Archive for the ‘Agama Islam’ Category

Kumpulan tweet Uje

Posted: 02/05/2013 in Agama Islam

Kumpulan tweet Ustad Jefri Al-Buchori @jefri_buchori

Image

18 Mar 12

Dalam suka ada duka dan didalam duka ada suka.. Tapi didalam luka hanya ada duka tanpa suka.. Bahkan yg ada hanyalah luka yg dalam..

18 Mar 12

KENAPA MULUT DITARUH DIDEPAN, SUPAYA TIDAK BICARA DIBELAKANG

18 Mar 12

Lalu kenapa telinga ditaruh disamping kanan dan kiri, supaya lebih bijak dan tdk memihak dalam mendengar..

18 Mar 12

Mulut itu memiliki dua pagar, gigi dan bibir, tapi tetap saja lidah dan lisan lolos bicara tanpa sensor..

18 Mar 12

Lalu kenapa hidung lubangnya kebawah bukan keatas, karna kalo nanti hujan bakalan kebanjiran.. Hahaha (lucu gk sih..? Gk yah) haddeeuh GEJE

18 Mar 12

AWAS..!!! kita semua sedang diawasi dan akan selalu terus diawasi.. Dan Alloh Maha Mengawasi hamba2_Nya.. Ampuuunnnnn Allooooohhhh..

18 Mar 12

Malam adalah waktu yg tepat utk melihat rapot diri, Yuk sekedar introspeksi melihat apa yg sdh terjadi, dan berjanji tdk mengulanginya lagi.

18 Mar 12

meletakkan cinta kpd Alloh pada nomor urut satu bisa mengurangi rasa sakit bahkan menyembuhkan luka pada hati

18 Mar 12

Diletakkannya dua mata dgn hidung ditengah spt sebuah timbangan.. Maka melihatlah dengan “adil” dan janganlah “bermain mata”..

18 Mar 12

Kagumi manusia sebatas apa yg dititipkan Alloh SWT kpdnya, dan segera kembalikan pujian itu kpd Alloh SWT yg memang lebih pantas utk dipuji.

19 Mar 12

Ada dua golongan manusia.. Yg tersesat dan yg menyesatkan diri.. Yg paling berbahaya adalah.. Sdh tau tersesat tapi tdk mau kembali..

19 Mar 12

Jika engkau “dicintai” maka engkau akan menjadi “RAJA”, tapi jika engkau “mencintai” maka engkaupun akan menjadi “BUDAK”

19 Mar 12

Namun jika kalian saling mencintai dan dicintai maka disana tdk ada BUDAK & RAJA, yg ada hanyalah kerendah hatian karna sifat cinta

19 Mar 12

Kpd NAFSU kau disebut & dipanggil BUDAK (budak nafsu) Kpd ALLOH kau disebut & dipanggil HAMBA (hamba Alloh) Alloh muliakanmu nafsu hinakanmu

19 Mar 12

Knp disebut kasih dan sayang..? Karna didlm kasih ada sayang dan didlm sayang ada kasih.. inilah keseimbangan dalam bentuk benarnya cinta..

19 Mar 12

Ketenaran bisa antarkan seseorang kpd sesuatu yg tak mungkin jadi mungkin, dan Ketenaran bisa membuat seseorang yg biasa jadi luar biasa.

19 Mar 12

Ketenaran bisa merubah sifat seseorang yg awalnya rendah hati menjadi tinggi hati..

19 Mar 12

Ketenaran juga bisa menjadi racun hati jika sipemiliknya tak mampu memaknai arti yg sebenarnya..

Obatnya hanya satu..
Jangan pernah lepaskan sifat rendah hatimu..
Karna apa yg engkau miliki bukanlah milikmu..
Hanya sebuah titipan..
Pertanyaannya wahai diri_ku
alasan apa yg telah membuat diri_mu menjadi lupa diri..???

19 Mar 12

Tiket menuju surga seorang istri adalah suaminya dan tiket menuju surga seorang suami adalah istrinya, kalian berdua adalah tiket bersama..

20 Mar 12

Tdk ada sejarahnya “keras kepala” membuat seseorang itu menjadi “kuat”, justru dia membuat “lemah”..

20 Mar 12

Yg dibutuhkan dlm hidup itu adalah “rekanan” bukan “tekanan”

21 Mar 12

ilmu yg manfaat dan yg berkah itu bukan sekedar ilmu yg bisa mendatangkan uang, tapi juga ilmu yg mampu menyelamatkan diri dan orang lain..

21 Mar 12

Saat kita bebas bicara dan berpendapat bukan berarti kita tdk ada akhlaq dlm mengungkapkannya..

21 Mar 12

Saat syahwat tak dijaga maka akan menjadi murah harganya..

21 Mar 12

Doanya minta selamat tapi prilakunya mendatangkan mudharat (kerusakan)

21 Mar 12

inti ibadah adalah kerendah hatian.. Semakin dia dekat dgn Alloh smakin dia jauh dari sifat sombong (merasa diri lebih baik)

Jika ada seseorang yg katanya sdh ibadah tapi ibadahnya justru membuatnya smakin sombong, siapakah yg dia sembah..? Hawa nafsunya..TUHAN tdk pernah mengajarkan kesombongan

22 Mar 12

Dilarang pamer. Pamer kemesraan, pamer perhiasan, pamer kedudukan, Pokoknya apapun yg betuknya pamer dilarang. Apalagi pamer ibadah/ketaatan

22 Mar 12

Gak usah khawatir, perkara pamer hanya dia dan Alloh saja yg tau, selama dia tdk teriak2 dan pengumuman, ada pembersihnya koq “istighfar”..

26 Mar 12

Orang sering mempertahankan cinta karna perbedaan.. mereka lupa kalo sesungguhnya Alloh_lah yg tlh menganugerahi mereka cinta..

26 Mar 12

Jika satu dari dua mata mengandung pandangan duka, berarti masih ada masa lalu yg tak terlupakan..

26 Mar 12

Orang tua gk pernah minta balasan apalagi materi, tp sbg anak kita wajib tau diri dan bertrima kasih, salah satunya adlh berbagi rezeki

26 Mar 12

Gelap hati.. Buta mata.. Tuli telinga.. manusia.. Tak tentu arah.. jalan pada Tuhan..

26 Mar 12

Syetan berbisik.. Nafsu menghasut.. Lemahkan jiwa.. tak beriman.. Munculkan hasrat.. Pada kegelapan..

26 Mar 12

Tenggelam dalam dosa yg dianggap biasa.. Hanya karna rasa kecewa.. Kembali terjadi padahal sudah berjanji..Takkan lagi melakukannya..

28 Mar 12

Yaa Alloh jk kaya itu baik bagi hamba maka kayakanlah, tp berilah ilmu utk memahami kekayaan hamba hingga tdk menjadi hamba yg lupa karnanya

29 Mar 12

Sampaikan pendapat dgn tdk merusak, sesuatu yg baik tdk akn menjadi baik jika disampaikan dgn amarah, apalagi dgn amarah yg membabi buta,

29 Mar 12

Akan ada kesusahan yg besar buat mereka yg suka menyusahkan orang lain..

29 Mar 12

Utk mereka yg hidupnya dibalik pagar yg tinggi dan duduk dikursi tebal, pandang mrk yg hidupnya hanya berharap uang seribu dgn hati kalian

29 Mar 12

Nikmatnya dosa adalah puncak kemenangannya nafsu

29 Mar 12

Jika nikmatnya “dosa” adlh puncak dari kemenangan “nafsu” maka nikmatnya “ibadah” adlh puncak dari kemenangan “akal”, apkh aku sdh menang..?

30 Mar 12

Yg berhadapan skrng adalah rakyat, rakyat yg menjadi mahasiswa dan rakyat yg menjadi polisi, yg bergaji besar tetap bersandar tanpa sadar..

30 Mar 12

Banyak sekali (orang2) yang menyia2kan hidup yang cuma sekali..

30 Mar 12

Bangun jiwa dgn hati penuh cinta tanpa benci

30 Mar 12

Pentingnya bersandar, kapal pesiar yg besar dan indah saja butuh tempat bersandar, manusiapun butuh, maka bersandarlah kpd sesuatu yg nyaman

1 Apr 12

Syukuri.. apa yg sudah diberi.. jika tau diri..

1 Apr 12

KEGAGALAN ADALAH SEBUAH KEBERHASILAN YG

1 Apr 12

Siapapun berhak mendapatkan kesempatan

2 Apr 12

Manusia jika melakukan apapun, baik atau buruk, akan dikomentari baik dan buruk, apalagi yg buruk, akan dikomentari buruk, buruk dan buruk..

3 Apr 12

Manusia itu butuh suasana.. Suasana yang mana..??? Positif or negatif.. Atau positif negatif jadi satu..

5 Apr 12

jika bahagia itu adalah surga maka kesedihan adalah neraka..

5 Apr 12

Daripada sibuk menilai pekerjaan/perbuatan orang lain, lebih baik membantu, jauh lebih manfaat

6 Apr 12

Jika “kesuksesan” diikuti dgn “kesombongan” maka yg datang sebenarnya adalah “kehancuran”

6 Apr 12

Jika “tingginya” seseorang karna “menginjak” kepala orang lain maka sesungguhnya dia adalah “rendah”

6 Apr 12

Kebahagiaan akan menjadi sebuah kesusahan jika tidak disyukuri

6 Apr 12

Lebih baik tidur dgn membawa iman daripada bangun dgn berbuat maksiat.. Selamat istirahat..

6 Apr 12

Cari laki2 yg mau mendidik_mu (wanita).. Dan cari wanita yg mau di_didik_mu (laki2)..

9 Apr 12

LUKA HATI ITU LEBIH LAMA SEMBUHNYA

10 Apr 12

Jgn kau tangisi orang yg tdk mencintai kamu, krn hanya akn membuang energi saja, ketika Alloh tunjukkan keburukannya, berarti dia bkn milkmu

10 Apr 12

mencintai kelebihan pasangan kta adlh biasa, mencintai kekurangan pasangan kt baru luar biasa, dan ternyata sulit luar biasa, bth perjuangan

10 Apr 12

Jika hati sudah sedingin es jangan berharap akan ada kehangatan dalam ucapan dan perbuatan

13 Apr 12

Kalo Alloh berkehendak Ъªќ ada satupun yg bisa menolak..

15 Apr 12

wanita adlh mahluk mulia.. Seandainya dia tau.. tp syang byk yg tdk tau..

15 Apr 12

Wanita adalah berlian dan berlian simbol keindahan

18 Apr 12

Alloh SWT titipkan “rahim” kpd mahluk perempuan.. Itulah yg membuat mereka menjadi sgt mulia.. Maka jagalah pintu rahim_mu dgn sebaik2nya..

18 Apr 12

Bicaralah dan menulisla dgn berbekal ilmu niscaya akan lebih bermutu

18 Apr 12

Lihatlah pada jumlah 5 jarimu, disitulah rukun islammu, dan lihatlah pada wajahmu disitulah jumlah rukun imanmu..

18 Apr 12

Wahai wanita..!!! Rahim_mu memiliki pintu,, namanya “baabur-rahmah” (pintu kasih sayag) maka jagalah.. Jagalah dan jagalah..

18 Apr 12

Yg menulis ini “tdk lebih baik” dari yg “membaca”.. kita semua sama, sdg sama2 berproses utk diaku menjadi “hamba Alloh”.. Semoga Yaa Alloh.

18 Apr 12

Kcantikan dan ktampanan bukanlah jaminan bagusnya akhlaq seseorang, tp akhlaq adlh sebuah kbahagian bagi pemiliknya dan orang2 disekitarnya

18 Apr 12

Allohumma kamaa hassanta kholqii fahassin khuluqii ; Ya Alloh sbagaimana KAU baguskan penciptaanku mk baguskanlah akhlaqku, ternyata akhlaq.

21 Apr 12

airmata itu bisa jadi penenang saat keluar pada waktu yg tepat..

21 Apr 12

Kartini islami tdk akan pernah merasa lebih tinggi dari suami meski ia lebih

22 Apr 12

“IBUKU” yg terbaik dari semua wanita yg paling baik.. inilah kedudukan wanita yg sebenarnya..

22 Apr 12

Istri kta memiliki anak maka diapun ibu.. Meskipun mungkin ada yg tdk punya anak.. Byk anak2 yg bisa diangkat menjadi anak.. Maka diapun ibu

23 Apr 12

Dlm perjalanan menuju gua hiro.. Bagaimana Rosul dulu dan istrinya yg stiap mlm mengantarkan makanan utk beliau.. Dahsyatnya gua hiro..

29 Apr 12

Dng “doa” dan “sabar” jika “nasehat” sudah tdk lagi di”dengar” tapi pasti awalnya susah, kesusahan itu menjadi tantangan..

