PlayBook Dibanderol Mulai US$499

ORONTO–MICOM: Research in Motion (RIM), perusahaan telekomunikasi dan perangkat nirkabel asal Kanada, pada Selasa (22/3) akhirnya secara resmi menetapkan 19 April 2011 sebagai tanggal peluncuran resmi Playbook.

Waktu peluncuran yang tinggal kurang dari satu bulan dipastikan akan membawa vendor produsen perangkat BlackBerry tersebut memasuki pertarungan sengit dengan Apple dan Google di pasar tablet layar sentuh.

Tablet setebal 7 inchi yang dibenamkan prosesor dual core berkekuatan 1 GHz dan dengan sistem operasi BlackBerry.

Tablet OS tersebut akan dilepas dengan banderol harga sama dengan tablet Ipad 2 yang diluncurkan satu bulan sebelumnya, US$499 untuk kapasitas 16GB, 32GB (US$599) dan 64GB (US$699).

Geoff Balber dari CCS Insight, penyedia informasi dan analisis perusahaan berbasis seluler dan nirkabel, menyatakan meski secara teknis memiliki spesifikasi setara Ipad 2, bahkan unggul di beberapa sisi, Playbook tidak serta merta akan menang mudah.

Keberadaan perangkat Google Android dan Apple yang bervariasi dan tentunya semakin tipis, telah menjadikan keduanya sebagai gadget wajib bagi kebanyakan konsumen muda.

“Pertanyaan besar yang muncul adalah daya tarik Playbook bagi mereka yang memang bukan bagian dari dunia BlackBerry,” ujar Geoff seperti dikuti dari Reuters.

Tablet keluaran RIM ini akan dipasarkan di lebih dari 20.000 ritel dan toko online ketika diluncurkan.
Perusahaan menargetkan penjualan tablet layar sentuh perdananya dapat mencapai kisaran 1-4 juta unit pada tahun ini.

Ekspektasi ini jauh lebih rendah dibanding perjualan Ipad generasi pertama yang laku hingga 15 juta unit hanya dalam sembilan bulan penjualan pada 2010, dua sampai tiga kali lebih banyak dari yang diperkirakan pada analis. Bahkan, hingga akhir tahun ini tablet tersebut diperkirakan dapat terjual menembus angka 30 juta unit.

Gus Papageorgiou, analis dari Scotia Capital, mengatakan masih terdapat kemungkinan untuk mendongkrak penjualan Playbook. Hal tersebut dapat dilakukan dengan mengembangkan jaringan data secara besar-besaran layaknya jaringan perangkat ponsel cerdas sejuta umat, BlackBerry.

“Kemiripan” tablet tersebut dengan ponsel cerdas BlackBerry, khususnya untuk fitur layanan data dan email korporasi, diharapkan akan menjadi tulang punggung penjualan Playbook. (Atp/OL-9)
http://m.mediaindonesia.com/index.php/read/2011/03/03/212573/48/7/PlayBook_Dibanderol_Mulai_US499

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s