Putu Artha: Andi Nurpati Biang Masalah di KPU

DENPASAR–MICOM: Selain tersandung kasus dugaan pemlasuan surat MK, mantan anggota KPU Andi Nurpati ternyata juga diduga terlibat dalam beberapa persoalan yang terkait pemenangan kandidat tertentu.

Menurut anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) I Gusti Putu Artha, Andi Nurpati berupaya meloloskan salah satu partai politik, padahal partai tersebut tak lolos verifikasi.

“Saya tahu hal itu, lantas saya minta dicek ulang. Lantaran tindakan itu pula, pengumuman parpol yang lolos jadi tertunda saat itu,” kata Putu Artha, saat ditemui di Denpasar, Kamis (14/7).

Kasus berikutnya yang diduga melibatkan Andi Nurpati adalah Pemilihan Gubernur Maluku Utara. Saat itu, jelas Artha, pleno diambil alih KPU Pusat dan diharapkan agar total jumlah suara dihitung di Jakarta.

Tetapi, kata Artha, Andi ngotot agar penghitungan didasarkan pada formulir di tiap-tiap kecamatan saja. “Padahal, formulir yang dari kecamatan itulah yang bermasalah, sehingga kami memutuskan untuk menghitung suara di Jakarta saja. Karena bermasalah, saya tidak mau tanda tangan hasil pleno. Dari pukul 1 siang hingga 7 malam saya tak mau tanda tangan,” papar mantan jurnalis di koran lokal Bali ini.

Lalu, sambung Artha, kasus Pemilu Kada Toli-toli, di mana diduga Andi Nurpati memaksakan agar kandidat yang seharusnya gugur lantaran wakilnya meninggal, dipaksakan dicarikan penggantinya.

“Padahal, menurut aturan tidak bisa begitu. Di Toli-toli itu, wakil salah satu kandidat meninggal. Dengan demikian, otomatis pencalonannya gugur. Tidak bisa digantikan,” jelasnya.

Artha menilai hal itu terjadi lantaran karakter dari Andi Nurpati.

“Sampai ada salah satu rekan di KPU mengatakan pantas satu ketika saya diminta pergi dari rapat agar rapatnya tidak kuorum. Teman-teman di KPU tidak sadar dipermainkan. Andi Nurpati itu memang pekerja keras dan menguasai aturan. Itu mengapa beberapa kasus itu terjadi,” imbuh Artha. (OL/OL-10)
http://m.mediaindonesia.com/index.php/read/2011/07/07/241929/284/1/Putu_Artha_Andi_Nurpati_Biang_Masalah_di_KPU

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s