30 Apr 12

Mari berdoa, Semoga Alloh jadikan lisannya dan lisan ini lisan yg penuh dgn hikmah, Maaf lahir batin jk selama ini saya byk salah dlm dakwah

30 Apr 12

Jgn jadikan dendam sbg perhiasan, krn orng yg paling menderita adlh orng yg menjadikan sifat dendam sbg peliharaannya..

30 Apr 12

Cantik.. Tampan.. Itu bonus.. Tapi kalo tdk mendatangkan kenyamanan buat apa..???

30 Apr 12

Jika engkau mencintai (manusia).. Maka engkaupun harus siap disakiti.. Siapa yg mau.. Tapi ketika itu datang.. Siapa yg bisa menghindarinya.

30 Apr 12

Tidak ada yg bisa menyembuhkan luka.. Kecuali cinta.. Dan tidak ada yg bisa menghentikan cinta.. Kecuali luka.. Tebolak tebalik.. Hahahaha..

30 Apr 12

Yg paling pasti tau siapakah diantara kita yg paling mulia hanyalah Alloh saja, Contoh nyatanya dia suka memuliakan orng bkn merendahkannya

30 Apr 12

Semoga Alloh SWT lembutkan hati kita dan dianugerahi_Nya kita semua dgn limpahan rizki kasih sayang kpd semua orang..

1 May 12

Salam kebaikan yg penuh dgn rahmat utk semuanya.. Banyak berbuat baik kpd orang lain ternyata tdklah percuma.. Akan ada kebahagiaan..

1 May 12

Ada yg cinta sampai mati.. Ada juga yg mati gara2 cinta.. Duniaaa Ooohh Duniaaa..

1 May 12

Ada yg “pintar” lantaran “cinta” dan ada yg tiba2 jadi “bodoh” karna “cinta”

1 May 12

Ada yg “mulia” sebab “cinta” dan ada yg benar2 menjadi “hina” karna_nya (cinta)

1 May 12

Bahkan ada yg rela putus hub ortu dan anak sebab cinta.. Dan yg paling meyedihkan lagi.. Melepaskan aqidah demi cinta..

1 May 12

Bahkan ada yg jatuh miskin, ambruk, hancur, padahal awalnya dia kaya.. hanya karna cinta..

2 May 12

Cinta yg bisa mendatangkan cinta kpd Sang Peng_anugerah Cinta.. Cinta spt inilah yg bisa menyelamatkan cinta.. Mencintainya karna Alloh..

2 May

Seseorang yg melakukan kesalahan lalu dia menyalahkan kesalahannya sebab orang lain maka tdk akan pernah ada hidayah baginya dari Alloh..

5 May

mintalah selalu nasehat orang2 soleh atas semua masalah2mu, agar tdk tertukar benar dan salah dlm pandanganmu (Masjid Alfatah jimbaran Bali)

5 May

Jgn jadikan dendam sbg perhiasan.. Orang yg menderita adlh orng yg menjadikan dendam sbg peliharaannya..

5 May

Pergi kau dendam, tdk ada tmpt dihati utkmu, kau tlh menyusahkan hari2ku, kau tlh menghilangkan smua pahala ibadahku dan membuatku jadi hina

5 May

Sakitnya dicaci, dimaki, difitnah dan dibenci sungguh sgt tdk sebanding dgn nikmatnya dan indahnya surga yg akan diberi, mk kuatkanlah hati.

6 May

memberi maaf itu tdk harus menunggu yg melakukan kesalahan kpd_mu meminta maaf kpd_mu.. itulah kenapa beratnya memberi maaf..

6 May

tdk_lah sama “memberi maaf” dgn “memberi kata maaf”.. memberi maaf datangnya dari hati.. memberi kata maaf datangnya hanya dari lisan saja.

6 May

memberi maaf akan menghilangkan sesak didada dan tenang dalam fikiran serta indah dalam perbuatan juga menunjukkan kemuliaan hati..

6 May

Kemuliaan hati seseorang ada apa pada saat dia membalas kebencian dgn kecintaan dan fitnah dgn doa..

6 May

Kemuliaan hati seseorang juga ada pada saat dia mampu membalas keburukan orang yg dilakukan kpd_nya tapi dibalasnya dgn cinta dan ksih sayng

12 May

Bahayanya sifat merasa tdk bersalah akan membuat masalah semakin rumit dan semakin sulit juga utk diselesaikan

14 May

Salam hangat dan semangat utk semua, Gk ada alasan buat kita utk putus asa hari ini dan hari kapanpun, Tuhan sdh beri kita akal sbagai modal

15 May

Jgn kau tangisi dia yg tlh pergi meninggalkan_mu.. Yakinlah suatu saat dia yg akan menangisi_mu krna tlh pergi menyia2kan_mu..

16 May

Salaamun ‘alaikum.. Perlu cermin kejujuran utk bisa melihat kekurangan diri.. Dan kejujuran adalh modal utama sebuah kesuksesan..

16 May

Sahabat yg baik adalah sahabat yg tidak menceritakan keburukanmu kepada sahabat yg lain dgn mencari muka.. Emang kemana mukanyaaa.. Haddeehh

17 May

segala apa tlh yg disampaikan kpd orang lain, ternyata seringkali tdk mampu dilakukan oleh diri sendiri

17 May

“YAA MUQTADIRU IQTADIR LANAA ZAUJAN WAKHAIRAN KULLAHU”. “Ya Allah Yang Maha Menentukan.. tentukanlah untuk kami suami dan semua kebaikannya”

17 May

amat besar marah disisi Alloh kamu mengatakan apa yg kamu tdk lakukan, dibalik ini Alloh pengen manusia selaras antara ucapan dan perbuatan

17 May

hari ini orang lain yg berbuat salah kpd kita, besok kita yg akan berbuat salah kpd orang lain, begitulah seterusnya dan itulah hidup..

18 May

Ingaaaat..!!! Kita juga pernah berbuat salah kpd orang.. Jadi kenapa harus susah utk memberi maaf..

18 May

Maaf itu satu paket dgn melupakan semua kejadian2nya..

18 May

“Pengetahuan” dan “Pengalaman”.. Serta “sifat bijak” menentukan “cara pandang” seseorang..

19 May

togetherness is beautiful without feeling self better.. {…la beauté d’être ensemble…}

19 May

Bust adik2ku sayang.. Jgn bermain2 dgn agama, apalagi menyebut dan memanggil smash, cherrybelle dgn panggilan Tuhan, ingat.. Tuhan itu suci

20 May

See the imperfections of our partners in a perfect way (melihat ke_tdk sempurnaan pasangan kita dgn cara yg sempurna) sejatinya kasih sayang

20 May

Pantas saja begitu banyak manusia yg hatinya resah, karna ternyata kita tinggal di “Negeri susah dan gelisah”

20 May

“Dunia”_lah yg di_maksud dengan “Negeri susah dan gelisah”

21 May

Serulah mereka ke jalan Tuhan_mu dgn hikmah dan nasehat yang baik

22 May

Jika ada 1000 jalan menuju “surga”.. maka tempuhlah 1000 jalan itu..

22 May

Dan jika ada 1000 jalan terbuka bagi_mu menuju “neraka”.. maka jgn biarkan satupun dari pintu itu terbuka utk_mu..

22 May

Apapun utk “surga” dan demi “surga”.. Maka lakukanlah.. (amal baik).. Meski engkau harus merasakan sakitnya dicaci, dimaki dn difitnah..

22 May

Surga adalah gambaran keridhoan Alloh SWT dan Alloh tdk pernah menghalang2i hamba_Nya utk mencarinya.. Qur’an menyebutnya berkali2 dg jannah

26 May

Buat adik2 yg muslim ingat yah (sambil senyum) tdk ada Tuhan melainkan Alloh, Alloh yg tlh menciptakan langit dan bumi juga isinya..

26 May

BER_UCAP BIJAK “BAIK”.. BER_SIKAP BIJAK JAUH “LEBIH BAIK” LAGI..

26 May

Sibuk menyerasikan pakaian dgn tas, pakaian dgn sepatu, pakaian dgn make up.. Lupa menyerasikan antara “ucapan” dgn “perbuatan”.. Ashar time

26 May

Kalo kepengen tau sisa saldo pahala kita, ingat saja kapan terakhir kita marah.. marah boleh, marah2 jgn, karna marah itu menghapuskan amal.

26 May

Buat yg kehilangan cinta malam ini.. ingat.. masih ada cinta Yg Maha Memberi cinta..

26 May

Buat yg sedang kehilangan cinta.. jangan sampai kehilangan akal juga..

26 May

Jadikan hari libur sebagai hari kebersamaan dgn keluarga.. utk bisa lbh dekat lagi.. dan bisa saling memahami apa yg sdg terjadi..

27 May

Segalanya pakai uang.. tapi uang bukan segalanya..

 

Pada akhirnya.. Semua akan menemukan yg namanya titik jenuh.. Dan pada saat itu.. Kembali adalah yg terbaik.. Kembali pada siapa..??? Kpd “DIA” pastinya.. Bismi_KA Allohumma ahya wa amuut..
— Uje.. Full Jefri Buchori

Allah buat mak yati sbg sebuah bentuk syiar kpd kita semua, bahwa yg mampu berkurban hanyalah mereka2 yg punya jiwa berkorban

Yg paling banyak aku sembunyikan adalah keburukanku.. Dan yg paling banyak aku tampakkan adalah kebaikanku..

Diri ini selalu ingin kelihatan baik dimata manusia yg lain.. Padahal begitu jelas keburukannya dimata_MU.. Ampuni aku.. Ampuni aku..

Knp manusia gk boleh berlama2 menanam kebencian, dendam dan kemarahan, khawatir gk ada umur, kemudian mati membawa itu semua, na’udzu billah

Segala kebaikan yg dilakukan utk dirimu & orang lain lalu semua itu dilakukan karna Alloh & utk Alloh itulah cara menterjemahi Al-Qur’an..

Dan kemarahan bisa,, bisa,, bisa,, tentu sangat bisa membuat seseorang menjadi tdk bijaksana..

Kemarahan bisa membuat seseorang menjadi hina.. Hina dlm perbuatan.. Kemarahan bisa membuat seseorang menjadi buruk.. Buruk dlm sangkaan..

Kemarahan bisa membuat seseorang menjadi lupa.. Lupa dlm kebaikan.. Kemarahan bisa membuat seseorang menjadi terlena.. Terlena dlm amarah..

Kemarahan bisa membuat seseorang menjadi buta.. Buta dlm memandang.. Kemarahan bisa membuat seseorang menjadi kacau.. Kacau dlm berfikir..

Santun dalam penyampain dan tutur kata menunjukkan ketinggian budi pekerti seseorang..

Setiap segala sesuatu itu ada kelebihannya.. Maka janganlah suka meremehkan dan merendahkan..

Kemuliaan orang adlh agamanya, harga dirinya (kehormatannya) adlh akalnya, ketinggian kedudukannya adlh akhlaknya. HR. Ahmad & Al Hakim

Semakin berkuasa manusia semakin banyak ego yg dipertontonkan..

Jk smua ibadah hanya krn ramadhan sungguh ia tlh pergi berlalu, tp jk smua krna Allah, m aka takkan ada yg berubah meski ramdhan tlh pergi

Ъªќ ada satupun manusia yg Ъªќ pernah berbuat salah.. Lalu kenapa jadi sulit utk memaafkan orang yg telah berbuat salah kpd dirinya..

Banyak yg “pulang kampung” ke “kampung halaman imannya” masing-masing..

Byk orang miskin yg rela menjadi tukang minta2.. Supaya yg kaya punya pahala karna sedekahnya.. Memahami peran yg diberikan..

Pada dasarnya manusia itu mahluk yg memiliki sifat lemah lembut & cerdas, hanya saja dlm perjalanannya nafsu yg tdk baik tlh mengotorinya,

Berbelas kasihlah & bersabarlah kpd pegawai yg saat ini masih mau bekerja (rumah makan atau yg lainnya) sementara kita nikmat berlebaran..

Alloh menggelarkan diri_Nya Yg Maha Agung dgn sifat Maha menerima taubat..

Kpd siapa saja.. diri ini mohon dimaafkan atas salah dan khilaf dlm bicara dan bertindak.. maaf lahir bathin..

Kebenaran itu mengajak bkn menginjak, merangkul bkn memukul, memeluk bkn menekuk, munculkan harapan bkn mupuskan harapan, tdk mrasa lbh baik

Berhati2lah kpd orang dengki, apapun akan menjadi salah dihadapannya, orang dengki tdk pernah menyadari kedengkiannya, kecuali ada hidayah

Memberi maaf tdk harus menunggu yg salah meminta maaf.. itulah kemuliaannya..

