Bahagia Bisa Melawan Penyakit Jantung

TEMPO Interaktif, Jakarta – Penyakit jantung dikenal sebagai pembunuh nomor satu di dunia. Setiap orang baik tua, muda, hingga anak-anak pun berisiko terserang penyakit mematikan ini.

Lalu apa obat paling mujarab untuk menjaga kesehatan jantung? Para peneliti dari Harvard School of Public Health, Boston menyatakan, kebahagiaan bisa menjadi penawarnya. “Perasaan puas pada hidup berefek bagi kesehatan jantung,”begitu hasil penelitian yang dipublikasikan dalam The European Heart Journal belum lama ini.

Peneliti menganalisa tingkat kepuasan 8.000 pegawai pemerintah di Inggris terkait pekerjaan, keluarga, seks, standar hidup, aktivitas rileksasi, serta citra diri. Selama 6 tahun, mereka diminta menilai tingkat kepuasan pada skala 1 (sangat tidak puas) hingga skala 7 (sangat puas).

Hasilnya, semakin tinggi rasa kepuasan yang dimiliki seseorang maka makin rendah risiko seseorang terkena penyakit jantung koroner. Begitu juga sebaliknya.

Sebelumnya, penelitian Psikologi di Universitas California, Los Angeles, Amerika Serikat membuktikan cinta bisa  menyembuhkan penyakit. Karena cinta seseorang menjadi bahagia. “Emosi bereaksi di area otak yang berbeda dan perasaan tidak nyaman bisa diatasi,”kata Profesor Naomi Eisenberger dalam Daily Mail 7 Juli 2011.

Jadi, selalu ingat pesan ini, “Don’t worry, be happy.”
http://m.tempointeraktif.com/2011/07/10/345822/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s