Musikal Ludrukan Kartolo Mbalelo

‘Kartolo Mbalelo’ Ajak Lihat Indonesia Secara Jenaka

detikcom – Jakarta, Melihat Indonesia secara jenaka? Bagaimana caranya? Itulah yang akan ditawarkan oleh pertunjukan bertajuk ‘Kartolo Mbalelo’. Kartolo adalah nama legendaris dalam kesenian ludruk Surabaya. Mbalelo? Artinya, melawan. Ludruk modern ini akan dipentaskan di Graha Bhakti Budaya, Taman Ismail Marzuki, Jakarta, Jumat dan Sabtu (1-2/7/2011) pukul 20.00 WIB.

‘Kartolo Mbalelo’ adalah pertunjukan ketiga dari rangkaian program Indonesia kita yang digagas oleh tim Butet Kartaredjasa, Djaduk Ferianto dan Agus Noor. Untuk setiap pertunjukan, tim kreatif tersebut bekerja sama dengan seniman di bidangnya. Pada ‘Laskar Dagelan’ misalnya, tim kreatif menggandeng Jogja Hiphop Foundation.

Sedangkan pada pertunjukan kedua, ‘Beta Maluku’, Indonesia Kita bekerja sama dengan Glenn Fredly dan penyanyi-penyanyi asal Maluku lainnya. Dan, pada ‘Kartolo Mbalelo’ kali ini, penyutradaraan dipercayakan pada dalang kontemporer Sujiwo Tejo.

Sesuai judulnya, sudah pasti lakon ‘Kartolo Mbalelo’ akan menampilkan Kartolo sebagai tokoh sentral. Lakon ini mengisahkan rakyat yang gelisah dan kemudian memutuskan untuk mbalelo, menolak dan menentang keadaan.

Alkisah, Kartolo adalah seniman ludruk yang sederhana dan bersahaja. Dengan setia ia menggeluti ludruk hingga populer dan dekat dengan rakyat. Kedekatan Kartolo dengan wong cilik menarik perhatian seorang tokoh politik untuk merekrut Kartolo sebagai pendampingnya di pemilihan presiden mendatang.

Namun, Kartolo menolak dan lebih memilih menjadi rakyat biasa saja. Rakyat yang jujur. Rupanya penolakan Kartolo itu dianggap sebagai pembangkangan. Kartolo pun dicap mbalelo, menentang pemimpin besar partai politik itu.

Seperti dua program Indonesia Kita sebelumnya, pementasan ‘Kartolo Mbalelo’ akan dilengkapi dengan Pasar Kuliner, yang tentunya menyajikan aneka panganan dan masakan khas Jawa Timur. Pasar kuliner dimulai pukul 12.00 WIB.
http://m.detik.com/read/2011/06/30/110234/1671564/1059/kartolo-mbalelo-ajak-lihat-indonesia-secara-jenaka

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s