Saatnya “melembutkan hati” dgn maaf.. Memberi maaf berarti “memilih kemuliaan” disisi Alloh sWt..

Meski maaf membutuhkan kata utk diucap.. Maaf juga membutuhkan perbuatan sebagai bukti utk dirasa..

Lisan saja tdk cukup utk memberi “maaf”.. Perlu hati juga utk memaafkan.. Sehingga “tulus” adanya..

Segala salah dan khilaf mohon dimaafkan.. Jefri Al buchori dan keluarga..

Air yg menetes itu adalah simbol ke_sabaran dan ke_istiqomahan..

Merdeka berarti harus membangun.. Bukan utk pribadi atau golongan.. Makmur utk semua.. Adil utk semua.. Hukumpun berlaku utk semua..

Bagi orang yg “pelit” segala sesuatu bisa menjadi sangat “mahal”

Mengeluh tanpa usaha mencari jalan keluar apalah artinya, mengeluh tdk akan merubah apapun yg tlh terjadi, tinggal bagaimana memperbaiki..

Yaa Alloh.. Sebentar lagi saja ramadhan ini akn berlalu, adakah kesempatan bagi diri ini utk bisa bertemu dgn ramadhan yg akan datang, Smoga

Jk ada orang berilmu tp masih suka menjatuhkan orang lain didepan umum utk menunjukkan dirinya lbh pintar, Dia bknlah orng berilmu yg bijak

Alangkah baiknya orang2 yang sibuk meneliti aib diri mereka sendiri dengan tidak mengurusi (membicarakan) aib-aib orang lain.. Ad-Dailami

Sesungguhnya bila kamu mengintai-intai keburukan orang maka kamu telah merusak mereka atau hampir merusak mereka.. (HR. Ahmad)

Al-Qur’an.. Membacanya ada kemuliaan.. Membaca lalu memahaminya ada kemuliaan dan keutamaan.. Mengamalkannya itulah para kekasih Alloh..

Lelahnya menjadi orang dengki, Setiap saat dia harus mencari2 & menunggu2 kesalahan orang yg didengkinya, jk tdk ada dia akan memfitnahnya

“Hati dan lidah” seringkali jadi pangkal “masalah”

Hati yg tak ramah seringkali membuat lidah jadi bermasalah.. Dan perkataan yg baik tdk akan lahir dari lisan yg suka menghina..

Jika disuruh memilih yg terbaik dari dirimu maka pilihlah “hati dan lidah” mu, Karna byk orang yg menjadi mulia dikarnakan hati dan lidahnya

Jika kita hanya boleh memilih 5 didunia ini maka pilihlah agama, harta, akhlaq mulia, rasa malu & pemurah.. Pesan luqmanul hakim kpd anaknya

Duhai Sang penentu qodho & qodhar.. Duhai ENGKAU yg telah menghiasi Ramadhan dgn “lailatul qodar” izinkan hamba_MU yg kotor ini mengenal_MU.

Berlemah lembutlah kalian kepada orang yg tidak faham.. Sehingga karna kelemah lembutan kalian mereka menjadi faham.. Selamat berpuasa..

Ke’arifan dan kebijaksanaan ada di dalam hati orang2 yg hatinya lembut..

Betapa pentingnya sebuah adab.. Sampai2 menyampaikan kebenaran saja wajib dgn adab..

Puncak ibadah adalah kerendah hatian.. Bukan merendahkan..

Kebaikan akan mengantarkan seseorang kpd kebenaran dan kebenaran akan mengantarkan seseorang kpd puncak pengetahuan lalu menjadi rendah hati

Pada malam “lailatul qodar” tiba2 saja langit menjadi sempit, dikarenakan malaikat saling berdesak2kan memenuhi penjuru langit..

Senyum saja.. Meski senyum itu tak terbalas.. Karna senyumnya orang yg beriman dgn niat ibadah.. Bukan utk dibalas lagi dgn senyuman..

Mencium tangan dan kening ibunda adalah obat kedukaan serta mengundang datangnya keberkahan..

Yaa Allah.. Fahamkan aku atas segala urusanku.. Hingga pada akhirnya aku tdk berburuk sangka atas takdirku..

Lakukanlah sesuatu yg bisa membuat orang2 disekelilingmu tersenyum dan bahagia.. Itulah sebaik2nya akhlaq..

Rizki tidak harus selalu berupa harta.. Kesehatan dan kemantapan iman adalah rizki yg sangat luar biasa..

Belajar agama bkn hanya utk menjadikan diri baik, Tapi juga manfaat. Syg jika hanya baik utk diri tapi tdk bermanfaat bagi sekitarnya..

Betapa lemah jiwa raga ini.. Betapa diri ini tak lagi memiliki kekuatan apapun utk tegak berdiri.. Karna rasa malu dgn dosa yg menggunung..

Yaa Alloh, tlg tampakkan bahayanya hawa nafsu hamba, copot topeng keindahannya, perilhatkan watak aslinya, sehingga hamba tdk tertipu lagi..

tdk sedikit yg masih mencari peluang utk berbuat maksiat di bulan yg penuh dgn berkah ampunan ini..

terlalu banyak keinginan itu ternyata bisa menyiksa diri.. Ramadhan bulan membungkus segala macam keinginan..

Pastikan langkah kita gak keliru.. jk keliru buru2 sadar diri dan segera kembali.. sebelum terlambat..

selama tinggal didunia tidak akan ada kesenangan dan kesusahan yg abadi.. artinya apapun kesusahan dan kesenangan itu pasti akan berlalu..

Berbuat baik/benar bukanlah utk dikatakan baik/benar.. Tapi berbuat buruk/jahat biasanya akan dikatakan buruk/jahat..

Menunjukkan kebenaran dgn cara mencaci memaki tdk akn pernah mendapatkan simpati.. Maka tunjukilah kebenaran dgn sifatnya yg penuh kasih..

Cobalah fahami musibah sebagai bentuk teguran halus Alloh SWT kpd kita.. Supaya kita jauh lebih dekat dan makin dekat lg dgn Yg Maha Kuasa..

janganlah “menuntut” Alloh.. jikalau engkau belumlah “menurut” Alloh.. (mentaati kehendak_Nya)

Jangan duakan cinta_Nya dengan cinta seorangpun selain daripada_Nya.. Dan berhati2lah jika cinta sudah mulai menginjak2 hati sanubari_mu..

Jika belum cinta maka sulit utk dirasa.. Cintailah Alloh utk bisa merasakan kasih sayang_Nya yg Maha luar biasa..

Kecerdasan beragama adalah sarana utk mengenali diri.. Barangsiapa yg mengenal Tuhannya maka ia akan mengetahui segala sesuatu..

Pesan ramadhan : ramadhan itu seharusnya lebih banyak memberi pesan ke dalam ketimbang keluar..

Pesan ramadhan : tdk akan keluar dari mulut orang2 yg katanya sudah soleh cercaan dan hinaan kpd orang lain yg katanya belum soleh..

menjadi manusia yg “bodoh” stlah pintar itu ternyata susah dan sedikit.. tapi menjadi manusia yg “sombong” stlah pintar itu mudah dan banyak

Lidahku takut.. Tapi hatiku masih suka menentang.. Lidahku berucap syukur.. Tapi hatiku masih saja suka kufur.. Ampuuuunnn Yaa Robb..

Janganlah engkau menoleh kpd orang lain sedangkan dlm dirimu msh ada seseuatu yg harus diperbaiki.. Celakalah dirimu.. (utk diriku)

Hati dikatakan baik bila telah diisi dgn taqwa, tawakkal, tauhid dan ikhlas kpd_Nya dlm semua amalan.. Hadiahi kami dgn itu semua Yaa Robb..

Yaa Alloh.. Sibukkanlah hamba dgn segala kekurangan diri hamba sendiri.. Bkn diri orang lain.. Spy tdk hilang makna sejatinya puasa hamba..

Wanita selalu butuh kepada laki2 yg bukan cuma mampu.. Tapi juga mengerti.. Mengerti kepada segala hal yg dinginkan.. Luar dan dalam..

Menyampaikan kesalahan ilmu kpd seseorang ternyata membutuhkan ilmu juga.. Tdk boleh sembarangan..

Berhati2lah terhadap lisan yg mengandung dan mengundang banyak fitnah..

Terima kasihlah kpd orang yg telah berani menunjukkan salahnya engkau.. Dan berhati2lah kpd orang yg terlalu byk memuji dirimu..

Sahabat yg baik adalah sahabat yg berani menunjukkan salahnya engkau

kekuatan harta itu hanya ada pada saat harta itu masih ada.. Saat harta itu habis.. Maka musnahlah juga kekuatannya itu..

Segala apa yg buruk.. bahkan yg terburuk sekalipun.. Dari perbuatan dan ucapan.. Bisa dibenahi dibulan Ramadhan ini.. Asal mau..

Yaa Alloh.. muliakanlah tanganku dgn berdoa dan bekerja.. bukan dgn meminta..! dan jgn biarkan aku meminta selain kpd_MU.. aamiiin..

Ternyata benahi hati itu.. sampai matipun tidak akan pernah selesai..

Yg sudah2.. Hijab mampu membuat seseorang aman dari gangguan orang lain..

Seandainya pagi ini kau bangunkan hamba kembali.. Anugerahilah hidup hamba dgn banyak dzikir dan syukur kpd Mu..

Berhijab saja dulu.. Sambil pelan2 benahi hati.. Insya Alloh hijab akan membuat seseorang lebih hati2 dlm berucap dan bertindak..

Mengomentari kekurangan orang lain itu betapa sangat mudahnya.. Apalagi jika diiringin dgn sifat iri, dengki dan sifat merasa benar sendiri

Saat lisan ini mengucap “Allohu Akbar” ternyata msh ada kedustaan dlm hati, karna didlm hati msh ada gambaran mahluk yg jauh lbh besar lagi

emua bisa ber”lebaran”.. Tapi tidak semua ‘aidil fitri (kembali kpd fitrah)..

1 bulan ramadhan utk menghadapi 11 bulan diluar bulan ramadhan, jika digabung angkanya 111 yg atinya ttp 1.. Ahadun Ahad.. Alloh Maha Esa..

Banyak orang yg katanya “tau diri”.. tapi justru dalam kesehariannya malah “kurang tau diri”.. ( ach jgn2 saya �� )

7 amalan utama ramadhan, 1.baca Qur’an, 2.sedekah, 3.memberi buka kpd yg puasa, 4.qiyamul-lail, 5.umroh, 6.mencari lailatul qodar, 7.i’tikaf

“dunia” datang dgn membawa “kunci2 kekayaan bumi”.. “DIA” ada dan selalu hadir dgn membawa “kunci2 kekayaan alam semesta”..

Jangan merendah pada orang kaya karna harta kekayaannya.. ia bisa menjadi penyebab hilangnya dua pertiga agamanya.. Merendahlah kpd Al haq..

Sedang duduk termenung di pelataran kebimbangan hati.. Lantaran masih tidak tau diri..

Mengaku tinggal di bumi Alloh dan beralamat di Bumi Alloh tapi tdk tunduk kpd hukum2 Alloh.. Ampuni hamba Ya Robb..

Kenalkan hamba kpd hakikat sejati diri hamba.. sehingga hamba benar2 kenal kpd Sang Pemilik Sejati hamba..

Bahayanya dunia saat ia menjadi tamu yg dihormati dlm rumah hati karna ia membawa kunci2 kekayaan bumi, hingga melupakan Sang Pencipta hati

Syetan berbisik nafsu menghasut.. Lemahkan jiwa tak beriman.. Munculkan hasrat pada kegelapan.. Lalu tenggelam dlm dosa yg dianggap biasa..

Siapakah orang yg paling lelah dlm kehidupannya.. Dia adalah orang yg selalu memaksakan keinginannnya dlm ketidak mampuannya..

manusia tidak akan pernah berhenti mencari sampai ia mati.. dan mati adalah tempat berhentinya manusia didunia..

ambisi yg baik adalah.. menggapai keinginan dgn melihat keadaan dan kemampuan..

Dan antum tdk boleh mendahului Alloh tanpa ikhtiar jasadiah antum

ada 5 cara belajar ; melihat.. mendengar.. mengamalkan.. dan tidak cepat merasa puas dgn hasilnya.. lalu mengulang dan terus mengulang lagi

Salut buat teman2 yg bekerja di siang hari tapi tetap semangat menjalankan puasa..

Jangan beli persahabatan dgn harta.. Karna ia tdk akan kekal.. dan jangan beli cinta dgn harta karna suatu saat iapun akan berkhianat..

Jadilah manusia yg dipandang bukan karna hartanya, bukan karna jabatannya, bukan juga karna wajahnya, tapi ia dipandang karna manfaatnya..

