Setelah menuduh sejumlah petinggi partai terlibat korupsi di proyek pemerintah, kini ia sesumbar tentang perannya dalam Kongres Partai Demokrat yang mengantarkan Anas Urbaningrum ke kursi ketua umum partai pemenang Pemilu 2009 itu.

Komisi Pemberantasan Korupsi telah menetapkannya sebagai tersangka. Politikus Demokrat juga rame-rame telah melaporkannya ke polisi karena ia dianggap menebar fitnah. Tapi Nazar tak surut.
http://majalah.tempointeraktif.com/id/arsip/2011/07/11/LU/mbm.20110711.LU137235.id.html

Edhie Baskoro Yudhoyono:
Haram bagi Saya Terima Uang
Edhie Baskoro Yudhoyono, Sekretaris Jenderal Partai Demokrat, tercatat dalam pengeluaran uang perusahaan Muhammad Nazaruddin, tersangka korup-si proyek wisma atlet SEA Games XXVI. Di situ disebutkan pencairan dana dilakukan menjelang kongres di Bandung, Mei tahun lalu. Dimintai wawancara untuk memberikan konfirmasi, Jumat pekan lalu, Ibas-begitu putra bungsu Presiden Susilo Bambang Yudhoyono itu dipanggil-hanya bersedia menjawab pertanyaan melalui pesan di telepon seluler staf ahlinya.

Denny Indrayana, anggota staf khusus Presiden, memastikan jawaban yang dikirimkan kepada Anton Septian dari Tempo itu benar-benar dari Ibas. Berikut ini jawabannya.
http://majalah.tempointeraktif.com/id/arsip/2011/07/11/LU/mbm.20110711.LU137236.id.html

Akhir Kongsi Dua Sekawan
Meski masih ditutup pagar seng, kemegahan rumah itu sudah bisa dilihat. Menurut tukang yang bekerja di situ, total luas bangunan dua lantai itu 1.000 meter persegi. Bangunan luarnya sudah hampir selesai. Satu pendapa besar berbentuk joglo berwarna merah berdiri di halaman rumah, merupakan perpaduan arsitektur Jawa-Bali.

Puluhan pekerja masih terus melanjutkan pembangunan rumah di Jalan Teluk Langsa, Kaveling Angkatan Laut, Duren Sawit, Jakarta Timur, itu. Lurah Duren Sawit Suprapto mengatakan bangunan itu milik Anas Urbaningrum, Ketua Umum Partai Demokrat. Imin, tukang ojek yang mangkal di kompleks itu, menyebutkan bangunan tersebut merupakan tiga rumah yang kemudian disatukan. “Itu akan jadi satu rumah,” katanya.
http://majalah.tempointeraktif.com/id/arsip/2011/07/11/LU/mbm.20110711.LU137237.id.html

Anas Urbaningrum:
Saya Disebut Empu Politik
Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum tercatat dalam daftar penerima dana dari Muhammad Nazaruddin, bekas bendahara umum partai itu. Ia membantah meski mengakui pernah “dipinjami” mobil oleh koleganya itu. Menolak ditemui, Anas, 42 tahun, menjawab pertanyaan Anton Septian dari Tempo melalui pesan pendek telepon seluler.

Anda menerima US$ 250 ribu dari Nazaruddin sebelum kongres?
Tidak benar.
http://majalah.tempointeraktif.com/id/arsip/2011/07/11/LU/mbm.20110711.LU137238.id.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s