Jumlah Busway TransJakarta belum Ideal


JAKARTA–MICOM: Sekretaris Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Hasbi Hasibuan, menyatakan ada dua permasalahan mendasar dari penggunaan busway TransJakarta.

“Sedikitnya dua permasalahan mendasar kini tengah dihadapi Dishub terkait pengoperasian busway. Permasalahan itu adalah jumlah armada dan harga bahan bakar,” kata Hasbi seusai diskusi Problematika dan Solusi Efektif Kemacetan Jakarta, di Kramat Raya, Jakarta Pusat, Selasa (22/3).

Hasbi mengungkapkan, saat ini armada busway yang beroperasi di sepuluh koridor berjumlah 278 unit. Sementara untuk mampu mengangkut penumpang secara optimal dibutuhkan 524 unit. “Inilah yang membuat para pengguna busway harus berdesak-desakan.”

Harga per unit busway gandeng adalah Rp 4,2 miliar. Artinya untuk memenuhi kekurangan busway, dibutuhkan dana sebesar Rp1,5 triliun.

“Harus berapa besar dana yang disiapkan untuk memenuhi jumlah armada ideal busway. Meski ini dapat dipenuhi, apakah bahan bakarnya tersedia. Ini menjadi masalah lagi dalam pengoperasian moda transportasi ini,” ujar Hasbi.

Ada dua harga bahan bakar gas, lanjut Hasbi, ditetapkan oleh Stasiun Pengisian Bahan Bakar Gas (SPBG). Dua harga bahan bakar itu adalah Rp2.562 per liter dan Rp3.600 per liter.

“Armada busway tentu mencari tempat paling murah. Ini yang membuat antrian panjang di SPBG. Mereka lebih memilih mengantri dari pada harus mengeluarkan biaya mahal. Namun sekarang pemerintah telah menetapkan satu harga bagi bahan bakar gas yakni Rp3.100,” terangnya.

Kendati begitu, berdasarkan pantauan Media Indonesia, banyak Busway mengantri pada SPBG di jalan Pemuda Rawamangun mengarah kawasan Industri, Senin (21/03). Antrian itu membuat kemacetan.

“Persoalannya, jumlah SPBG di Jakarta kurang. Saat ini hanya terdapat enam SPBG di Jakarta. Sementara idealnya dibutuhkan minimal dua SPBG di masing-masing koridor busway atau total 20 SPBG,” klaim Hasbi. (*/OL-9)
http://m.mediaindonesia.com/index.php/read/2011/03/03/212294/35/5/Jumlah_Busway_TransJakarta_belum_Ideal

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s