Kebencian kpd seseorang jangan sampai menghentikan kebaikan yg seharusnya sampai kepadanya..

kehati2an (ihtiyat) dlm perkara agama itu spt orang yg sdg menyebrang jalan dan tdk ada mobil namun tetap menengok ke kanan serta ke kiri..

Letak ilmu ada pada pengamalan bukan pada ketinggian.. Krn ketinggian identik dgn kecongkakkan..

Jgn mau bertukar peran.. karna belum tentu peran orang lain membawa kebahagiaan.. Maka nikmatilah peran itu dgn baik..
Karna hidup ini sangat singkat.. Maka nikmatilah dgn kebahagiaan.. Jgn susahkan dgn kesedihan.. Semua punya kesempatan utk menjadi bahagia..Karna hidup ini sangat singkat.. Maka nikmatilah dgn kebahagiaan.. Jgn susahkan dgn kesedihan.. Semua punya kesempatan utk menjadi bahagia..

meskipun malam ini malam minggu.. tapi bulannya masih tetap bulan ramadhan.. so.. jagalah kemuliannya..

adanya “persoalan” membuktikan akan adanya sebuah “jawaban”..

Duhai para kekasih.. Buktikan cintamu dgn keta’atan dlm perintah.. Krna seorang kekasih itu akan senantiasa mengikuti apa yg diperintahkan..

pada saat berbuka.. disinilah letak kejujuran seseorang dipertanyakan.. benarkah dia berpuasa..

Malam ini ba’da taraweh ada tabligh akbar di lapangan Al Badros surabaya.. jamaah twet surabaya ditunggu..

Target membaca Qur’an itu bukan pada titik khatam.. Tapi ada pada pemahaman dan pengamalan atas apa yg sudah ia baca..

Penyakit yg paling sulit disembuhkan.. merasa benar padahal jelas tdk benar dan akhirnya menjadi buta pada kebenaran dan tdk mau dibenarkan

Berbahagialah orang yg kehidupannya selalu dipenuhi dgn cinta dan kasih sayang..

“cinta tdk harus memiliki” rugi sekali jika cinta tdk harus memiliki.. Lbh baik berikan saja cinta kpd yg bisa dimiliki.. Supaya tdk rugi..

Jika berbuka puasanya seseorang masih berharap dan berhayal makanan yg enak2.. Berarti dia belum sampai kpd hakikat puasa yg sesungguhnya..

Hidup jgn mau dikuasai oleh masa lalu yg kelam.. Dan jgn mau bersahabat dgn yg namanya trauma jika tdk mau menderita..

Sobek saja lembaran dimasa lalu, dgn cara itu engkau akan bisa bangkit, melangkah, menggapai yg belum engkau capai,

Jika hati di isi dgn maaf.. maka hati yg sempit akan menjadi sangat lapang.. maaf meminta maaf.. maaf memberikan maaf.. maafin yah..

Jadikan alam fikir sebagai alam dzikir (ingat) kpd_NYA.. Dan jangan jadikan alam fikir sebagai alam kekikiran dzikir (ingat)..

Ramadhan adalah bulan menundukkan segala apa yg tegak berdiri dlm kesombongan..

Bgt sgt mudahnya diri ini disesati oleh sesuatu yg suka ingkar janji.. Padahal disisi lain ada sesuatu yg sll tepat janji tp tak mau diikuti

Kekenyangan itu akan menyakiti hati orang yang kelaparan.. ‘Ήм̣̣̥̇̊мм̣̣̥̇̊‘♌⌣ .̮ ⌣♌Ήм̣̣̥̇̊мм̣̣̥̇̊”

Semua amalan bisa menjadi utama karna niatnya.. Dan menjadi tdk ada nilainya karna niatnya juga..

Jgn hinakan seseorang dihadapan Tuhan_nya dgn cara memuja2nya secara berlebihan..

Semua amalan bisa menjadi utama karna niatnya.. Dan menjadi tdk ada nilainya karna niatnya juga..

Jgn hinakan seseorang dihadapan Tuhan_nya dgn cara memuja2nya secara berlebihan..

Jgn berlebihan dlm memuja seseorang.. Karna yg dipujanya saja tdk mampu menolong dirinya.. Apalagi orang lain.. Kasihan kpd yg dipujanya..

Selalu saja ada kesempatan bagi mereka yg mau berubah.. Dan tdk ada kesempatan buat mereka yg tdk pernah mau berubah..

Buat yg sudah punya pasangan.. Menjadikan pasangannya sebagai partner menuju akhirat..

Kita hanyalah sekumpulan orang2 yg sedang sibuk mencari jalan pulang.. Rukun islam yg 5 bisa menjadi tiketnya..

Sementara perempuan punya sifat menerima, dia wajib punya sifat syukur, kalo gak sifat serakah akan mendominasi dan itu bahaya..

Laki2 punya sifat memberi, makanya dia harus punya daya hayal/cita2 dan ada keterbatasan saat memberi..

Lebah saja tdk merusak tempat ia mencari makan, Byk pejabat/orang merusak tempat ia mencari rizki, Dgn curang, Berkhianat dan tdk amanah..

Dia pakai utk jualan barang sitaan bea cukai dan mengupdate hari ini ttg perselingkuhan orang DPR.. Awas.. Hati2.. Jgn tergiur utk membeli

jika seseorang sadar begitu banyak kekurangan dlm dirinya.. tentu dia tdk akan sibuk mencari2 kekurangan pada diri orang lain..

Dlm pesawat yg besar di darat namun tiba2 menjadi kecil saat di udara menuju solok.. Padang.. Bismillahi majreha wa mursaha, aamiiin..

Dgn nafas_MU kami hidup dan dgn qodho dan qhodar_MU kami berjalan.. Maka mudahkan kehidupan dan jalanku.. Aamiiinnnn..

Jangan ceritakan ttg “kekasih gelapmu/tahajjudmu” itu kpd siapapun.. Sehingga tdk ada yg tau kalo kamu mencintainya sepenuh hatimu..

Jadikanlah “tahajjudmu” sebagai “kekasih gelapmu” yg diridhoi_Nya..

cari Kekasih yg menjadi Kekasih_Nya Alloh.. Maka kamupun akan menjadi Kekasih sejati_NYA..

Saat bicara rizki yg terbayang selalu harta dan benda, tdk terfikir kalo sehat itu adalah rizki dan IMAN itu juga adalah rizki..

Jika “syukur nikmat” akan mengundang datangnya rizki lebih banyak, maka “kufur nikmat” akan menjadi penghambat datangnya rahmat..

Begitu banyak rahasia yg dibuka dimalam hari, itulah kenapa para kekasih Alloh selalu terbangun dan terjaga dari tidurnya dimalam hari,

Jika manusia tau btp byk kekurangan dlm dirinya, yakin dia tdk akan pernah punya waktu utk menyelidik dan mencari2 kesalahan manusia lainnya

Tidak ada kemuliaan bagi seseorang yg berharap kehinaan bagi orang lain

Menunggu jatuhnya seseorang berarti menunggu datangnya kehinaan bagi diri

Jika ada keburukan pada diri seseorang bukan berarti tak ada keburukan juga bagi diri kita

Salah_nya seseorang tidak lantas menjadi tolok ukur baik_nya diri ini..

Sungguh tidaklah baik.. sifat bermuka dua, bercabang lidah dan berbulunya hati..

Jika “fitnah” masih kau hadapi dgn “amarah” berarti engkau belum menjadi hamba yg sebenar2nya apalagi mengaku2 sbg kekasih_NYA..

Menikmati matangnya iman jaauuuhhhh lebih nikmat dari menikmati matangnya buah..

Jika Alloh dgn kehendak_Nya.. maka manusia dgn kepasrahan_nya.. melawan kehendak Alloh sama dgn membunuh diri..

Rasanya dunia ada pada lidah.. dan rasanya akhirat ada pada hati..

Syukur itu akan mendatangkan rizki lebih banyak lagi.. dan syukur adalah obat kehidupan..

“Mengemas diri” serta “membungkus keinginan” akan mendatangkan “kenyamanan” dlm kehidupan yg “melelahkan”..

Hukum haram itu spt sebuah jalan buntu yg tdk perlu dipertanyakan lagi apakah masih ada jalan yg bisa dilalui

Berada disisi manusia yg tak pernah marah saat dirinya dicaci tak ada dendam saat punya kemampuan utk membalas, beliau kekasiku Muhammad SAW

Yakin.. Pasti lelah.. Mengejar sesuatu yg akan ditinggalkan dan tidak akan dimiliki selama2nya..

Matinya orang kaya dgn orang miskin sama, matinya pejabat dgn rakyatpun sama, tpi matinya orang yg beriman dgn yg tdk beriman, tidaklah sama

Akhirnya sampai juga di “Negeri Shalawat” kampungnya kaum anshar “Madinah Al Munawwarah”. salam rinduku pada_MU Rosul_ku, salam seribu salam

Segala apa yg dicintai dan dibenci oleh manusia akan menjadi ujian bagi dirinya.. ad-dunia daarul imtihan ; dunia tempatnya ujian dan cobaan

Alhamdulillah semua titipan doa sudah disampaikan di “hijir ismail” dan “multazam”.. Istajiiib du’aa anaa Yaa Robb.

Kenapa kita dilarang menyepelekan, meremehkan dan merendahkan orang lain..? Karna kita tidak pernah tau sedang berhadapan dgn siapa kita..!!

Jika permohonan maaf sudah dipinta, tapi kata maaf belum juga didapat.. Maka serahkan segala sesuatunya kpd Alloh, biar Alloh saja yg urus..

Bijak didalam memahami sesuatu akan mengundang kasih sayang.. Dan bijak dalam menyampaikan menandakan kedalaman pengetahuan seseorang..

Rosul meramaikan nisfu sya’ban dgn ibadah, sujud yg panjang, memberi & meminta maaf, berpuasa, membaca qur’an dan apa saja yg namanya ibadah

Berbagai macam cara dan expresi ditumpahkan saat melihat Ka’bah dan berputar mengelilingi Ka’bah pun tak ada henti. (subuh di masjidilharam)

Maha Suci Alloh Yg Maha Membentuk, yg tdk pernah kehabisan model bagaimana membentuk, lihat wajah kita, wajah2 mereka semua.. Yaa Mushowwir

belajar merubah diri dari sifat tdk tau diri supaya jangan lupa diri.. (tengah malam di masjidil haram)

Wahai sombong yg ada dalam diri.. tdk malukah kau kpd Alloh yg tlah menitipkan sesuatu pada dirimu.. yg karna itu kau mendapatkan pujian..

“Menahan diri” dan “menerima” sesuatu yg tidak ia disukai dgn “kerelaan hati” itulah yg dinamakan “SABAR”.. dan hukum sabar adalah “WAJIB”..

Bagaimana kita tau jika hidup kita berkwalitas jika tdk ada yg benci.. iri.. dengki dan fitnah dalam kehidupan kita..

Kepercayaan adalah sebuah anugerah hidup yg luar biasa, karna sulitnya mendapatkan itu, maka jgn sia2kan kepercayaan itu dgn menghianatinya.

Hidup selalu merasa ada yg mengawasi adalah tindakan menyelamatkan diri..

Memaknai hari lahir dgn muhasabah/introspeksi diri jauh lebih baik dan bisa mendatangkan manfaat..

Fungsi diciptakannya air mata adalah utk ditangiskan.. Jika dia keluar pada saat yg tepat maka dia akan berfungsi sebagai obat..

Sendiri dalam kesendirian yg tak pernah sendiri.. karna selalu ada yg mengawasi.. wa inna ‘alaikum lahaafizhiin..

Orang2 soleh itu orang yg sedikit salahnya.. tapi justru merekalah yg orang paling senang mendengar nasehat dan tdk pernah marah dinasehati.

Saat kau katakan cinta.. Saat itu pula engkau telah siap menanggung suka dan dukanya..

Remote kehidupan ada ditangan kita.. tinggal pilih chanel kehidupan yg mana yg kita suka..

Alloh paling senang menguji hamba_Nya yg mengaku cinta dan beriman kepada_Nya..

Kesulitan manusia adalah menentukan sendiri akhir dari cerita kehidupannya..

Dlm nafas yg dihirup ada Alloh.. Dan dlm nafas yg terbuang ada beban yg hilang karna_Nya..

Setanpun akhirnya berhasil menjebol gawang iman manusia dgn bola rasa malasnya utk beribadah kpd Alloh disubuh hari ini.. Kebobolan lagi..

Jika bangunmu di pagi ini di awali dgn menyembah Alloh.. maka segala apa yg diciptakan_Nya akan menyembahmu..

