Sergio Van Dijk, Siap Bela Merah-Putih

Merespon wacana yang berkembang di masyarakat pecinta sepak bola nasional, terkait niatan PSSI menggunakan pemain naturalisasi di timnas, Badan Tim Nasional (BTN) PSSI memperkenalkan calon pemain naturalisasi asal Belanda, Sergio Van Dijk.

Pemain berdarah Ambon itu, mengaku berminat membela Merah Putih. Namun, birokrasi negara menjadi aral melintang niatan BTN menaturalisasi Sergio (panggilan akrabnya-Red).

“BTN dan PSSI mengajak saya bermain di timnas. Mereka sudah berbicara dan saya sangat tertarik, namun saya harus berpikir keras, pasalnya ini merupakan keputusan besar. Jika saya menerima, konsekuensinya tidak bisa pindah lagi ke Belanda. Sedangkan istri dan keluarga saya warga Belanda” kata Sergio dalam jumpa pers, di Hotel Sultan, Ruang Asean V, Jakarta, Selasa (20/7).

Menyoal birokrasi, Sekjen PSSI Nugraha Besoes mengatakan, FIFA mengatur soal naturalisasi pemain dengan tiga syarat, antara lain; pemain yang bersangkutan harus punya darah keturunan (silsilah) dari kakek atau nenek, memiliki garis keturunan dari bapak dan ibunya, dan sudah menetap di negara yang akan dibelanya setidaknya lebih dari 5 tahun.

“Sergio punya salah satu syarat yang ditentukan itu. Kakek dan neneknya merupakan orang asli Indonesia yang hijrah ke Belanda. Namun, Sergio emoh menjadi warga negara Indonesia yang permanen. Ironisnya, keinginan Sergio bertolak belakang dengan hukum di negeri ini,” bebernya.

Sementara itu, Ketua BTN, Iman Arif mengungkapkan, pihaknya akan bekerjasama dengan KNVB (PSSI Belanda) untuk menemukan pemain keturunan Indonesia yang berminat merumput bersama Merah-Putih.

“Kami dan KNVB akan membuat semacam pengumuman di sana dan melakukan Training Centre (TC) untuk mencari bakat buat timnas, terkait program jangka panjang dan pendek. Kami tidak hanya mencari pemain yang berminat, namun juga harus apik bermain,” ujarnya.

“Saya akan melakukan pendekatan secara personal dan kekeluargaan terhadap pemain pilihan nanti. Dan hal itu, sudah kami lakukan kepada Sergio,” pungkasnya.
http://www.bolanews.com/liga/liga-indonesia/11660-Sergio-Van-Dijk-Siap-Bela-Merah-Putih.html

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s