PERJALANAN MASIH PANJANG DGN WAKTU YG SANGAT SEDIKIT DAN BEKAL YG MASIH KURANG.. HATI-HATI..

Perjalanan masih panjang.. dgn waktu yg sangat sedikit.. dan bekal yg jauh dari cukup alias kurang.. sudah sepantasnya berhati2..

Jgn mau dikendalikan oleh masa lalu.. dan jgn turuti kerinduan kpd kemaksiatan di masa lalu.. cukup sudah..

“Kongres hati”.. membicarakan keburukan2 yg selama ini mata, mulut, telinga, tangan, kaki, perut, kemaluan lakukan.. dlm rangka perbaikan..

hidup apa adanya aja, jgn ada apanya, nanti bakalan ribet urusannya, apalagi kalau sampai bersahabat dgn kebohongan & hidup dlm kebohongan

tdk usah bicara tingginya gunung.. jika belum sampai ke puncaknya.. dan tdk usah bicara dalamnya lautan.. jika belum sampai kedasarnya..

Peluang utk dicintai sama besarnya dgn peluang utk disakiti.. Pada akhirnya semua peluang ini kembali kpd hati dan diri masing2..

aku adalah imam/pemimpin bagi keluargaku, aku wajib bertanggung jawab atas apa yg aku pimpin, Tuhan_ku berikanlah aku kemampuan utk itu..

“alam kehendak” adalah “alam tanpa daya”.. saat “tiada daya dan upaya”.. baca saja “laa hawla wa laa quwwata illa billaahil ‘aliyyil ‘azhim”

Gak ada hal yg sulit buat yg punya imana utk melakukan segala hal yg diperintahkan..

Dunia hanyalah tempat pembuangan dan tugas kita semua hanyalah mencari jalan pulang.. salam kehangatan dlm cinta dan kasih sayang..

Sabtumu yg kemarin sungguh tidaklah sama dgn sabtumu yg skrng, maka perbaikilah perilakumu utk meraih amalmu..

Badanmu adalah kendaraanmu.. Yg akan kau kendarai utk sampai kpd Tuhan_mu.. Maka rawatlah ia baik2.. Spt kau rawat motormu, mobilmu dll..

Ternyata hidup kita itu hanya utk mencari rasa (bahagia) dan menolak rasa (sedih)

Memasuki “alam rasa” dgn “rasa yg indah” saat mulai “dirasa” maka rasailah “AKU”

Berdamailah dgn keadaaanmu yg tdk nyaman utk mengundang datangnya nyaman dlm ketdk nyamananmu

Jadikan setiap jum’at adalah jum’at sedekah,, jika hari2 yg lain tiada sedekah,

Petunjuk itu datang kpd sesorang disaat seseorang itu bertauhid, meng_Esakan Alloh didlm diri dan meniadakan yg lain didalam diri

Diluar sana banyak mulut yg tdk ketemu makanan.. Sementara dirumah2 banyak makanan tdk ketemu mulut (mubadzir)..

Setiap saat Alloh berkirim pesan kpd manusia, cuma syang seringkali pesan itu tdk terbaca & dibaca, Smoga kita dimudahkan_Nya utk membacanya

Jangan cuma pandai mengeluh jika tak berani mencari jalan keluar, keluhan hanya akan menambah berat beban masalah saja,

hal yg tersulit dlm cinta adalah mencintai kekurangan pasangannya, namun jika itu mampu dilakukan akan menjadi kekuatan yg dahsyat utk cinta

nikahilah kekurangannya jgn kelebihannya karna yg akan selalu menjadi masalah nanti adalah kekurangannya bukan kelebihannya

Dan berbuat “keburukan” setelah kita diperlakukan “baik” adalah “kekurang ajaran” dan sifat “tidak tau diri”.. (Jauhkan hamba)

Berbuat “keburukan” setelah kita diperlakukan “buruk” adalah “pembalasan”

Berbuat “keburukan” sebelum kita diperlakukan “buruk” adalah “kezholiman”

Dan berbuat “baik” setelah kita diperlakukan “buruk” adalah “kemurahan hati” dan “kemuliaan jiwa”

Berbuat baik sebelum kita diperlakukan baik adalah “keutamaan”, berbuat baik setelah kita diperlakukan baik adalah “balasan”
Jangan pernah berhenti utk mencari Sahabat akhirat agar dapat menjadi saksi atas kebaikan yang kita perbuat.. Ma’annajah.. Ma’assalaamah..

“Hawa nafsu”.. ia amat sangat menyukai apa yg dilarang Alloh.. karna itu tabiatnya..

Duduk diam berfikir bersama Alloh sama artinya menyusun kekuatan dlm gerak dan ucap

Membagi2kan kondom secara gratis kpd anak2 muda sama dgn mencekoki mereka pake narkoba jenis baru.. semoga segera turun hidayah kpd mereka..

Sombong itu letaknya dihati dan suka meremehkan juga menolak kebenaran.. Bukan pada pakaian, kendaraan, perhiasan ataupun harta..

aku bukan “guru” juga bukan “ustadz”.. aku hanya seseorang yg mencoba menjadi “sahabat” dlm perjalanan menuju “akhirat”.. akhir yg berat..

Ikhlash satu perkara yg hanya dirinya dan Tuhannya saja yg tau. tdk akan berubah sedikitpun perbuatannya saat dilihat dan tdk dilihat orang.

Sibuk mensyukuri keadaan diri itu jauh lebih daripada sibuk memaki apa yg tlh Alloh beri pada orang lain.. itu menyiksa diri namanya..

Membuang sangkaan buruk saat melihat keadaan orang lain.. karna tdk akan ada yg tau maksud hati yg terkandung..

Tdk perlu punya kran yg besar utk bisa menikmati sejuknya air.. yg sedikit jk bermanfaat akan jauh lbh baik daripada yg byk hilang manfaat

Tdk ada ucapan dan sapaan yg paling baik saat bertemu dgn saudaramu kecuali ucapan salam dan sapaan senyum pada wajahmu utknya

Bagaimana mungkin orang yg tdk bisa berenang mampu menyelamatkan orang yg tenggelam,

Bagaimana mungkin seorang “pemimpin” bisa menyelamatkan “rakyatnya” kalau “dirinya” saja belum tentu “selamat”

Bagaimana mungkin seorang suami bisa menyelamatkan istrinya kalau dirinya saja belum tentu selamat..

Sifat menyenangkan yg ada pada diri seseorang akan mendatangkan rasa senang orang lain pada diri orang itu..

aku bukan milikmu duhai kekasihku dan kamupun begitu, kita tdk dimiliki oleh siapa2.. krna kita adalah milik_NYA, yg memiliki segala sesuatu

gunakan “AKU”.. ketuk dan masuki “99” pintu_KU utk mensejahtrakan dirimu (manusia)

Para pendusta tidak pantas bicara cinta.. (Cinta kpd Alloh atau cinta kpd manusia)

cari harta sebanyak2nya.. suruh mereka sujud dihadanmu.. karna mereka lebih layak sujud kepadamu daripada engkau yg sujud menyembah harta..

tidak ada kebenaran dari lisan/berita yg dipenuhi dgn fitnah.. yang ada hanyalah kedustaan belaka..

Semoga kita semua dianugerahi sifat arif dan bijak dalam mendenger, menyampaikan, melihat dan menilai sesuatu..

Yaa Alloh.. bukakanlah bagi kami pintu kebaikan,keberkahan,kenikmatan,keluasan rezeki,kekuatan,kesehatan,keselamatan,dan pintu surga..

Banyak orang yg “JIWANYA SAKIT” tapi gak mau dibilang “SAKIT JIWA” (bisa saja itu saya)

Menyesal saja tdk cukup jika tdk diikuti dg taubat, taubat saja juga tdk cukup jika tdk diikuti dgn merubah perilaku dari buruk menjadi baik

Penyesalan atas kemaksiatan yg tlh dilakukan.. itu tandanya masih ada iman.. semoga saja.. Aamiiin..

Byk orang b’tanya ttg perihal khusyu’. para kekasih Alloh menjawab, khusyu adanya dihati bkn dikepala, bagi sya yg awam jaga saja solat yg 5

Arti IMAN adalah PERCAYA.. dan HAKIKAT PERCAYA adalah TUNDUK.. TUNDUK dan PATUH kpd semua yg diperintahkan.. salah satunya adalah.. SHOLAT..

Jika kita semua masih merasa berlumuran dgn dosa.. maka sholatlah.. sebelum kita di sholatkan..

Seluruh dosa2nya itu diletakkan diatas kepalanya dan kedua bahunya, apabila ia ruku’ dan sujud, maka berjatuhanlah seluruh dosa2nya itu..

Bnyk org bangun masjid ingin org ” sholeh kumpul dmasjid mrk, aku ingin bangun masjid n berhrp org ” jahat n pendosa berkumpul dimasjidku

Sayang sekali jika sholatnya hanya sebatas menggugurkan kewajiban saja atau sekedar ritual belaka..(tp mendingan deh daripada gk sama skali)

Harga diri, diri yg mana yg wajib dihargai, dgn cara apa menghargainya, gimana kalo seandainya ternyata diri sendirilah yg tdk menghargainya

Tidur itu nikmat.. tapi syukur jauh lebih nikmat lagi.. sholat adalah bagian dari rasa syukur manusia kpd Alloh..

Orang yg sakit itu dekat dengan kematian.. Maka berikanlah ia perhatian..

Senyum adalah kekuatan, Energy positif, Dan pengundang kasih sayang, (senyum yg mengandung ketulusan bukan buatan atau pura2) jum’ah barakah

Wahai laki2, yg kalian cari adlh wanita yg pandai menjaga auratnya/rasa malunya, manis budi pekertinya, jika ia cantik itu adalah bonus saja

Wahai wanita.. yg kalian butuhkan adalah laki2 yg faham akan agamanya juga baik akhlaqnya.. jk dia tampan dan kaya.. itu adalah bonus..

Jika ada seorang laki2 yg baik agamanya juga akhlaqnya dtng utk meminang seorang wanita tp ditolaknya.. tunggu saja.. fitnah/ujian akan dtng

dekati Alloh.. Lakukan apa yg jadi perintah_Nya.. Jauhi apa2 yg gk disukai_Nya.. Insya Alloh akan diberikan apa yg diinginkan oleh kita..

Eramuslim.com | Media Islam Rujukan,

Segala puji bagi Allah SWT, yang Insya Allah memperkenankan kita menjumpai bulan suci, bulan mulia, bulan Ramadhan. Sholawat dan Salam senantiasa terucap kepada Rasulullah Muhammad SAW, keluarganya, sahabatnya, para tabi’in, tabi’it tabi’in, serta pengikutnya yang komitmen dengan risalahnya Dienul Islam hingga hari akhir nanti.

Saudaraku, jika kita menantikan suatu saat yang sangat berharga bagi diri kita, katakanlah sebagai contoh, hari ulang tahun kita. Niscaya kita akan sangat bergembira jika saatnya tiba. Bahkan jauh hari sebelumnya, kita sudah mempersiapkan dengan ‘full action’, potong rambut, bersih-bersih, dan aktivitas yang akan menunjang penampilan kita pada hari yang dinanti-nanti itu.

Tapi apakah kita sudah bersiap-siap untuk menyambut bulan yang sangat dinantikan oleh ummat Islam sepanjang masa? Bulan yang sangat dinantikan oleh Rasulullah, sehingga teruntai sebuah do’a yang sangat indah: “Allahumma bariklana fii rajab wa bariklana fii sya’ban wa balighna fii ramadhan” Ya Allah, berkahilah bulan Rajab ini, dan berkahilah bulan Sya’ban ini, dan sampaikanlah kami, panjangkanlah umur kami hingga bulan Ramadhan.

Subhanallah, Rasulullah sendiri, manusia yang sangat mulia, sangat mendambakan akan datangnya bulan Ramadhan ini. Sudahkah kita meneladani beliau? Menantikan dengan penuh harap? atau kita hanya biasa-biasa saja menyambut kedatangannya, sama seperti bulan-bulan sebelumnya? Na’udzubillahi tsumma na’udzubillahi.

Saudaraku, hakikat bulan Ramadhan ini sesungguhnya pada sejauh mana kita telah melakukan persiapan untuk menyambutnya. Sehingga pada bulan Ramadhan, kita dapat memanfaatkan waktu dengan optimal. Persiapan itu sendiri tidak dilakukan pada awal bulan Ramadhan, karena jika itu yang kita lakukan, maka kita akan ketinggalan kereta pahala dengan hamba Allah lainnya. Yang telah mempersiapkan diri jauh sebelum datangnya bulan Ramadhan.

Sangat sayang jika bulan Ramadhan yang hanya 29-30 hari itu, datangnya hanya sekali setahun, harus kita potong waktunya seminggu menjadi 22-23 hari hanya untuk persiapan yang seharusnya bisa kita lakukan jauh-jauh hari sebelumnya.

Dalam hadits juga diungkapkan, bahwa Rasulullah pada orang yang paling banyak dan menyempurnakan puasanya pada bulan Sya’ban. Pengkondisian fisik sudah dicontohkan oleh Rasul sebelum datangnya bulan Ramadhan. Pengkondisian ruhiyah juga sudah seyogyanya dilakukan sebelum bulan Ramadhan, shoum sunnah, tilawah qur’an, qiyamul layl, wirid ma’tsurat harian, dan lainnya. Buku Fiqh Shiyam juga menjadi bacaan wajib, agar kita mengetahui dalil dan fadhilah puasa yang akan kita lakukan, dan memperluas tsaqofah (wawasan) keilmuan kita.

Juga yang harus kita ingat, agar sebelumnya mengqadha puasa-puasa wajib kita sebelumnya kita tinggalkan, entah karena sakit atau karena halangan lainnya.

Semua persiapan ini dilakukan agar kita bisa menjalani Ramadhan ini dengan ringan, dengan bersemangat, dengan jihad (bersungguh-sungguh), serta berharap kita semua dapat menjadi Alumni teladan bulan Ramadhan, yang dapat membekas pada 11 bulan berikutnya.

Selamat berjuang saudaraku, semoga Allah berkenan mempertemukan kita pada bulan Ramadhan esok. Amiin Allaahumma Amiin. (Bramsi Prenata/bramsi@cakraweb.com)

http://eramuslim.com/berita–karena-rasulullah-pun-mendambakan-ramadhan.html

Eramuslim.com | Media Islam Rujukan, Di bulan Ramadhan ini setiap muslim memiliki kewajiban untuk menjalankan puasa dengan menahan lapar dan dahaga mulai dari fajar hingga terbenamnya matahari. Namun ada di antara kaum muslimin yang melakukan puasa, dia tidaklah mendapatkan apa-apa kecuali lapar dan dahaga saja yang menghinggapi tenggorokannya. Inilah yang disabdakan oleh Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam yang jujur lagi membawa berita yang benar,

رُبَّ صَائِمٍ حَظُّهُ مِنْ صِيَامِهِ الجُوْعُ وَالعَطَشُ

“Betapa banyak orang yang berpuasa namun dia tidak mendapatkan dari puasanya tersebut kecuali rasa lapar dan dahaga.” (HR. Ath Thobroniy dalam Al Kabir dan sanadnya tidak mengapa. Syaikh Al Albani dalam Shohih At Targib wa At Tarhib no. 1084 mengatakan bahwa hadits ini shohih ligoirihi -yaitu shohih dilihat dari jalur lainnya-)

Apa di balik ini semua? Mengapa amalan puasa orang tersebut tidak teranggap, padahal dia telah susah payah menahan dahaga mulai dari terbit fajar hingga terbenamnya matahari?

Saudaraku, agar engkau mendapatkan jawabannya, simaklah pembahasan berikut mengenai beberapa hal yang membuat amalan puasa seseorang menjadi sia-sia -semoga Allah memberi taufik pada kita untuk menjauhi hal-hal ini-.

1. Jauhilah Perkataan Dusta (az zuur)

Inilah perkataan yang membuat puasa seorang muslim bisa sia-sia, hanya merasakan lapar dan dahaga saja.

Dari Abu Hurairah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَنْ لَمْ يَدَعْ قَوْلَ الزُّورِ وَالْعَمَلَ بِهِ فَلَيْسَ لِلَّهِ حَاجَةٌ فِى أَنْ يَدَعَ طَعَامَهُ وَشَرَابَهُ

“Barangsiapa yang tidak meninggalkan perkataan dusta malah mengamalkannya, maka Allah tidak butuh dari rasa lapar dan haus yang dia tahan.” (HR. Bukhari no. 1903)

Apa yang dimaksud dengan az zuur? As Suyuthi mengatakan bahwa az zuur adalah berkata dusta dan menfitnah (buhtan). Sedangkan mengamalkannya berarti melakukan perbuatan keji yang merupakan konsekuensinya yang telah Allah larang. (Syarh Sunan Ibnu Majah, 1/121, Maktabah Syamilah)

2. Jauhilah Perkataan lagwu (sia-sia) dan rofats (kata-kata porno)

Amalan yang kedua yang membuat amalan puasa seseorang menjadi sia-sia adalah perkataan lagwu dan rofats.

Dari Abu Hurairah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

لَيْسَ الصِّيَامُ مِنَ الأَكْلِ وَالشَّرَبِ ، إِنَّمَا الصِّيَامُ مِنَ اللَّغْوِ وَالرَّفَثِ ، فَإِنْ سَابَّكَ أَحَدٌ أَوْ جَهُلَ عَلَيْكَ فَلْتَقُلْ: إِنِّي صَائِمٌ ، إِنِّي صَائِمٌ

“Puasa bukanlah hanya menahan makan dan minum saja. Akan tetapi, puasa adalah dengan menahan diri dari perkataan lagwu dan rofats. Apabila ada seseorang yang mencelamu atau berbuat usil padamu, katakanlah padanya, “Aku sedang puasa, aku sedang puasa”.” (HR. Ibnu Majah dan Hakim. Syaikh Al Albani dalam Shohih At Targib wa At Tarhib no. 1082 mengatakan bahwa hadits ini shohih)

Apa yang dimaksud dengan lagwu? Dalam Fathul Bari (3/346), Al Akhfasy mengatakan,

اللَّغْو الْكَلَام الَّذِي لَا أَصْل لَهُ مِنْ الْبَاطِل وَشَبَهه

“Lagwu adalah perkataan sia-sia dan semisalnya yang tidak berfaedah.”

Lalu apa yang dimaksudkan dengan rofats? Dalam Fathul Bari (5/157), Ibnu Hajar mengatakan,

وَيُطْلَق عَلَى التَّعْرِيض بِهِ وَعَلَى الْفُحْش فِي الْقَوْل

“Istilah Rofats digunakan dalam pengertian ‘kiasan untuk hubungan badan’ dan semua perkataan keji.”

Al Azhari mengatakan,

الرَّفَث اِسْم جَامِع لِكُلِّ مَا يُرِيدهُ الرَّجُل مِنْ الْمَرْأَة

“Istilah rofats adalah istilah untuk setiap hal yang diinginkan laki-laki pada wanita.” Atau dengan kata lain rofats adalah kata-kata porno.

Itulah di antara perkara yang bisa membuat amalan seseorang menjadi sia-sia. Betapa banyak orang yang masih melakukan seperti ini, begitu mudahnya mengeluarkan kata-kata kotor, dusta, sia-sia dan menggunjing orang lain.

3. Jauhilah Pula Berbagai Macam Maksiat

Ingatlah bahwa puasa bukanlah hanya menahan lapar dan dahaga saja, namun hendaknya seorang yang berpuasa juga menjauhi perbuatan yang haram. Perhatikanlah saudaraku petuah yang sangat bagus dari Ibnu Rojab Al Hambali berikut:

“Ketahuilah, amalan taqarrub (mendekatkan diri) pada Allah ta’ala dengan meninggalkan berbagai syahwat yang mubah ketika di luar puasa (seperti makan atau berhubungan badan dengan istri, -pen) tidak akan sempurna hingga seseorang mendekatkan diri pada Allah dengan meninggalkan perkara yang Dia larang yaitu dusta, perbuatan zholim, permusuhan di antara manusia dalam masalah darah, harta dan kehormatan.” (Latho’if Al Ma’arif, 1/168, Asy Syamilah)

Jabir bin ‘Abdillah menyampaikan petuah yang sangat bagus:

“Seandainya kamu berpuasa maka hendaknya pendengaranmu, penglihatanmu dan lisanmu turut berpuasa dari dusta dan hal-hal haram serta janganlah kamu menyakiti tetangga. Bersikap tenang dan berwibawalah di hari puasamu. Janganlah kamu jadikan hari puasamu dan hari tidak berpuasamu sama saja.” (Lihat Latho’if Al Ma’arif, 1/168, Asy Syamilah)

Itulah sejelek-jelek puasa yaitu hanya menahan lapar dan dahaga saja, sedangkan maksiat masih terus dilakukan. Hendaknya seseorang menahan anggota badan lainnya dari berbuat maksiat. Ibnu Rojab mengatakan,

أَهْوَنُ الصِّيَامُ تَرْكُ الشَّرَابِ وَ الطَّعَامِ

“Tingkatan puasa yang paling rendah hanya meninggalkan minum dan makan saja.”

Itulah puasa kebanyakan orang saat ini. Ketika ramadhan dan di luar ramadhan, kondisinya sama saja. Maksiat masih tetap jalan. Betapa banyak kita lihat para pemuda-pemudi yang tidak berstatus sebagai suami-istri masih saja berjalan berduaan. Padahal berduaan seperti ini telah dilarang dalam sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, namun hal ini tidak diketahui dan diacuhkan begitu saja oleh mereka.

Dari Ibnu Abbas, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

لاَ يَخْلُوَنَّ رَجُلٌ بِامْرَأَةٍ إِلاَّ مَعَ ذِى مَحْرَمٍ

“Janganlah seorang laki-laki berduaan dengan seorang wanita kecuali jika bersama mahramnya.” (HR. Bukhari, no. 5233)

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam juga bersabda,

أَلاَ لاَ يَخْلُوَنَّ رَجُلٌ بِامْرَأَةٍ لاَ تَحِلُّ لَهُ ، فَإِنَّ ثَالِثَهُمَا الشَّيْطَانُ ، إِلاَّ مَحْرَمٍ

“Janganlah seorang laki-laki berduaan dengan seorang wanita yang tidak halal baginya karena sesungguhnya syaithan adalah orang ketiga di antara mereka berdua kecuali apabila bersama mahromnya. (HR. Ahmad no. 15734. Syaikh Syu’aib Al Arnauth mengatakan hadits ini shohih ligoirihi –shohih dilihat dari jalur lain-)

Apalagi dalam pacaran pasti ada saling pandang-memandang. Padahal Nabi kita –shallallahu ‘alaihi wa sallam- telah memerintahkan kita memalingkan pandangan dari lawan jenis. Namun, orang yang mendapat taufik dari Allah saja yang bisa menghindari semacam ini. Dari Jarir bin Abdillah, beliau mengatakan,

سَأَلْتُ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- عَنْ نَظَرِ الْفُجَاءَةِ فَأَمَرَنِى أَنْ أَصْرِفَ بَصَرِى.

Aku bertanya kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam tentang pandangan yang cuma selintas (tidak sengaja). Kemudian Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam memerintahkan kepadaku agar aku segera memalingkan pandanganku. (HR. Muslim no. 5770)

Kalau di luar Ramadhan, perbuatan maksiat semacam ini saja jelas-jelas dilarang maka tentu di bulan Ramadhan lebih tegas lagi pelarangannya. Semoga kita termasuk orang yang mendapat taufik dari Allah untuk menjauhi berbagai macam maksiat ini.

Apakah Dengan Berkata Dusta dan Melakukan Maksiat, Puasa Seseorang Menjadi Batal?

Untuk menjelaskan hal ini, perhatikanlah perkataan Ibnu Rojab berikut, “Mendekatkan diri pada Allah ta’ala dengan meninggalkan perkara yang mubah tidaklah akan sempurna sampai seseorang menyempurnakannya dengan meninggalkan perbuatan haram. Barangsiapa yang melakukan yang haram (seperti berdusta) lalu dia mendekatkan diri pada Allah dengan meninggalkan yang mubah (seperti makan di bulan Ramadhan), maka ini sama halnya dengan seseorang meninggalkan yang wajib lalu dia mengerjakan yang sunnah. Walaupun puasa orang semacam ini tetap dianggap sah menurut pendapat jumhur (mayoritas ulama) yaitu orang yang melakukan semacam ini tidak diperintahkan untuk mengulangi (mengqodho’) puasanya. Alasannya karena amalan itu batal jika seseorang melakukan perbuatan yang dilarang karena sebab khusus dan tidaklah batal jika melakukan perbuatan yang dilarang yang bukan karena sebab khusus. Inilah pendapat mayoritas ulama.”

Ibnu Hajar dalam Al Fath (6/129) juga mengatakan mengenai hadits perkataan zuur (dusta) dan mengamalkannya:

“Mayoritas ulama membawa makna larangan ini pada makna pengharaman, sedangkan batalnya hanya dikhususkan dengan makan, minum dan jima’ (berhubungan suami istri).”

Mula ‘Ali Al Qori dalam Mirqotul Mafatih Syarh Misykatul Mashobih (6/308) berkata, “Orang yang berpuasa seperti ini sama keadaannya dengan orang yang haji yaitu pahala pokoknya (ashlu) tidak batal, tetapi kesempurnaan pahala yang tidak dia peroleh. Orang semacam ini akan mendapatkan ganjaran puasa sekaligus dosa karena maksiat yang dia lakukan.”

Kesimpulannya: Seseorang yang masih gemar melakukan maksiat di bulan Ramadhan seperti berkata dusta, memfitnah, dan bentuk maksiat lainnya yang bukan pembatal puasa, maka puasanya tetap sah, namun dia tidak mendapatkan ganjaran yang sempurna di sisi Allah. –Semoga kita dijauhkan dari melakukan hal-hal semacam ini-

Ingatlah Suadaraku Ada Pahala yang Tak Terhingga di Balik Puasa Kalian

Saudaraku, janganlah kita sia-siakan puasa kita dengan hanya mendapatkan lapar dan dahaga saja. Marilah kita menjauhi berbagai hal yang dapat mengurangi kesempurnaan pahala puasa kita. Sungguh sangat merugi orang yang melewatkan ganjaran yang begitu melimpah dari puasa yang dia lakukan. Seberapa besarkah pahala yang melimpah tersebut? Mari kita renungkan bersama hadits berikut ini.

Dalam riwayat Muslim, dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

« كُلُّ عَمَلِ ابْنِ آدَمَ يُضَاعَفُ الْحَسَنَةُ عَشْرُ أَمْثَالِهَا إِلَى سَبْعِمِائَةِ ضِعْفٍ قَالَ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ إِلاَّ الصَّوْمَ فَإِنَّهُ لِى وَأَنَا أَجْزِى بِهِ يَدَعُ شَهْوَتَهُ وَطَعَامَهُ مِنْ أَجْلِى »

“Setiap amalan kebaikan anak Adam akan dilipatgandakan menjadi 10 hingga 700 kali dari kebaikan yang semisal. Allah ‘Azza wa Jalla berfirman (yang artinya), “Kecuali puasa, amalan tersebut untuk-Ku dan Aku sendiri yang akan membalasnya karena dia telah meninggalkan syahwat dan makanannya demi Aku.” (HR. Muslim no. 1151)

Lihatlah saudaraku, untuk amalan lain selain puasa akan diganjar dengan 10 hingga 700 kali dari kebaikan yang semisal. Namun, lihatlah pada amalan puasa, khusus untuk amalan ini Allah sendiri yang akan membalasnya. Lalu seberapa besar balasan untuk amalan puasa? Agar lebih memahami maksud hadits di atas, perhatikanlah penjelasan Ibnu Rojab berikut ini:

“Hadits di atas adalah mengenai pengecualian puasa dari amalan yang dilipatgandakan menjadi 10 kebaikan hingga 700 kebaikan yang semisal. Khusus untuk puasa, tak terbatas lipatan ganjarannya dalam bilangan-bilangan tadi. Bahkan Allah ‘Azza wa Jalla akan melipatgandakan pahala orang yang berpuasa hingga bilangan yang tak terhingga. Alasannya karena puasa itu mirip dengan sabar. Mengenai ganjaran sabar, Allah ta’ala berfirman,

إِنَّمَا يُوَفَّى الصَّابِرُونَ أَجْرَهُمْ بِغَيْرِ حِسَابٍ

“Sesungguhnya hanya orang-orang yang bersabarlah yang dibalas dengan pahala tanpa batas.” (QS. Az Zumar [39]: 10). Bulan Ramadhan juga dinamakan dengan bulan sabar. Juga dalam hadits lain, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Puasa adalah setengah dari kesabaran.” (HR. Tirmidzi, Syaikh Al Albani dalam Shohih wa Dho’if Al Jami’ Ash Shogir no. 2658 mengatakan bahwa hadits ini dho’if , -pen)

Sabar ada tiga macam yaitu sabar dalam menjalani ketaatan, sabar dalam menjauhi larangan dan sabar dalam menghadapi takdir Allah yang terasa menyakitkan. Dan dalam puasa terdapat tiga jenis kesabaran ini. Di dalamnya terdapat sabar dalam melakukan ketaatan, juga terdapat sabar dalam menjauhi larangan Allah yaitu menjauhi berbagai macam syahwat. Dalam puasa juga terdapat bentuk sabar terhadap rasa lapar, dahaga, jiwa dan badan yang terasa lemas. Inilah rasa sakit yang diderita oleh orang yang melakukan amalan taat, maka dia pantas mendapatkan ganjaran sebagaimana firman Allah ta’ala,

ذَلِكَ بِأَنَّهُمْ لَا يُصِيبُهُمْ ظَمَأٌ وَلَا نَصَبٌ وَلَا مَخْمَصَةٌ فِي سَبِيلِ اللَّهِ وَلَا يَطَئُونَ مَوْطِئًا يَغِيظُ الْكُفَّارَ وَلَا يَنَالُونَ مِنْ عَدُوٍّ نَيْلًا إِلَّا كُتِبَ لَهُمْ بِهِ عَمَلٌ صَالِحٌ إِنَّ اللَّهَ لَا يُضِيعُ أَجْرَ الْمُحْسِنِينَ

“Yang demikian itu ialah karena mereka tidak ditimpa kehausan, kepayahan dan kelaparan pada jalan Allah, dan tidak (pula) menginjak suatu tempat yang membangkitkan amarah orang-orang kafir, dan tidak menimpakan sesuatu bencana kepada musuh, melainkan dituliskanlah bagi mereka dengan yang demikian itu suatu amal saleh. Sesungguhnya Allah tidak menyia-nyiakan pahala orang-orang yang berbuat baik.” (QS. At Taubah [9]: 120).” -Demikianlah penjelasan Ibnu Rojab (dalam Latho’if Al Ma’arif, 1/168) yang mengungkap rahasia bagaimana puasa seseorang bisa mendapatkan ganjaran tak terhingga, yaitu karena di dalam puasa tersebut terdapat sikap sabar.-

Saudaraku, sekali lagi janganlah engkau sia-siakan puasamu. Janganlah sampai engkau hanya mendapat lapar dan dahaga saja, lalu engkau lepaskan pahala yang begitu melimpah dan tak terhingga di sisi Allah dari amalan puasamu tersebut.

Isilah hari-harimu di bulan suci ini dengan amalan yang bermanfaat, bukan dengan perbuatan yang sia-sia atau bahkan mengandung maksiat. Janganlah engkau berpikiran bahwa karena takut berbuat maksiat dan perkara yang sia-sia, maka lebih baik diisi dengan tidur. Lihatlah suri tauladan kita memberi contoh kepada kita dengan melakukan banyak kebaikan seperti banyak berderma, membaca Al Qur’an, banyak berzikir dan i’tikaf di bulan Ramadhan. Manfaatkanlah waktumu di bulan yang penuh berkah ini dengan berbagai macam kebaikan dan jauhilah berbagai macam maksiat.

Semoga Allah memberi kita petunjuk, ketakwaan, kemampuan untuk menjauhi yang larang dan diberikan rasa kecukupan.

Alhamdulillahilladzi bi ni’matihi tatimmush sholihaat, wa shallallahu ‘ala nabiyyina Muhammad wa ‘ala alihi wa shohbihi wa sallam.

***

Penulis: Muhammad Abduh Tuasikal

http://eramuslim.com/berita-janganlah-buat-puasamu-siasia.html

REPUBLIKA.CO.ID,  Dalam kehidupan sehari-hari, hadis-hadis palsu masih dijadikan dalil oleh sebagian umat Islam. Sejumlah pakar hadis telah membongkar dan membuktikan bahwa sejumlah hadis yang masyhur di kalangan umat Islam ternyata hanyalah hadis palsu.

Ahli Hadis terkemuka, Muhammad Nashruddin al-Albani dalam Silsilatul-Ahaadiits adh-Dhaifah wal Maudhu’ah wa Atsaruhas-Sayyi’ fil-Ummah,  dan Ahli Hadis terkemuka di Tanah Air, Prof KH Ali Mustafa Ya’kub dalam buku Hadis-Hadis Bermasalah telah mengungkap sejumlah hadis palsu dan lemah yang begitu masyhur di kalangan umat Islam. 

Berikut beberapa hadis terkenal yang ternyata hanyalah hadis palsu.

•    ‘’Agama adalah akal. Siapa yang tidak memiliki agama, tidak ada akal baginya.’’ Menurut Albani, hadis tersebut batil munkar. ‘’Menurut saya, kelemahan hadits tersebut terletak pada seorang sanadnya yang bernama Bisyir. Dia ini majhul (asing/tidak dikenal),’’ paparnya. Ibnu Qayyim dalam kitab al-Manaar, hadis-hadis yang berkenaan dengan akal semuanya dusta belaka.

•    ‘’Tuntutlah ilmu sekalipun ke Negeri Cina.” Menurut dia, riwayat ini batil. KH Ali Mustafa Ya’kub menyatakan hadis itu palsu.

•    ‘’Perbedaan (pendapat) umatku adalah rahmat’’.  Menurut Kiai Ali Mustafa Ya’kub,  hadis itu tak memiliki sanad. “”Boleh jadi, hadis itu adalah sejenis kata-kata mutiara,’’ ujar Guru Besar Ilmu Hadis pada Insitut Ilmu Alquran (IIQ) Jakarta.  Alabani menyebut hadis itu tak ada sumbernya.

•    ‘’Kefakiran hampir menjadi kekafiran, dan kedengkian itu hampir mendahului takdir.’’  Hadis itu, menurut Kiai Ali Mustafa Ya’kub sudah mendekati maudhu’ alias palsu, sebab dalam sanadnya terdapat seorang perawi  yang lemah sekali.

•    Rasulullah SAW bersabda : “Barangsiapa menunaikan haji ke Baitullah dan tidak berziarah (mengunjungiku) maka ia telah menjauhiku.”  Menurut Albani hadis ini maudhu’.

Selain contoh di atas masih banyak lagi hadis-hadis palsu lainnya yang begitu mashyur di tengah-tengah umat. karenanya, para ahli hadis selalu mengingatkan agar umat Islam selektif dalam menggunakan hadis.
Red: Heri Ruslan

http://m.republika.co.id/berita/dunia-islam/khazanah/12/02/19/lzlnli-hadishadis-palsu-di-sekitar-kita

Ciri-ciri Hadits Palsu

REPUBLIKA.CO.ID,  Maudhu’  atau palsu berasal dari kata ata wadha’a – yadha’u – wadh’an wa maudhu’an yang berarti merendahkan, menjatuhkan, mengada-ngada,  menyandarkan atau menempelkan, serta menghinakan. Maka, hadis maudhu’  itu memiliki makna, rendah dalam kedudukannya, jatuh  tidak bisa diambil dasar hukum, diada-adakan oleh perawinya, serta disandarkan pada Nabi SAW, sedangkan beliau tidak mengatakannya.

Para ulama hadis mendefinisikan hadis palsu  sebagai apa-apa yang tidak pernah keluar dari Nabi SAW baik dalam bentuk perkataan, perbuatan ataupun taqrir, tetapi disandarkan kepada Rasulullah SAW secara sengaja. Menurut Ensiklopedi Islam, hadis maudu’  memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

Pertama, matan (teks) hadis tak sesuai dengan kefasihan bahasa, kebaikan, kelayakan, dan kesopanan bahasa Nabi SAW. Kedua, bertentangan dengan Alquran, akal, dan kenyataan. Ketiga, rawinya dikenal sebagai pendusta, Keempat, pengakuan sendiri dari pembuat hadis palsu tersebut. Kelima ada petunjuk bahwa di antara perawinya ada yang berdusta. Keenam, rawi menyangkal dirinya pernah memberi riwayat kepada orang yang membuat hadis palsu tersebut.

Menurut ahli Ilmu Hadis, Prof KH Mustafa Ali Ya’kub, sebuah hadis dikatakan palsu apabila, dalam sanad-nya terdapat rawi (periwayat), yang dengan terus terang dia mengaku memalsu hadis. ‘’Maka hadisnya menjadi palsu,’’ tutur guru besar Ilmu Hadis pada Institut Ilmu Alquran (IIQ) Jakarta itu.

Selain itu, kata dia, jika perawinya pun berdusta, tapi tidak diketahui ketika menyampaikan hadisnya apakah palsu atau tidakm, namun jelas dia pembohong. Maka, menjadi hadis makruh  atau semipalsu. ‘’Kedudukan dan kualitasnya sama, yakni harus dibuang.’’

Hadis palsu dibagi menjadi tiga macam. Pertama, perkataan itu berasal dari pemalsu yang disandarkan pada Rasulullah SAW. Kedua, perkataan itu dari ahli hikmah atau orang zuhud atau israiliyyat dan pemalsu yang menjadikannya hadis. Ketiga, perkataan yang tidak diinginkan rawi pemalsuannya, cuma dia keliru. Menurut para ahli hadis, jenis ketiga itupun termasuk hadis maudhu, apabila perawi mengetahuinya tapi membiarkannya.
Red: Heri Ruslan
Rep: Damanhuri Zuhri/Syahruddin El-Fikri

http://m.republika.co.id/berita/dunia-islam/khazanah/12/02/18/lzlfda-inilah-ciriciri-hadis-palsu-bag-1

REPUBLIKA.CO.ID, Menurut Manna’ Al-Qathan dalam Mabahis Fi Ulumil  Hadits, Hadis maudhu’  adalah yang paling buruk dan jelek di antara hadis-hadis dhaif (lemah) lainnya. Ia menjadi bagian tersendiri di antara pembagian hadis oleh para ulama yang terdiri dari shahih, hasan, dhaif dan maudhu’. ‘’Maka maudhu’ menjadi satu bagian tersendiri,’’ ungkap  Al-Qathan.

Lalu, bagaimana jika umat Islam menggunakan hadis palsu?  Menurut KH Ali Ya’kub, hadis palsu sama sekali tak boleh digunakan. Bebeda dengan hadis dhaif (lemah) yang masih bisa digunakan. Namun, kata dia, tak semua hadis dhaif bisa digunakan.
‘’Hadis dhaif bisa digunakan, kalau dhaif-nya tidak terlalu parah. Yang parah itu, misalnya, hadis palsu, hadis makruh, dan hadis munkar. Hadis munkar itu periwayatnya pelaku maksiat,’’ tutur Kiai Ali Ya’kub.

Sejatinya, kata dia, hadis palsu itu merupakan bagian dari hadis dhaif.  Hadis palsu adalah hadis dhaif yang paling parah. Guna memahami sebuah hadis itu palsu atau tidak, umat Islam bisa mendeteksinya dengan tiga cara. Pertama, tutur Kiai Ali Ya’kub,  dengan metode pemahaman tekstual dan kontekstual.

Kedua, dengan menggabungkan riwayat-riwayat yang lain. Dan, ketiga, melalui metode kontroversialitas hadis, misalnya. ‘’Yang tekstual dan kontekstual, misalnya, tentang fatwa nabi apakah pakaian nabi itu kita diharuskan mengikuti seperti itu termasuk sorban, misalnya. Orang yang memahami secara tekstual, apa yang dipakai oleh nabi ya harus kita ikuti. Tapi, yang kontekstual tidak karena itu budaya Arab,’’ ungkap Imam Besar Masjid Istiqlal itu.
Red: Heri Ruslan
Rep: Damanhuri Zuhri/Syahruddin El-Fikri

REPUBLIKA.CO.ID, Pakar hadis seperti Dr Mustafa Siba’i, Dr Umar Fallatah, dan Dr Abdul Shomad, meyakini bahwa pemalsuan hadis bermula dari terjadinya fitnah pembunuhan Kalifah Usman, fitnah terhadap Ali dan Muawiyah dan munculnya kelompok-kelompok (sekte) setelah itu. Peritiwa itu berkisar pada tahun 35 H hingga 60 H.

Ahli hadis terkemuka, Muhammad Nashruddin al-Albani dalam Silsilatul-Ahaadiits adh-Dhaifah wal Maudhu’ah wa Atsaruhas-Sayyi’ fil-Ummah, mengungkapkan, hadis-hadis lemah dan palsu bermunculan sejak abad pertama Hijriah. ‘’Salah satu di antara sederetan musibah atau fitnah besar yang pernah menimpa umat Islam sejak abad pertama hijriah adalah tersebarnya hadis-hadis dha’if dan maudhu’ di kalangan umat,’’ ujar Albani dalam mukadimah kitabnya.

Menurut Albani, musibah dan fitnah besar berupa hadis lemah dan palsu telah menimpa para ulama, kecuali sederetan pakar hadis dan kritikus yang dikehendaki Allah seperti Imam Ahmad, Bukhari, Ibnu Muin, Abi Hatim ar-Razi, dan lain-lain. Ia berpendapat, tersebarnya hadis-hadis lemah dan palsu di seluruh  dunia Islam telah meninggalkan dampak negatif yang luar biasa.

Guru besar Ilmu Hadis pada Institut Ilmu Alquran (IIQ) Jakarta, Prof Dr KH Mustafa Ali Ya’kub, dalam sebuah wawancara dengan Republika, mengungkapkan, berdasarkan sejarah ilmu hadis, hadis palsu baru muncul pada dekade ke-4 dari tahunhijriyah sekitar tahun 40-an H,  setelah terbunuhnya Khalifah  Usman bin Affan.

‘’Usman terbunuh pada tahun 35 H dan dimakamkan pada 36 H. Jadi, pada akhir tahun 35 H wafat dan dimakamkan hari berikutnya, awal tahun 36 H. Sejak itulah timbul kelompok-kelompok politik. Bahkan, DR Subulus Shaleh membuat angka yang pasti, pemalsuan hadis terjadi  mulai tahun 41 H,’’ tutur Imam Besar Masjid Istiqlal itu.

Menurutnya, orang pertama atau kelompok pertama yang membuat hadis palsu berasal dari kelompok-kelompok politik.  Guna mendukung pendapatnya, para politikus di era kepemimpinan Khalifah Ali bin Abi Thalib berupaya  mencari ayat-ayat Alquran. Para politikus itu berupaya membentengi pendapat-pendapatnya dengan ayat-ayat Alquran, namun jika tak ditemukan mereka mencari hadis Nabi.

‘’Karena tidak ada hadis Nabi SAW untuk mendukung pendapat mereka, lalu mereka membuat hadis palsu,’’ ujar pimpinan Ponpes Darussunnah itu. Bahkan, Imam Muhammad Ibnu Sirrin (33-110 H) sempat menuturkan, pada mulanya umat Islam apabila mendengar sabda Nabi SAW berdiri bulu romanya.
Red: Heri Ruslan
Rep: Damanhuri Zuhri/Syahruddin El-Fikri

http://m.republika.co.id/berita/dunia-islam/khazanah/12/02/18/lzlf5k-melacak-sejarah-munculnya-hadishadis-palsu-bag-2

REPUBLIKA.CO.ID, Namun setelah terjadinya fitnah (terbunuhnya Usman bin Affan), apabila mendengar hadis mereka selalu bertanya, dari manakah hadis itu diperoleh? Apabila diperoleh dari orang-orang Ahlu Sunnah, hadis itu diterima sebagai dalil dalam agama Islam. Dan apabila diterima dari orang-orang penyebar bid’ah, hadis itu ditolak.

Ia mencontohkan, ada kelompok politik yang mengultuskan Khalifah Ali bin Abi Thalib, lalu membuat hadis palsu. Fanatisme bita kelompok itu terhadap Ali membuat mereka membuat hadis palsu.  ‘’Aliyyun khairul basyar, faman ankara faqad kafara” (Ali adalah sebaik-baiknya manusia, barang siapa yang tidak percaya, dia telah kafir). Nah, ini jelas sekali yang membuat adalah orang yang fanatik dan mengultuskan Ali,’’ papar Kiai Ali Ya’kub.

Seiring bergulirnya waktu, pemalsuan hadis juga mulcul di kalangan kelompok tasawuf atau kaum sufi. Bahkan, kata Kiai Ali Ya’kub, pemalsuan hadis di kalangan ini begitu dominan. Menurutnya, ada beberapa alasan yang mendorong kelompok tasawuf pada zaman itu membuat hadis palsu.

Pertama, dari sisi tujuan. Mereka menganggap, ketika umat sudah bobrok akhlaknya, perlu ada dorongan untuk beramal saleh. Untuk merangsang beramal saleh, mereka membuat hadis-hadis palsu. Kedua, dari segi metode. Metode penetapan hadis, orang sufi tidak sama seperti ahli hadis secara umum. Mereka tidak terikat dengan persyaratan hadis. Misalnya, harus sanad-nya terdiri atas orang-orang yang kredibel. Mereka tidak menggunakan seperti itu. Mereka menggunakan dua metode.

Metode pertama, kata dia, disebut sebagai metode al-Kasyf, yakni suatu pengetahuan yang diperoleh tanpa pembelajaran, seperti ilham. Dengan  menggunakan metode al-Kasyf, sebuah hadis bisa dianggap sahih, meskipun para ahli hadis menyatakan tidak sahih. ‘’Karenanya, jumlah hadis palsu di kalangan kaum sufi banyak sekali.’’

Kedua, lanjut Kiai Ali Ya’kub, mereka menganggap Nabi masih sering datang ke dunia, sehingga banyak menemui orang-orang tertentu. Akhirnya, lanjut dia, banyak hadis muncul setelah Nabi SAW wafat.  Hadis-hadis palsu makin berkembang pesat di era kepemimpinan Khalifah Umar bin Abdul Aziz, khalifah Dinasti Umayyah.

Guna membendung dan menghentikan peredaran hadis palsu, Khalifah Umar bin Abdul Aziz lalu memerintahkan para pengumpulan, penulisan, dan pembukuan hadis. Namun, hingga kini masih banyak hadis-hadis palsu yang beredar dan menjadi pegangan sebagian umat. Meski jumlahnya sudah tak terlalu banyak lagi, keberadaan hadis-hadis palsu berpotensi untuk membuat umat tergelincir dalam kesesatan.
Red: Heri Ruslan
Rep: Damanhuri Zuhri/Syahruddin El-Fikri

http://m.republika.co.id/berita/dunia-islam/khazanah/12/02/18/lzlf9b-melacak-sejarah-munculnya-hadishadis-palsu-bag-3habis

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Penyesuaian kemampuan fisik untuk melakukan aktivitas haji selama di Arab Saudi mutlak diperlukan.

Sebelum berangkat, jamaah sangat dianjurkan untuk melakukan aktivitas olahraga rutin atau aklimatisasi. Seperti rutin berjalan kaki cepat, atau melakukan jogging ringan. Dan diingatkan juga agar tubuh dijaga agar tidak terlalu lelah jelang hari keberangkatan ke Tanah Suci.

Dan untuk mendapatkan aktivitas yang optimal disesuaikan dengan kondisi fisik masing-masing, jamaah harus menyusun rencana waktu dan pelaksanaan ibadah di Tanah Suci. Mengenal proses perjalanan ibadah haji selama di Arab Saudi dan kondisi alam di sana sangat dianjurkan.

Satu hal penting yang tidak boleh terlewatkan adalah melakukan pemeriksaan kesehatan di pelayanan kesehatan. Seperti di Puskesmas atau dokter keluarga untuk mengetahui kondisi kesehatan secara cermat. ”Bila ternyata jamaah sakit jelang keberangkatan, harus segera diobati,” ujar Direktur Jenderal Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan, Tjandra Yoga Aditama.

Untuk jamaah yang sakit menetap, misalnya menderita sakit gula, dokter akan memberikan bekal obat dan cara-cara mengelola sakitnya selama dalam perjalanan ibadah haji. Konsultasikan kondisi kesehatan anda sebelum berangkat.

Selama di tanah suci, jamaah harus memilih ibadah sunah sesuai kemampuan. Jangan memaksakan diri sehingga justru keteter saat melakukan rukun haji. Jamaah boleh melakukan umrah tapi harus dipertimbangkan kemampuan fisik. Jangan sampai terlalu sering umrah tapi kondisi tubuh malah drop. Stamina harus dijaga saat menjalankan ibadah di Padang Arafah saat puncak ibadah haji berlangsung.

Kebugaran fisik bisa dipertahankan di Tanah Suci dengan mengkonsumsi cukup makan dan juga cukup istirahat. Sambil melaksanakan ibadah yang tepat baik pagi, sore atau malam. ”Jangan terlalu banyak berjalan-jalan seperti berbelanja. Jaga stamina dan kesehatan untuk menjalankan ibadah,” saran Tjandra.

Tjandra mengingatkan jamaah untuk menjaga kamar tidur agar tetap lapang dan tidak berdesak-desakan, baik oleh orang atau barang. Sirkulasi udara dan sinar matahari yang cukup dapat mengurangi kuman-kuman penyakit yang ada di kamar.

Jangan lupa untuk mengenali letak pos pelayanan kesehatan haji Indonesia dan juga mencatat nomor telepon yang bisa dihubungi. Sewaktu-waktu merasa membutuhkan pertolongan kesehatan, bisa langsung menuju lokasi yang tepat. Jika sakit, berobatlah ke dokter kloter yang memiliki cukup perbekalan obat untuk jamaah.

Redaktur: Chairul Akhmad
Reporter: Prima Restri

http://www.jurnalhaji.com/2011/10/04/tips-menjaga-kesehatan-ketika-naik-haji/